[Review Buku] Madre

image

Judul Buku: Madre
Pengarang: Dee
Penerbit: PT. Bentang Pustaka
Tahun: 2012
Jumlah halaman: 160

Review:
Buku yang berjudul Madre ini berisi kumpulan cerita dan puisi. Ada 13 judul dalam buku ini. Karya-karya Dee dari tahun 2006 – 2011 dibukukan dalam buku ini.

Cerita utama dalam buku ini sama dengan judul bukunya, Madre. Madre mengisahkan tentang seorang pemuda bernama Tansen yang tiba-tiba mendapat warisan dari leluhur yang kurang dikenalnya. Warisan itu berupa biang roti. Tansen yang tak tahu apa-apa akhirnya berusaha mengembangkan usaha roti warisan leluhurnya.

Selain cerita Madre, ada puisi yang menurut saya keren. Puisinya berjudul Tanyaku pada Bambu. Puisi ini berkisah tentang kelahiran. Sepertinya pengarang mendapatkan ilham tentang Kelahiran melalui bambu. Jantung mendegupkan kelahiran, perubahan, kematian. Manusia layaknya bambu mengalami kelahiran dan kematian.

Puisi-puisi dalam buku ini bermakna sangat dalam. Sedangkan cerpen-cerpennya dikemas dalam untaian kata-kata yang apik. Ceritanya mengalir, bikin penasaran dan ingin melanjutkan sampai habis. Wajar saja jika dalam rentang 1 tahun buku ini sudah dicetak sampai lima kali.

Saya beri rating 4,5 dari 5 bintang untuk buku ini.

* * *

#NulisRandom2015 #day16

Advertisements

16 thoughts on “[Review Buku] Madre

  1. Cerita-ceritanya Dewi Lestari itu “berbeda”. Anti mainstream, bahkan jadi trendsetter, terus segar dan terkesan sederhana padahal aslinya rumit, sophisticated begitu :haha. Keren pokoknya, dengan bagaimana penyusunan adegannya, penggambaran deskripsinya, sampai pemilihan kata-kata dalam narasinya. Top! Saya baru baca satu, sih, tapi kayaknya Madre bakal jadi koleksi berikutnya :hihi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s