[Review Buku] Minaudiere

 

Minaudiere…
Aku telah lama menunggumu
Hingga akhirnya
Suatu ketika kau tiba di hadapanku
Penampilanmu begitu sederhana
Namun seperti yang dikatakan orang bijak:
Don’t judge a book by its cover
Karena itulah kucoba mengenalmu lebih jauh
Tak butuh waktu lama
Sebentar saja kaubuat aku terpikat
Bahasamu mengalir lancar
Kisahmu seru, sedih, juga menyenangkan
Memang…
Di dunia ini tak ada yang sempurna
Namun kau sempurna di mataku
Dan ingin kukatakan padaku
Sungguh kujatuh hati padamu

* * *

 

Begitulah kesan yang saya dapat setelah membaca novel Minaudiere ini.

Sinopsis Singkat

Novel ini menceritakan tentang Adia Putri, seorang mahasiswi Pasca Sarjana sekaligus editor naskah novel, yang ingin melupakan masa lalunya. Namun mimpi-mimpi buruk itu selalu hadir. Suatu ketika ia menerima sebuah hadiah ulang tahun, berisi sebuah gaun, sepatu, dan Minaudiere. Di dalam dompet pesta cantik itu terdapat pesan dari si pengirim kado misterius, Mr. May, yang sudah empat tahun terakhir mengirimkan kado untuknya. Ia meminta Adia mengenakan hadiah pemberiannya dan bertemu dengannya di suatu tempat.

Tyas Miranti, sahabat Adia menawarkan diri untuk bertukar tempat dengan Adia. Ia akan menjadi Adia dan Adia menjadi dirinya. Mereka bersama-sama menemui Mr. May di tempat yang telah ditentukan oleh pria tersebut. Pada pertemuan itu, Mr. May menyerahkan sebuah naskah novel untuk diperiksa oleh Adia. Adia kemudian membacanya setelah tiba di rumah. Namun apa yang tertulis dalam naskah itu sungguh mengejutkan Adia.

Mr. May atau Troy Myraz awalnya tak menyangka akan permainan sandiwara antara Adia dan Tyas. Sejak pertemuan pertama, ia telah melihat bahwa Tyas palsu sungguh menarik. Benar saja dugaanya, Tyas palsu adalah Adia. Ia pun mencoba mendekati wanita itu.

Di sisi lain, ada sorang pria bernama Jaden. Ia kuliah di luar negeri sekaligus bekerja menjadi seorang penulis novel. Walaupun ia sudah tinggal jauh dari Tanah Air, ia masih mengingat kejadian yang membuatnya menyesal dan mengutuk dirinya. Suatu ketika pihak penerbit bukunya memintanya pulang ke Indonesia karena ada proyek pembuatan film. Mau tak mau ia harus pulang walaupun ragu-ragu. Ia bertekad untuk menghadapi rasa takutnya akan bertemu kembali dengan orang dari masa lalunya. Ia ingin menyelesaikan masalahnya dengan orang tersebut.

Setelah pertemuan Adia, Tyas, dan Troy, Adia juga bertemu kembali dengan orang-orang dari masa lalunya. Satu per satu masalah muncul. Kisah hidupnya terbongkar. Ia pun harus menghadapi semuanya.

* * *

Quotes Buku

Ada beberapa kalimat yang saya suka dari novel ini:
1. Sebagai perempuan yang dianugerahi banyak kelebihan, seharusnya Adia menikmati saja hidupnya. (hlm.7). Seharusnya, Adia mensyukuri semua itu! (hlm.8)
2. Kehidupan nyata seringkali tak seindah naskah novel… (hlm.22)
3. Mungkin sudah saatnya ia meninggalkan masa lalunya yang kelam. … Pemuda itu bahkan bersedia menerima dirinya apa adanya. Itulah yang ia butuhkan saat ini. Seseorang yang menuntunnya keluar dari kepahitan. Memberinya perasaan tenang yang melegakan. Ia harus memberi dirinya sendiri kesempatan. (hlm.93)
4. Berkatmu aku mengerti, cinta harus diperjuangkan. (hlm.175)
5. Setelah kepahitan, akan ada hal-hal membahagiakan yang menantiku. Saat ini, esok, hari, pun di masa depan. (hlm.175)

Rating

Walaupun ada beberapa typo, namun novel ini tetap asyik dibaca. Ceritanya mengalir. Bahasanya ringan dan enak dibaca. Drama kehidupan tapi tetap oke dan keren. Rating dari saya untuk buku adalah 4 dari skala 5.

* * *

Informasi buku

Pengarang: Fitri Manalu
Penerbit: Kobar-sa Media
Tahun terbit: 2017
Jumlah halaman: 177
Genre: romance, drama
ISBN: 978-602-72874-4-0

Advertisements

2 thoughts on “[Review Buku] Minaudiere

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s