4 Manfaat Mewarnai yang Wajib Kamu Ketahui

Mewarnai cuma buat anak kecil saja? Awalnya saya pikir begitu. Tapi kemudian ada anak teman saya, Ching-ching, bercerita tentang kegiatan mewarnainya di sekolah. Ching-ching ini suka sekali bercerita dengan saya di saat mamanya sibuk bekerja dan dia ‘dititipkan’ ke saya. Tadinya saya suka mengajakya mengambar tapi lama-kelamaan bosan juga cuma menggambar. Akhirnya, saya belikan dia dua buku mewarnai. Dia tidak mengambil kedua buku tersebut. Katanya waktu itu, “Satu buat Miss Grant, satu buat aku. Nanti kita gantian ya mewarnai bukunya.” Kegiatan mewarnai ini ternyata menyenangkan! Dan secara kebetulan, saya melihat postingan 8fact.com di Instagram tentang manfaat mewarnai…. trus langsung manggut-manggut sambil bilang, “Oh, itu toh manfaat mewarnai. Bener juga!”

sumber gambar: 8fact.com
sumber gambar: 8fact.com

Inilah 4 manfaat mewarnai yang wajib kamu ketahui:

1. Memberi efek menenangkan
Ini saya kutip dari wolipop.detik.com. Psikiater Carl Jung seperti dikutip dari Fox News kerap memberikan terapi mewarnai untuk menenangkan dan membuat pikiran para pasiennya lebih terfokus. Aktivitas mewarnai juga bisa mengurasi rasa takut dan cemas. Sekarang ini, teknik Carl masih direkomendasikan oleh para dokter untuk mengatasi kegelisahan. See? Aktivitas mewarnai ternyata dipakai untuk mengatasi kegelisahan! Kamu yang suka cemas, takut, dan gelisah, cobain deh mewarnai.

2. Mengurangi stress
Seperti yang sudah saya coba bersama si kecil Ching-ching, mewarnai cukup efektif mengurangi stress. Saat kerjaan kantor lagi banyak-banyaknya dan masalah datang silih-berganti, rasanya kepala mau pecah. Di saat itu, malam-malam saya ambil buku mewarnai dan mulai mewarnai. Saya nggak terlalu suka sama buku mewarnai khusus untuk orang dewasa. Saya pikir gambarnya terlalu ribet dan malah bikin tambah stress. Saya lebih suka buku mewarnai seperti yang saya belikan untuk Ching-ching: buku-buku bergambar Princess.

Coba tebak ini gambar Princess apa?

3. Meningkatkan kreativitas
Saat melihat gambar yang belum diwarnai, kita pasti berpikir mau dikasih warna apa gambar tersebut supaya terlihat menarik. Mewarnai, tuh, sebenarnya bebas, tapi kalau asal, jadinya jelek dong hasil mewarnainya. Hasil yang jelek malah bikin stress. Saya pernah beberapa kali melihat lomba mewarnai untuk anak-anak di mal, mereka mewarnainya kreatif sekali. Sebuah rumah yang polos bisa dibuat jadi bermotif. Bagi saya itu sangat keren! Dari hasil ‘menonton’ lomba mewarnai itu saya terapkan di buku mewarnai saya. Walaupun hasilnya nggak sebagus anak-anak tersebut, saya cukup senang bisa membuat sebuah gambar jadi ‘lebih bermotif.’

Mewarnai sekaligus memberi motif
Mewarnai sekaligus memberi motif

4. Membuat jadi rileks dan bahagia
Setelah melihat hasil kerja, rasanya senang sekali. “Oh, ternyata kerjaan mewarnaiku sudah selesai! Gambarnya jadi bagus, ya, setelah diwarnai!” Begitulah yang saya katakan pada diri sendiri setiap kali selesai mewarnai sebuah gambar sampai selesai. Ada perasaan bahagia melihat hasil mewarnainya.

gambar yang sudah saya warnai
gambar yang sudah saya warnai

Satu hal lagi nih tentang mewarnai… Ternyata mewarnai adalah salah satu alternatif meditasi. Hal ini disebutkan dalam situs National Geographic. Menurut para peneliti dari Johns Hopkins University dan editor di jurnal Yoga, kegiatan mewarnai disarankan sebagai alternatif meditasi. Tahu, kan, meditasi? Duduk diam yang katanya bisa menenangkan pikiran. So, meditasi nggak hanya duduk diam saja, dong – bisa dilakukan dengan cara mewarnai.

Nah, itu tadi manfaat mewarnai.  Ada yang mau menambahkan? Kalian suka nggak mewarnai?

Advertisements