[Review Buku] A Dandelion Wish

image

Judul Buku: A Dandelion Wish
Pengarang: Xi Zhi
Penerbit: Penerbit Haru
Tahun Terbit: 2014
Jumlah Halaman: 340
Genre: Novel, Drama, M-Novel

Sinopsis Singkat dari belakang buku:
Dokter Bai Qian Xun yang sedang lelah setelah kesibukan mendadaknya di UGD kaget sekali saat melihat seorang pria asing duduk dengan santai di atas kap mobilnya. Yang lebih menjengkelkan lagi, pria yang ternyata hilang ingatan tersebut meminta Bai Qian Xun untuk menampungnya malam itu.

Meski awalnya tidak mau, akhirnya hati Dokter Bai Qian Xun pun tergerak. Wanita itu membawa pria aneh tersebut ke apartemennya. Lambat laun, ia pun mulai menyukai kehadiran pria itu dalam hidupnya, bahkan jatuh hati pada pria misterius tersebut.

Namun, ketika ingatan pria itu kembali, bagaimanakah nasib hubungan mereka berdua?

Review:
Waktu awal-awal baca novel Mandarin ini rasanya kok ribet banget ya baca nama-nama tokoh ceritanya. Sebut saja tokohnya Dokter Bai Qian Xun, Cheng Feng, Dokter Xin He Qin, Dokter Song Jia Jia, Fang Ruo Ke, Ou Yang Xing. Gimana lidah nggak keserimpet kan? Tapi… Tunggu dulu! Namanya baca novel kan bukan baca UUD saat upacara bendera, nggak perlu teriak-teriak dan mengeluarkan suara. Baca ya baca dalam hati, kan? Nah, kalau iya… Dijamin bakalan nggak mau ninggalin buku ini dari mulai baca halaman pertama! Ceritanya mengalir kayak air sungai. Seru dan bikin penasaran! Biarpun bukunya termasuk tebal, bakal nggak terasa. Pengen baca lagi dan lagi.

Yang oke dari novel ini yaitu ada catatan kaki tentang segala hal di Cina. So, pengetahuan kita juga jadi bertambah. Misalnya tentang mata uang Taiwan dan Taman Yang Ming Shan. Selain catatan kaki tentang Cina, ada juga tentang hal lainnya yang bisa menambah pengetahuan.

Selain itu, karakter tokohnya digambarkan sangat kuat. Misalnya tokoh utamanya, yaitu Dokter Bai Qian Xun. Dokter ini adalah orang yang sangat bersemangat dalam bekerja. Ia juga seorang pekerja keras dan tegas. Walaupun terkesan dingin, namun ia adalah seseorang yang elegan dan tangguh, seorang wanita yang tidak mau menunjukkan sisi lemahnya di hadapan orang banyak. Sementara itu tokoh lainnya yang saya suka adalah tokoh Cheng Feng. Cheng Feng ini seorang pria yang baik hati dan gentleman. Biarpun dia digambarkan punya wajah yang lumayan cakep, tapi dia tidak memanfaatkannya untuk hal-hal yang tidak baik. Ia adalah seseorang yang pengertian dan bisa membaca situasi, tahu menempatkan diri. Karakter kedua tokoh ini sangat memberi inspirasi. Bisa dijadikan contoh untuk kehidupan.

Ceritanya oke, gambar sampulnya oke, layoutnya oke. Pokoknya buku ini te-o-pe banget!
Saya beri 4,8 bintang dari skala 5.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s