[Review Buku] Single Ville

Judul buku: Single Ville
Pengarang: Choi Yun Kyo
Penerbit: Penerbit Haru
Tahun terbit: 2014
Jumlah halaman: 308 halaman
Genre: Romance, mistery
ISBN: 978-602-7742-43-7

Sinopsis:
Ada 8 tokoh dalam buku ini dan di beberapa bab ada sudut pandang dari masing-masing tokoh tersebut. Namun tokoh utamanya hanya dua yaitu Choi Yun Seong dan Kang Hyeon Ah.

Ceritanya tentang 4 orang yang memenangkan undian tempat tinggal di sebuah kawasan bernama Single Ville. Pemilik kawasan itu adalah seorang wanita kaya bernama Jeong Mi In. Aturan utama di kawasan itu adalah para penghuninya harus single, nggak boleh ada cinta-cintaan di kawasan tersebut.

Choi Yun Seong, seorang penulis buku, awalnya merasa senang bisa terpilih untuk tinggal di Single Ville. Namun kenyataannya, ia harus melihat seorang gadis pengacau bernama Kang Min Ah.

Kang Hyeon Ah adalah seorang ilustrator yang menggantikan sahabatnya, Im Seo Yong, untuk tinggal di Single Ville. Awalnya ia senang tinggal di kawasan tersebut. Namun ada orang yang memata-matainya dan membuatnya harus berurusan dengan tetangganya yang aneh.

Kawasan Single Ville tadinya diharapkan menjadi sebuah kawasan tempat tinggal yang nyaman. Namun beberapa kasus bermunculan, mulai dari mata-mata penghuni salah satu rumah, kisah pembunuh berantai, teror di rumah salah satu penghuni, sampai kisah cinta lama yang tragis.

* * *

Review:
Beberapa bab awal buku ini bikin pusing karena tokoh ceritanya terlalu banyak. Barulah di bagian pertengahan muncul tokoh utamanya. Di awal-awal, saya sampai bolak-balik ke halaman pertama untuk melihat daftar nama tokoh cerita. Untunglah di pertengahan buku ceritanya sudah bisa dimengerti.

Novelnya cukup seru karena banyak kisah dari tokoh cerita di buku ini. Ada kisah cinta tragisnya Kang Hyeon Ah. Ia batal menikah dengan tunangannya karena masalah pekerjaan. Juga ada Yeon Seong yang tidak bisa lupa pada cinta pertamanya. Lalu ada Geon Woo, keponakan pemilik Single Ville, yang jatuh cinta pada wanita yang lebih tua darinya yang ternyata adalah sahabat Kang Hyeon Ah. Trus kisah cinta yang aneh antara Lee Jeong Hyeok dan seseorang misterius yang nantinya akan berkaitan dengan hidup penghuni SIngle Ville lainnya.

Baca buku ini serasa nonton K-Drama. *Ya iyalah namanya juga K-Novel*

* * *

Kutipan
Ada beberapa kutipan dari buku ini yang menurut saya bagus:
1. Karena dunia begitu luas dan takdirku begitu jauh, mungkin aku tidak akan pernah bisa bertemu dengannya selama aku hidup. Tapi kalau memang benar begitu, maka sebagai ganti orang itu, aku akan mencintai diriku sendiri. (hlm.141)

2. Kerja keras dan hambatan merupakan dua hal yang pasti kita lalui, karena pilihan apa pun yang kita ambil pasti punya kelebihan dan kekurangan di saat yang bersamaan. (hlm.146)

3. Cinta yang spesial biasanya memang seperti itu. Dimulai dari kebetulan sepele yang terjadi berkali-kali, hingga akhirnya semua berubah menjadi kebetulan yang dinamakan lingkaran takdir raksasa. Inilah yang nantinya akan menimbulkan benih-benih cinta antara seorang laki-laki dan wanita. (hlm.190)

4. Jika ingin mencintai dengan sepenuhnya, seseorang harus menerima kelebihan maupun kekurangan orang yang dicintai. (hlm.243)

* * *

Rating
Novel Korea ini saya beri rating 4 dari skala 5.

Advertisements

4 thoughts on “[Review Buku] Single Ville

  1. Mereka (karya seniman korea) selalu dikasih embel-embel “K” ya mba? Hehehe, gue biar kurang suka korea, tapi gue akuin korea gila klo soal seni. Jago banget ngemasinnya. Keren-keren. Hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s