Baso Solo Swalayan yang Beneran Swalayan

Berawal dari baca postingannya mbak Nurul tentang bakso, eh jadi pengen ikutan posting juga. Biar para pembaca pada ngiler. Hehehe.

Resto bakso yang paling sering saya kunjungi di Palembang ya Baso Solo Swalayan ini. Sejak SMA dulu, resto ini sudah ada. Dulu tempatnya di Jl. Bangau, berseberangan dengan SMA Xaverius 1. Karena bakso ini banyak peminatnya, jadilah pemiliknya buka cabang di mana-mana. Ada yang di mal Palembang Square, di Jl. Radial, di Palembang Indah Mal, dan…. ah ngak tahu lagi saya ada di mana lagi. *nggak update banget ya*

penampakan resto dari luar

Nah, yang saya kunjungi kemarin itu resto yang mal Palembang Square. Letaknya di lantai 4 mal. Tempatnya tidak terlalu besar, tapi lumayan asyik. Nggak ada musik, sih. Tapi okelah buat tempat nongkrong sebelum atau sesudah nonton di Bioskop XXI, soalnya bersebelahan sih.

swalayan, lho ya, pilih dan ambil sendiri
swalayan, lho ya, pilih dan ambil sendiri

Namanya juga Baso Solo Swalayan, jadi kita ngambil sendiri bakso dan racikannya. Setelah itu baru dihitung oleh kasir berapa harga yang harus dibayar. Semakin banyak semakin mahal, dong, ya. Baksonya ada bermacam-macam: bakso biasa, bakso tenes isi telur puyuh, bakso tenes isi daging cincang, bakso pangsit, bakso goreng, bakso tusuk seafood, de-el-el. Semua tinggal pilih, bayar, trus makan.

ragam bakso yang dijual

Harganya lumayan terjangkau. Bakso yang ukuran kecil harganya Rp.4.000/butir. Kalau harga bakso berukuran besar Rp.8.000/butir. Mie/bihun harganya Rp.2.000. Lalu minuman yang dijual di sini adalah teh botol dan air mineral. Nggak ada yang bersoda atau jus ini-itu. Teh botolnya menurut saya lumayan ya, harganya Rp.10.000/botol.

Soal rasa, nggak usah ditanya. Mantap banget! Rasanya pas. Dan asyik!

 

siapa yang mau bakso?
siapa yang mau bakso?

Tahu Saos Teriyaki

Hai, hai semua. Saya mau berbagi resep masakan, nih. Siapa tau da yang mau coba. Resep ini modifikasi resep yang saya dapat dari Blue Band. Maklumlah, bikinnya menyesuaikan dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Persiapan dan asaknya pun nggak pake lama, lho. Buat yang sibuk bisa banget nih dicoba.

Yuk langsung aja dibaca yang berikut ini… 😀

image

Bahan-bahan:
3 buah tahu, dipotong segitiga lalu digoreng sebentar (1/2 matang)
4 buah jamur kuping, direndam dulu di air panas. Setelah mengembang, potong halus.
3 buah cabe merah besar, dipotong kecil-kecil
1 buah daun bawang, dipotong serong
3 siung bawang putih, cincang halus
1 sdm mentega Blue Band
1 sdt gula pasir
2 sdm kecap asin
2 sdm saos teriyaki
1 sdt garam
Air ±100 ml atau secukupnya

Cara Membuat:
1. Tumis bawang putih dengan mentega Blue Band
2. Masukkan daun bawang dan cabe merah. Tumis sebentar.
3. Masukkan sisa bahan.
4. Masak hingga air mengental.

