[Review Film Serial] 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Nonton Revolutionary Love

sumber gambar: asianwiki.com

Revolutionary Love adalah drama Korea yang tayang di bulan Oktober 2017. Drama ini dibintangi oleh Choi Siwon, Kang So-ra, dan Gong Myung. Drama yang disiarkan di tvN ini menandai proyek akting pertama Choi Siwon setelah menyelesaikan wajib militernya. Karena filmnya oke, saya beri rating 4,8 dari skala 5.

Nah, berikut ini alasan kenapa kamu harus nonton film bergenre komedi romantis ini.

1. Ceritanya seru.

Seperti judulnya, Revolutionary, yang artinya perubahan, Film ini menceritakan tentang Byun Hyuk, putra kedua seorang konglomerat terkenal. Ayahnya, Byun Gang Su, mempunyai perusahaan makanan yang sangat terkenal. Byun Hyuk mempunyai kakak bernama Byun Woo Sung yang menjabat sebagai Manajer di perusahaan ayahnya. Byun Hyuk sendiri bukanlah orang yang pandai. Ia hanya lulus SMA dan kerjaannya hura-hura.

Suati hari, Byun Hyuk dikhianati pacarnya. Byun Hyuk yang memang sering tertimpa masalah karena ketidaksengajaan, kemudian mendapat suatu masalah di pesawat. Sahabatnya, Kwon Je Hoon, yang bekerja di perusahaan ayahnya bertugas menyelamatkan Byun Hyuk.

Byun Hyuk yang sering dipukuli ayahnya karena dianggap sebagai pembuat onar secara kebetulan bertemu dengan Baek June, yang ayahnya pernah bekerja di perusahaan ayahnya Byun Hyuk. Byun Hyuk jatuh cinta pada Baek June. Baek June inilah yang kemudian memberi semangat pada Byun Hyuk untuk berjuang di perusahaan.

Dari kasus pesawat, Byun Hyuk harus menemukan siapa dalang yang menyeretnya ke masalah-masalah berikutnya. Ia melamar di perusahaan ayahnya dan bekerja dari posisi terendah, sebagai tukang bersih-bersih, lalu menjadi pegawai magang. Ia dibantu Jee Hon, Baek June, dan keempat teman lainnya untuk memenangkan pertarungan antara dirinya dengan ayah dan kakaknya.

2. Film ini bukan tipe konglomerat-kaya-berkeluarga-sombong-ditambah-saingan-mantan-yang-licik dan endingnya bukan tipe princess.

Drama Korea biasanya identik dengan kisah antara si miskin dengan si kaya yang pandai dan berkarisma. Lalu si miskin akan bersaing dengan mantan yang super cantik tapi sombong dan licik. Belum lagi keluarga si kaya tidak setuju dan banyak intrik untuk memisahkan mereka.

Nah, film ini nggak seperti itu. Di film ini, Byun Hyuk bukanlah si tampan yang keren. Ia malah biasa-biasa saja, boleh dibilang agak bodoh. Tapi ia baik hati dan mau belajar. Kekuatan semangatnya membuat ia menjadi orang yang sukses. Lalu, ibunya bukan tipe orang yang suka merendahkan orang miskin. Ibunya malah sangat setuju dengan Baek June. Ia malah bekerja sama dengan Baek June membantu Byun Hyuk memenangkan pertarungan dengan ayahnya.

Endingnya juga bukan tipe cerita Princess (baca: nikah). Pokoknya lebih seru dari film yang biasanya berakhir dengan pernikahan. Sorry, no spoiler.

3. Pemainnya oke.

Akting pemain film ini sangat oke. Choi Siwon memerankan orang yang lugu tapi baik hati. Kang So-ra sebagai wanita yang kuat, pintar, dan tegas. Pemain lainnya juga oke. Baik akting maupun penampilannya sangat oke. Walaupun di asianwiki.com ada komentar tentang make-up pemain cewek yang terlalu menor, menurut saya nggak masalah sih. Wajah-wajah pemainnya enak dilihat. Apalagi mimik wajah Choi Siwon yang lucu banget bersaing dengan wajah tegas Kang So-ra dan wajah dingin Gong Myung! Penonton dibuat ngakak-guling-guling nonton film ini.

