Penampilan itu Penting

Suatu sore, seorang perempuan berpakaian kucel, kudel, lusuh, entah apa lagi sebutannya pokoknya penampilannya nggak banget mampir ke counter jajanan yang menjual es krim dan crepes di sebuah pusat perbelanjaan. Ia ingin membeli es krim. Sebelumnya ia pernah membeli es krim bermerk yang sama namun tempat yang berbeda.

“Mbak, es krimnya ada?” tanya perempuan itu untuk memastikan saat dilihatnya di counter makanan tersebut tidak nampak wadah-wadah es krim.

“Oh, ada. Es krimnya 10 ribu satu cup,” jawab penjaga counter.

“Saya mau beli es untuk dibawa pulang.”

“Ini nggak bisa dibawa pulang. Wadah es krimnya seperti ini,” kata si mbak counter sambil menunjukkan wadah es krim yang terbuat dari roti renyah.

Si perempuan mencari-cari sesuatu di meja counter. Lalu ia menemukan yang dicarinya. “Kalau saya beli es krim pakai wadah ini bisa, kan?” tanyanya sambil menunjuk ke gelas plastik untuk minuman mocca float.

“Bisa. Tapi harganya mahal! Dua puluh ribu untuk satu wadah,” jawab si mbak. Sepertinya dia sungkan memberikan es krimnya. Tatapan matanya pun seperti merasa gimana gitu, mungkin karena penampilan si pembeli nggak meyakinkan.

“Nggak apa-apa. Saya beli dua, ya!”

Dalam hati si perempuan bergumam, ‘Memangnya lo pikir gue nggak mampu beli es krim seharga 20 ribu? Kalau perlu, tokomu kubeli!’ *agak lebay dikit karena kesal*

* * *

Ini tentang penampilan. Orang yang pakaiannya lusuh, biasa-biasa saja, belum tentu dia nggak berduit. Orang yang pakaiannya keren atau bermerk belum tentu orang kaya. Ada orang kaya yang nggak mau menunjukkan bahwa dia kaya. Orang yang nggak kaya tapi pengen selalu tampil ‘wah’ juga ada. Manusia di dunia ini kan bermacam-macam. Cuma… Pada umumnya, kalau penampilan lo nggak keren, lo nggak bakal ‘dianggap.’

Nasehat emak, “Anak cewek harus perhatikan penampilannya.”

*Tapi terkadang anakmu ini suka banget sama baju kucel, kudel, berwarna pudar yang sangat nyaman dipakai, Mak. Maafkanlah.*

Dan setelah kejadian beli es krim di atas, agak sadar diri jadinya. Karena penampilan itu memang penting! Ya setidaknya biar enak dipandang mata dan nggak malu-maluin. Penampilan yang sewajarnyalah, bersih dan rapi.

Menurut kalian, penampilan tuh penting nggak sih?

Advertisements

14 thoughts on “Penampilan itu Penting

  1. Jadi inget kemarin lg ngantri di salah satu bank, tiba-tiba ada org dtg last minute bgt, pakaiannya gamis pake peci pake tas (kaya mau ngebom hehe). Terus dia nanya msh bisa transfer apa enggak, kata mba teller nya uda ga bisa. Pas teller nanya mau nransfer brp? Bpk itu jawab 500jt, pelan. Cuma krn gue dkt dia gue denger, mba tellernya langsung ramah gitu masa. Bahaha

  2. Menurutku penampilan penting, setidaknya representatif; tanpa bau badan, baju bersih. Tampil representatif juga ngga berarti sama dengan memakai barang mahal. Kadang yang beruang penampilannya sederhana, sementara yang sangat mementingkan penampilan, tampil wah tapi kantong kempes ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s