Musim Asap yang Menghebohkan

saking tebalnya asap, pesawat pun pakai masker. (sumber foto: propict bbm teman)
saking tebalnya asap, pesawat pun pakai masker. (sumber foto: propict bbm teman)

Hai teman-teman, tau nggak kalau di Palembang sekarang lagi musim asap? Iya, di sini selain ada musim kemarau dan musim hujan, ada musim asap juga, lho! Dan musim asap ini paling nggak asyik. Asapnya bikin sesak, mata perih, flu, dan batuk. Asap juga mengganggu jadwal penerbangan. Jumlah penderita ISPA pun meningkat!

Musim asap ini nggak cuma ada di Palembang (Sumatera Selatan), tapi ada juga di Riau dan Jambi. Menurut berita di TV, paling parah di Riau. Asapnya sudah menyeberang sampai ke negara tetangga!

sumber gambar: propict BBM teman
sumber gambar: propict BBM teman

Saya nggak ingat sejak tahun berapa ada musim asap ini, sepertinya dari awal tahun 2000. Setiap tahun pasti ada musim asap. Penyebabnya adalah kebakaran hutan yang disengaja maupun nggak disengaja. Yang disengaja tuh gara-gara ada oknum yang mau buka lahan. Kalo yang nggak disengaja, penyebabnya adalah cuaca yang sangat panas menimbulkan api di tanah yang ditumbuhi alang-alang. Jadinya kebakaran dan berasap, deh.

Asap yang disebabkan oleh oknum-oknum yang tak bertanggung jawab tuh yang paling menyebalkan. Gimana nggak, aktivitas jadi terganggu gara-gara ulah mereka. Pengendara mobil harus pakai lampu kabut karena jarak pandang yang terbatas. Pengendara motor harus lebih berhati-hati karena asap bikin mata perih dan saat bermotor harus pakai masker. Trus asap tuh kan bau, bikin sesak napas aja, bikin flu dan batuk. Bayangin aja, pulang kerja sore udara bau asap, malam-malam mau tidur udara bau asap, trus pagi-pagi bau asap lagi. Bernapas jadi nggak lega. Di sekolah banyak anak-anak yang kena flu dan batuk. Rumah juga jadi cepat kotor karena debu dari asap tersebut. Beberapa waktu yang lalu penerbangan juga terganggu. Paman saya yang mau ke Palembang jadi batal karena pesawatnya gagal landing di bandara. Akhirnya pesawatnya balik lagi ke Jakarta.

berita di koran Sumatera Ekspres hari ini
berita di koran Sumatera Ekspres hari ini

Dan, menurut saya hari ini sangat heboh: sekolah mendadak diliburkan karena kepekatan asap yang mengganggu! Ini instruksi dari diknas, beritanya ada di koran-koran. Pihak sekolah yang tiba duluan di beberapa sekolah berjaga di depan sekolah. Kalau ada siswa yang datang, langsung disuruh pulang. Beberapa sekolah ada yang mengurangi jam pelajaran karena tidak memungkinkan untuk memulangkan siswanya. Sebagian lagi ada yang tetap bersekolah seperti biasa.

Kasihan yang rumahnya jauh, pas sampai di sekolah eh disuruh pulang. Ongkosnya berapa tuh? Bagaimana dengan anak-anak yang pergi sendiri ke sekolah? Kalau disuruh pulang, apakah mereka benar-benar pulang ke rumah? Atau jangan-jangan malah keluyuran nggak jelas? Kalau terjadi apa-apa dengan mereka bagaimana?

Kasihan juga sama ibu-ibu penjaga kantin yang sudah menyiapkan makanan untuk dijual. Pas mereka sampai di sekolah, eh ternyata sekolahnya libur. Jualanannya dibawa pulang lagi. Rugi berapa tuh karena nggak laku sama sekali? Kasihan juga sama bayi-bayi dan balita. Kalau orang dewasa di musim asap ini bisa pakai masker. Tapi yang bayi dan balita itu bagaimana, mereka maskeran juga?

Semoga saja musim asap ini cepat selesai dan untuk kedepannya nggak ada lagi musim asap. Semoga saja nggak ada lagi oknum-oknum yang suka membakar hutan untuk membuka lahan. Sebenarnya bukan cuma asap dari pembakaran hutan aja yang mengganggu, asap dari pembakaran sampah juga mengganggu, tuh! Yang suka bakar sampah dan suka buang puntung rokok sembarangan, pliss deh mulai hari ini jangan lagi lakukan itu!

Karena di Palembang lagi banyak asap, oleh-olehnya nggak pempek lagi deh. Yang datang ke sini dikasih oleh-oleh asap aja ya. 😀 ada yang mau?

Di sini lagi musim asap, kalau di tempatmu lagi musim apa?

Advertisements

3 thoughts on “Musim Asap yang Menghebohkan

  1. Kondisi di Pontianak juga tidak kalah parahnya seperti disana mba.. Walaupun saya sedang tidak berada di Pontianak, saya cukup khawatir dengan kesehatan keluarga saya disana soalnya waktu kecil sudah sering mengalami hal seperti ini. Rasanya sungguh tidak enak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s