4. Soundtracknya keren.

Lagu-lagu di film ini keren banget, lho! Judul-judul lagunya bisa dilihat di wikipedia.

5. Ada beberapa quotes yang bagus.

Satu jalan berakhir, jalan lain terbuka. Satu pintu berakhir, pintu lain terbuka. Saat musim dingin berlalu, musim semi tiba. Jika terjatuh, aku akan bangkit dan menjadi lebih kuat. Akhir yang baik adalah awal yang sebenarnya. Keputusasaan yang tulus adalah awal dari harapan. ~Byun Hyuk

Diskriminasi itu memang ada, walaupun tak bisa dilihat. Hanya orang yg didiskriminasi yg memahami rasanya diasingkan. ~Byun Hyuk

Sebelum ia menyebut namaku, aku bukan siapa-siapa. Saat ia menyebut namaku, aku menjadi bunga. ~Byun Hyuk

* * *

Informasi Film:
Judul film: Revolutionary Love / Byun Hyuk’s Love
Genre: komedi romatis
Jumlah episode: 16
Stasiun: tvN
Rilis: Oktober 2017
Pemain:
Choi Siwon sebagai Byun Hyuk
Kang So-ra sebagai Baek June
Gong Myung sebagai Kwon Je Hoon
Lee Jae Yoon sebagai Byun Woo Sung
Kim Ye-won sebagai Ha Yeon Hee, sahabat Baek June

Advertisements

[Review Buku] The Dead Returns

Cerita di belakang buku:
Suatu malam, aku didorong jatuh dari tebing. Untungnya aku selamat.

Namun, saat aku membuka mataku dan menatap cermin, aku tidak lagi memandang diriku yang biasa-biasa saja. Tubuhku berganti dengan sosok pemuda tampan yang tadinya hendak menolongku.

Dengan tubuh baruku, aku bertekad mencari pembunuhku.

Tersangkanya, teman sekelas. Total, 35 orang. Salah satunya adalah pembunuhku.

Komentar:
Gimana? Seru, kan ‘trailer’nya? Iyakkk betul, itulah kenapa aku beli buku ini. Mana waktu beli dapat diskon lagi… Yaudah deh kebetulan bingits!

Ceritanya tentang Koyama Nobuo, penyuka kereta api yang tiba-tiba didorong seseorang hingga jatuh dari tebing. Sebelum ia tak sadarkan diri, ia mendengar lagu-lagu.

Saat ia sadar ternyata ia berada dalam tubuh Takahashi Shinji, seorang pemuda tampan gitaris band yang seusia dengannya. Koyama berusaha beradaptasi dengan tubuh barunya. Ia pun mencari cara agar bisa pindah ke sekolahnya.

Setelah pindah ke sekolahnya, ia kembali bertemu dengan sahabatnya, Tanaka Yoshio, yang juga penggemar kereta api. Ia juga bertemu dengan Maruyama Miho, gadis pendiam yang dulu pernah dijodohkan dengannya oleh teman-teman sekelasnya. Maruyama Miho senasib dengan Koyama Nobuo, sama-sama ‘bukan siapa-siapa.’ Karena itu, Shinji palsu berusaha berteman dengannya.

Takahashi Shinji palsu berusaha mencari tahu apa yang dilakukan teman-teman sekelasnya di malam kematiannya. Beberapa mempunyai alibi yang kurang kuat. Ia pun dengan terpaksa harus mencurigai sahabatnya sendiri. Tapi kemudian ada sesuatu yang janggal. Ia juga mencurigai ibunya! Shinji palsu pun berusaha keras mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Kenapa ia bisa menjadi pemuda tampan. Ke mana Shinji yang asli? Tubuhnya yang asli juga di mana…

Novel ini benar-benar seru! Nggak perlu waktu lama untuk menyelesaikannya. Alurnya cepat dan endingnya nggak tertebak. Benar-benar khas Akiyoshi Rikako! Walaupun ceritanya tentang anak sekolah, tapi buku ini tetap oke dibaca oleh orang dewasa. Ceritanya keren banget pokoknya!

Rating:
4,8 dari skala 5.

