Prompt #94 – Pohon Berpintu

sumber gambar

Di kampung kami, tak ada yang tak tahu tentang pohon tua berpintu. Pohon itu letaknya di tengah hutan. Ada sebuah pintu yang akan muncul di waktu tertentu. Tak seorangpun dapat memprediksi kapan pintu itu akan muncul. Bahkan seorang dukun kampung paling sakti pun tak dapat meramalkan kapan pintu di pohon itu akan muncul.

Dari cerita turun-temurun yang kudengar, pintu itu muncul karena ada makhluk yang ingin berkunjung ke kampung kami. Tapi tak seorangpun yang pernah melihat langsung makhluk apa itu. Lalu, pintu itu menuju ke mana pun tak ada yang tahu. Yang pasti, para tetua kampung melarang kami semua masuk ke pintu itu. “Nanti kau tak akan kembali lagi ke kampung ini!” begitu kata mereka.

Suatu sore, saat aku sedang mencari kayu bakar di hutan aku mendengar suara berderak-derak yang sangat nyaring dari tengah hutan. Aku meninggalkan pekerjaanku dan berlari ke arah suara untuk mencari tahu apa yang sedang terjadi. Tak ada rasa takut karena di hutan ini tak ada binatang buas maupun para perampok bengis. Aku menghentikan langkahku dan tiba di depan pohon tua berpintu. Akhirnya, aku menyaksikan dengan mata kepalaku sendiri kemunculan sebuah pintu di batang pohon tua legendaris itu. Seberkas cahaya memancar dari dalam pintu.

‘Apakah gerangan yang ada di sana?’ pikirku. Aku mendekati pintu itu untuk melihat ke dalam. Rasa penasaranku membunuh semua petuah yang kudengar. Dengan hati-hati, aku melangkahkan kakiku masuk ke dalam. Berikutnya, aku terpana menyaksikan apa yang ada di hadapanku. Cahaya yang bersinar sampai keluar dari pohon rupanya berasal dari kilauan emas yang berlimpah dari dalam pohon.

‘Harta karun! Bagaimana mungkin ada harta karun di dalam pohon? Bagaimana mungkin ruangan di dalam ini begitu besar sedangkan dari luar diameter batang pohon ini tak lebih dari dua meter?’

“Hai anak muda, apa yang kau lakukan di sini?” panggil seseorang dari belakangku.

Aku menoleh. Seorang kakek tua berjanggut putih dan berpakaian serba putih berdiri di belakangku.

“Ah, iya Kek? Maaf, aku hanya ingin tahu apa yang ada di balik pintu di pohon ini,” jawabku.

“Baiklah. Sekarang kau sudah tahu apa isi pohon ini, kan?”

“Eh, iya, Kek. Saya permisi kalau begitu.”

“Tidak semudah itu anak muda! Kau masuk tanpa mengetuk pintu dan mengucapkan salam. Lagipula, kau sudah melihat apa yang ada di sini. Bagaimana kalau kau memberitahukan semua ini pada penduduk kampung? Tentunya mereka akan beramai-ramai ke sini untuk mengambil harta karun!”

“Itu… Itu tak akan terjadi, Kek. Aku janji tidak akan memberitahukan kepada siapapun tentang apa yang kulihat di sini.”

“Hahaha! Semua orang yang pernah masuk ke sini mengatakan hal itu! Tapi apa buktinya? Mereka tak bisa dipercaya! Aku tak akan membiarkanmu keluar dari sini!”

Setelah mengatakan itu, tiba-tiba pintu pohon terbanting dan tertutup.

“Ampun, Kek. Tolong jangan tutup pintunya. Biarkan aku keluar. Aku janji tak akan memberitahu siapapun….”

Belum selesai aku berkata, si kakek terbang melayang dan mengangkat kedua tangannya. Seketika muncullah roh-roh hitam yang beterbangan di sekitarku. Mereka mengerumuniku. “Aaagghh!! Pergi! Jangan mendekat!”

* * *

“Bang! Bangun!” panggil seseorang.

Aku membuka mataku, duduk, dan memandang ke sekelilingku dengan bingung.

“Di mana ini?” tanyaku pada orang asing yang membangunkanku.

“Kau ini kenapa? Sudah tidur di depan toko, bertanya ini di mana? Ayo cepat masuk dan kerja! Nanti bos marah!” seru orang itu.

Aku mengikutinya dengan bingung. Saat aku masuk ke tempat yang disebutnya toko, ada sebuah cermin di dinding. Aku menghentikan langkahku di depannya.

“Wajahku! Ini bukan wajahku! Tidak!! Apa yang terjadi padaku??”

Dari jauh, seorang kakek tua tertawa terbahak-bahak.

2 thoughts on “Prompt #94 – Pohon Berpintu

  1. Aku suka! Aku suka!
    Sayang melebihi batas jumlah kata yang dibolehkan. Maksimal 350 kata, dan yang ini 568 kata. Hiks…. *nggak jadi milih cerita ini. 😦

Leave a Reply

