[Review Buku] Tales From The Dark

tales from the dark

Judul: Tales From The Dark
Tag: Kumpulan Cerpen
Pengarang: Christina Juzwar, Christina Tirta, Dadan Erlangga, Erlin Cahyadi, Lea Agustina Citra, Lexie Xu, Luna Torashyngu, Poppy D. Chusfani, Pricillia A.W., Regina Feby, Valleria Verawati, Veronica B. Vonny, Yennie Hardiwidjja.
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2013
Jumlah halaman: 344 halaman

Review:
Ada 13 cerita pendek dalam buku ini. Sesuai namanya, Tales from The Dark, cerita-cerita yang disuguhkan dalam buku ini adalah tentang kisah kegelapan. Kebanyakan ceritanya tentang hantu, kematian, pembunuhan, makhluk-makhluk gaib, dan dunia mistis. Sedangkan tokoh-tokoh ceritanya kebanyak remaja usia sekolah. Saya pikir buku ini genrenya Teenlit. Tapi, di sampulnya nggak ada tulisan Teenlit.

Salah satu cerpen yang berjudul Cerita Malam bercerita tentang seorang siswa perempuan yang sedang mengikuti latihan kepemimpinan yang diadakan oleh sekolah. Saat ada cara jurit malam, dia dihadapi oleh kejadian yang aneh-aneh, mulai dari siswa yang mengikuti kegiatan, lokasi kemah, dan orang-orang yang ditemuinya saat acara.

Lalu cerpen yang berjudul Rumah Permintaan menceritakan tentang seorang anak yang tiba di sebuah rumah tua saat ia diusir oleh ibu tirinya. Dia merasa dendam pada ibu tirinya sehingga menuliskan sesuatu di dinding rumah tua itu. Namun, pada akhirnya ia dihadapi pada suatu masalah yang sangat mengerikan.

Penilaian saya, rata-rata cerpen di buku ini mengisahkan suatu peristiwa di saat hujan, malam, dan gelap. Lalu, tokoh masuk ke rumah tua yang sudah lama tidak ditinggali. Lokasi rumah tua biasanya di tempat terpencil dan jauh dari kota. Selain rumah, ada setting di sekolah tua. Yang bikin saya bingung ya itu – kenapa kalau cerita-cerita dunia kegelapan rata-rata settingnya di rumah tua yang sudah lama tidak ditempati, cuacanya tidak bagus, lagi hujan, malam hari, dan lokasinya jauh dari keramaian. Kok nggak ada ya yang ngambil settingnya di tempat ramai, siang hari nggak hujan, dan di bangunan yang bagus? ๐Ÿ˜€

Terlepas dari setting tempat dan waktu, buku ini sangat keren. Baca satu atau dua cerpen masih biasa saja. Tapi setelah baca tiga atau empat cerpen, saya mulai merasa aneh malam-malam belum tidur lalu harus ke toilet sendirian karena terbawa emosi yang didapat dari cerpen. Cerita-cerita dalam buku ini sangat menarik! Level horrornya 80%. Saya beri 4,5 bintang dari skala 5 bintang.

Buat pecinta genre horror, buku ini wajib baca!

* * *

#NulisRandom2015 #day2

Advertisements

5 thoughts on “[Review Buku] Tales From The Dark

  1. Horor, saya suka saya suka! Yah, semua benda memang punya image-nya sendiri-sendiri ya, dan untuk yang seram-seram pasti adalah keadaan yang gelap, hening, cuaca badai yang berangin kejam, dan lain-lain. Eh tapi horor dengan siang hari dan rumah bagus juga mungkin banget lho, dan belum ada penulis yang mengangkat itu. Mungkin Mbak mau menuliskan cerpennya? :hehe.

    Jadi penasaran untuk membaca bukunya. Thanks for the info!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s