Informasi Buku:
Judul Buku: The Dead Returns
Pengarang: Akiyoshi Rikako
Penerbit: Penerbit Haru
Tahun Terbit: 2015
Jumlah halaman: 252
ISBN: 978-602-7742-57-4

[Review Film Serial] Falling for Innocence

Sinopsis:
Kim Soon Jung adalah seorang wanita karir yang percaya diri dan tegar. Ia mempunyai tunangan bernama Ma Dong Wook yang bekerja sebagai detektif. Ma Dong Wook adalah detektif yang terkenal gesit.

Ma Dong Wook dan Soon Jung bersahabat dengan Lee Joon Hee, yang juga bekerja di perusahaan yang sama dengan Soon Jung. Di perusahaan itu mereka kedatangan seorang bertangan dingin yang ingin mengecek segala sesuatu tentang perusahaan. Ia adalah Kang Min Ho, yang sebenarnya adalah keponakan direktur perusahaan. Kang Min Ho ini mempunyai penyakit jantung. Dokter memvonis hidupnya tidak akan lama lagi. Karena itulah Kang Min Ho bekerja keras untuk menyingkirkan orang-orang maupun usaha yang dianggapnya tidak layak.

Suatu hari ada kasus di pabrik milik perusahaan, karyawannya ada yang melarikan diri dan membuat kasus di pabrik. Lalu Ma Dong Wook menyelidiki kasus tersebut. Saat menyelidiki kasus ia menemukan bahwa sahabatnya, Lee Joon Hee sepertinya terlibat dalam kasus tersebut. Ma Dong Wook hampir menemui titik terang namun tiba-tiba ia ditabrak lari oleh orang tak dikenal dan akhirnya ia meninggal.

Di saat yang sama, Kang Min Ho, sedang masuk rumah sakit karena penyakit jantungnya kumat. Dokter di rumah sakit mendapat info ada pendonor jantung. Kang Min Ho segera dioperasi. Lalu, setelah dioperasi, tingkah laku Kang Min Ho berubah. Ia menjadi seperti orang lain. Ia pun sering memimpikan hal-hal aneh tentang pembunuhan.

Setelah operasi itu, Kang Min Ho bekerja di perusahaan yang seharusnya menjadi miliknya tetapi karena sesuatu, perusahaan itu menjadi milik pamannya. Kang Min Ho pun meminta bantuan Soon Jung untuk menyelidiki kasus yang terjadi di perusahaan. Kemudian mereka juga mendapati bahwa kasus di perusahaan ada kaitannya dengan mimpi buruk yang selalu dialami Kang Min Ho.

Komentar:
Menurutku filmnya seru. Banyak bagian-bagian yang tak terduga. Akting Jung Kyoung Ho yang berperan sebagai Kang Min Ho oke banget. Dia bisa menjadi orang yang dingin dan menyebalkan tetapi lama-kelamaan menjadi orang baik. Pemeran utama wanitanya, Kim So Yeon yang berperan sebagai Soon Jung juga keren banget aktingnya.

Film yang beralur maju mundur ini cukup seru walaupun ada beberapa bagian yang agak sedikit membosankan (di episode pertengahan). Tetapi mendekati tamat, ceritanya jadi makin seru.

Rating:
Untuk film bergenre Romance, Comedy, Drama ini saya beri rating 3,8 dari skala 5.

sumber gambar: asianwiki.com

Informasi Film:
Judul: Falling for Innocence / Beating Again / Fall in Love with Soon-Jung
Genre: Romance, Comedy, Drama
Rilis: April 2015
Stasiun tv: JTBC
Jumlah episode: 16
Pemain:
Jung Kyoung Ho sebagai Kang Min Ho
Kim So Yeon sebagai Kim Soon Jung
Yoon Hyun Min sebagai Lee Joon Hee
Jin Goo sebagai Ma Dong Wook

[Review Buku] For One More Day

Cerita di Belakang Buku:
For One More Day adalah kisah tentang seorang ibu dan anak laki-lakinya, kasih sayang abadi seorang ibu, dan pertanyaan berikut ini: Apa yang akan kaulakukan seandainya kau diberi satu hari lagi bersama orang yang kausayangi, yang telah tiada?