Untuk bahan-bahan seperti kecap asin, saos teriyaki, gula pasir, dan garam bisa diseuaikan dengan selera masing-masing. Yang suka asin silakan tambahkan kecap asinnya. Kalau nggak, rasa dari resep di atas sudah pas, kok. Hayuuuk dicoba. 🙂

* * *

#NulisRandom2015 #day29

Kuliner Lebaran Ala Kami

Idul Fitri telah tiba. Takbir berkumandang di mana-mana. Setiap daerah pasti punya tradisi masing-masing dalam merayakan hari yang fitri ini. Di dekat rumah saya Idul Fitri, atau yang dikenal sebagai Lebaran, dirayakan dengan bermain kembang api di malam takbiran. Pada hari H-nya, setelah sholat Ied, biasanya ada silaturahmi ke rumah kerabat dan sahabat.

Dalam merayakan Lebaran, biasanya akan disediakan hidangan khas Lebaran. Lain daerah, lain pula hidangannya. Walaupun saya bukan muslim, tapi hampir setiap tahun di rumah saya selalu disediakan kuliner khas Lebaran. Berikut ini adalah makanan-makanan yang biasanya ada di rumah saya saat Lebaran:

1. Ketupat

IMG-20130807-02052

Biasanya ibu saya membeli ketupat (daun yang sudah dibentuk ketupat) di pasar. Lalu, beliau akan membuat ketupatnya (diisi beras lalu dimasak) di rumah. Untuk memasak ketupat ini cukup lama, sekitar 6 jam.

2. Kuah Kuning

IMG-20130807-02072

Ini adalah kuah ketupat, dibuat dari santan dan bumbu kuah ketupat. Ibu saya membeli bumbu kuah ketupat di pasar, lalu di masak di rumah. Jaman sekarang tidak perlu repot-repot menumbuk bumbu sendiri, tinggal bilang ‘judul’ bumbunya pada pedagang di pasar, nanti di rumah bisa langsung masak.

3. Celimpungan

IMG-20130807-02057

Ini adalah makanan khas di daerah saya. Celimpungan terbuat dari daging ikan gabus yang sudah digiling lalu diberi air, garam, dan vetsin. Kemudian dicampur dengan sagu. Setelah adonannya kental, adonan tersebut dibentuk bulat-bulat dan direbus. Celimpungan ini dimasukkan ke dalam kuah kuning untuk dimakan dengan ketupat.

4. Sambal Buncis

IMG-20130807-02069

Seperti namanya yang mengandung kata buncis, makanan ini adalah sayur buncis yang ada kuah santannya. Rasanya agak pedas. Sayur ini bisa juga ditambah sedikit petai. Tapi, kalau tidak mau pakai petai, tidak mengubah rasanya.

5. Sambal Godok atau Lontong Sayur

IMG-20130807-02070Kalau di tempat saya, sayur ini namanya sambal godok. Makanan ini terdiri dari sayuran kacang panjang, kubis, dan terong, yang diberi kuah santan dan rasanya agak pedas. Biasanya di daerah lain disebut lontong sayur.

6. Rendang

IMG-20130807-02068 Rendang ini terbuat dari daging sapi yang dicampur bumbu rendang dan santan.

7. Ayam Goreng IMG-20130807-02071

Ayam goreng ini bukan ayam goreng biasa. Tapi, ia diberi bumbu kunyit supaya lebih mantap rasanya. Makannya lebih enak ketika baru digoreng. Rasanya krenyes-krenyes asyik.

8. Sambal Cengeh

IMG-20130807-02059 Sambal ini juga sambal khas di rumah saya. Bahan pembuatannya terdiri dari cabe besar yang ditumbuk halus lalu ditambah sedikit air asam, gula pasir, dan udang kering. Saat memasak sambal ini, tambahkan sedikit daun salam supaya rasanya lebih enak.

9. Kue Kering

IMG-20130807-02076 Kue kering nastar dan skipi biasanya selalu ada di rumah jika Lebaran tiba. Tahun ini, saya membuat Raisin Cheese Cookies sebagai tambahan kuliner untuk menyambut Lebaran.

Nah, teman-teman, semoga ulasan di atas bisa menambah wawasan tentang kuliner.

idul fitri 2013 Selamat merayakan Idul Fitri buat semua teman-teman yang merayakannya. Minal Aidin Wal Faidzin. Mohon maaf lahir dan batin.