Timbang-timbang Pilih Transportasi

Eh, sudah hari Minggu lagi, ya. Pa kabar, nih, teman-teman? Mudah-mudahan weekend-nya menyenangkan, semua sehat, aman, lancar, dan sejahtera!

Hari Minggu itu biasanya digunakan untuk istirahat. Kalau saya, sih, pengen istirahatnya termasuk nggak bawa kendaraan ke mana-mana. Maunya naik angkot atau ojek aja biar nggak capek di perjalanan. Mana sekarang jalanan di Palembang macet terus karena proyek LRT, bikin males aja bawa kendaraan.

sumber gambar: Perum DAMRI on Twitter

Pemikiran itulah yang jadi bahan timbang-timbang pagi ini. Ceritanya nih saya mau pergi, trus mikir mau naik angkot aja atau bawa motor. Beberapa waktu yang lalu pas saya naik bus Trans Musi, saya lihat stiker yang ditempel di bus. Bunyinya: “Ayo naik bus biar nggak bikin macet.” Jadinya mikir, kalau semua orang naik bus dan kendaraan lainnya cuma sedikit, jalanan pasti nggak macet. Bagus banget tuh slogan busnya. Trus enaknya naik bus tuh nyantai nggak usah mikir nanti di jalan ada kendaraan yang minta disenggol atau kitanya yang kesenggol. Juga nggak khawatir pas jalanan macet, nggak capek ngerem dan berpanas-ria atau berhujan-basah-gembira di jalan. Di bus juga ada ACnya, dingin sejuk bikin adem pengen tidur.

Tapi… akhirnya saya mikir lagi. Rumah saya kan jauh, pergi ke mana-mana nggak cukup cuma naik bus, harus naik ojek juga buat nyampe ke terminal. Dari terminal ke rumah harus naik ojek karena jaraknya cukup bikin napas tersengal-sengal dan keringat mengucur sampai seember penuh. Harga ojek sekali jalan Rp.10.000,- dan harga naik bus Rp.5.000,- sekali jalan. Hitung-hitung bolak-baliknya jadi 2 x Rp.15.000,- = Rp.30.000,- Bandingkan dengan naik motor sendiri: Rp.30.000,- itu bisa untuk isi bahan bakar selama seminggu! Sedangkan naik angkot Rp.30.000,- cuma untuk sehari. So, lebih hemat bawa motor sendiri, kan, ya? Hiks! Gimana mau bikin jalanan nggak macet, nih??

Advertisements

3 thoughts on “Timbang-timbang Pilih Transportasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s