Ketika masih kecil, Charley Benetto diminta untuk memilih oleh ayahnya, hendak menjadi “anak mama atau anak papa, tapi tidak bisa dua-duanya”. Maka dia memilih ayahnya, memujanya – namun sang ayah pergi begitu saja ketika Charley menjelang remaja. Dan Charley dibesarkan oleh ibunya, seorang diri, meski sering kali dia merasa malu akan keadaan ibunya serta merindukan keluarga yang utuh.

Bertahun-tahun kemudian, ketika hidupnya hancur oleh minuman keras dan penyesalan, Charley berniat bunuh diri. Tapi gagal. Dia justru dibawa kembali ke rumahnya yang lama dan menemukan hal yang mengejutkan. Ibunya – yang meninggal delapan tahun silam – masih tinggal di sana, dan menyambut kepulangannya seolah tak pernah terjadi apa-apa.

Komentar:
Kalau baca teasernya, nampaknya seram ya? Bagaimana mungkin orang yang telah tiada bisa hidup kembali? Inilah yang membuat saya penasaran: apakah buku ini adalah cerita hantu/horor? Eh, ternyata nggak juga.

Charley Benetto adalah mantan seorang olahragawan. Di masa mudanya ia cukup terkenal. Itu semua karena didikan ayahnya yang juga olahragawan. Tetapi kemudian nasibnya berubah. Ia berhenti menjadi olahragawan dan harus bekerja sana-sini. Ia menjadi stress dan sering minum-minum. Akibatnya keluarganya berantakan. Istri dan anaknya tidak mau lagi bersamanya.

Suatu ketika putri satu-satunya menikah. Tapi ia tidak diundang. Charley merasa sangat sedih. Ia merasa tidak dianggap. Dan karena merasa hidupnya telah hancur, ia mengendarai mobilnya menuju kampung halamannya. Ia berniat hendak bunuh diri. Di perjalanan yang sudah dekat kota kelahirannya, mobilnya terbalik masuk ke jurang. Namun ia berhasil keluar dari dalam mobil dan menuju ke kampung halamannya.

Dengan tubuh penuh luka, ia kembali ke rumah ibunya. Di sana ia mendapati ibunya menyambutnya. Tentu saja Charley bingung. Tetapi ibunya sangat baik. Ia tetaplah seorang ibu. Charley diberi makan di sana. Kemudian ibunya mengajaknya jalan-jalan. Karena ibunya berprofesi sebagai tukang salon, Charley diajak pergi ke 3 rumah wanita yang meminta untuk didandani.

Di tiga rumah itulah akhirnya Charley mengetahui kenapa ibunya masih ada. Dan apa maksud dari kemunculan kembali ibunya serta siapa saja ketiga wanita tersebut. Semua rahasia terungkap termasuk rahasia keluarganya yang tidak pernah ia ketahui sebelumnya.

* * *

Buku ini sangat menarik. Ceritanya mengharukan. Cerita tentang seorang ibu yang sangat menyayangi anaknya. Walaupun seorang anak terkadang merasa malu dengan keadaan ibunya, tetapi ibu yang baik selalu ada untuk sang anak. Hanya saja, anak terkadang tidak menyadari betapa baiknya seorang ibu.

Ceritanya tidak hanya tentang kasih sayang seorang ibu, tetapi juga tentang memaafkan. Dalam hidup, ada hal-hal yang tidak bisa kita terima. Kita membawa hal itu ke mana-mana sebagai beban. Ketika kita belajar memaafkan, beban yang yang dibawa itu terasa hilang dan kita akan merasa lega.

Buku yang beralur maju – mundur ini oke banget. Terjemahannya sangat bagus sehingga tidak terasa bosan saat membacanya. Banyak pelajaran berharga yang bisa dipelajari dari buku ini. Siap-siap tisu kalau kamu termasuk orang yang mellow.

Rating:
Untuk buku yang menginspirasi ini saya beri 4,8 dari skala 5

Informasi Buku:
Judul Buku: For One More Day / Satu Hari Bersamamu
Pengarang: Mitch Albom
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2016, cetakan kelima
Jumlah Halaman: 248
ISBN: 978-602-03-3340-3