[Review Buku] Carrie

image
cover buku Carrie

Judul Buku: Carrie
Penulis: Stephen King
Alih Bahasa: Gita Yuliani K.
Desain dan Ilustrasi Sampul: Staven Andersen
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: 2013
Tebal: 256 halaman

Seperti judulnya, novel ini bercerita tentang seorang gadis bernama Carrie, lengkapnya Carrie White, yang mempunyai kemampuan telekinesis. Ia adalah seorang anak tunggal yang dibesarkan oleh seorang single parent yang sangat taat pada agama, Margaret White. Tidak seorang pun yang tahu bahwa Carrie mempunyai kemampuan menggerakkan benda-benda dengan pikirannya. Karena memiliki kemampuan itu, Carrie merasa dirinya aneh.

Di sekolahnya, Carrie sering dibully oleh teman-temannya. Hingga suatu hari, terjadilah insiden menghebohkan di kamar mandi sekolah. Carrie mendapatkan haid pertamanya. Namun ia tidak mengerti apa yang terjadi pada dirinya. Teman-teman wanitanya mengejeknya dan dia diolok habis-habisan oleh mereka. Kemudian, datanglah Miss Desjardin. Carrie diselamatkan oleh gurunya itu.

Karena kejadian heboh tersebut, beberapa murid perempuan yang mengolok-olok Carrie mendapatkan hukuman, salah satunya bernama Susan Snell. Susan merasa bersalah pada Carrie. Untuk menebus kesalahannya, ia menyuruh pacarnya (Tommy Ross) untuk mengajak Carrie pergi ke Pesta Dansa Musim Semi. Namun, ide ini akhirnya menjadi sumber malapetaka bagi semua orang di sekolah, bahkan orang-orang di kota tempat tinggal Carrie.

* * *

Review ini diikutkan dalam Reading Challenge Monday Flash Fiction 2015 Edisi Februari bertema Seputar Buku-buku yang Diangkat Menjadi Film. Ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab untuk mengikuti Reading Challenge ini.

1. Kesan yang kamu dapatkan setelah menonton filmnya. Apakah ada yang “beda” dengan isi buku?
Ada beberapa bagian yang berbeda antara film dan bukunya. Beberapa bagian tidak difilmkan, misalnya bagian wawancara Susan Snell dan artikel-artikel tentang Carrie. Ending antara film dan bukunya pun agak beda.

2. Tokoh-tokoh yang ditonjolkan dalam buku tersebut siapa saja dan menurut kamu, karakter mereka bagaimana?
Carrie White, tokoh utama, mempunyai karakter pemalu dan tidak percaya diri dalam pergaulan dengan teman-teman di sekolahnya.

Margaret White (ibu Carrie), karakternya fanatik, keras, dan menghendaki semua berjalan sesuai kitab suci.

Susan Snell, teman sekolah Carrie sejak SD, mempunyai karakter cuek, suka ikut-ikutan teman-temannya, namun sebenarnya baik hati.

Christine Hargensen, pemimpin kelompok genk yang membully Carrie, mempunyai karakter egois, merasa paling benar, dan tidak memikirkan perasaan orang lain.

3. Alur ceritanya bagaimana? Maju, mundur, atau maju-mundur?
Alur yang di buku maju-mundur. Awal-awal baca, agak membingungkan. Tapi setelah membaca beberapa halaman barulah mengerti.

4. Kamu “greget” nggak sama endingnya? Apa sesuai dengan harapanmu?
Endingnya greget banget! Ceritanya seru dan endingnya nggak biasa.

5. Apa intisari dari buku ini? Apa manfaat yang kamu peroleh setelah membaca buku tersebut? Bagaimana pula dengan filmnya?
Buku ini memuat contoh-contoh artikel di koran tentang Carrie White. Selain itu ada contoh format laporan kematian dari Rumah Sakit. Ini menambah pengetahuan. Penyajian cerita yang nggak biasa juga menambah nilai plus dari buku ini, jadi tahu ada tipe alur seperti yang ada di buku ini.

Dari cerita di buku ini saya menangkap pesan moral: ‘hati-hati dengan pikiran.’ Contohnya Carrie White. Pada akhirnya pikiran Carrielah yang akhirnya menjerumuskan dirinya ke dalam kekacauan yang berakibat fatal dalam hidupnya.

Dan satu lagi, ‘menjaga kata-kata itu penting!‘ Di buku ini, dikisahkan teman-teman Carrie suka mengolok-oloknya. Kata-kata kasar yang keluar dari mulut teman-temannya itu ibarat bom atom yang sewaktu-waktu bisa meledak dan melukai diri mereka sendiri.

Filmnya oke. Akting dari tokoh-tokoh di film ini sangat baik, terutama akting ibunya Carrie yang diperankan oleh Julianne Moore. Walaupun ada beberapa bagian yang berbeda dari yang di buku, inti ceritanya sama. Poster filmnya ada di Wikipedia: Carrie the Movie (2013).

6. Berapa ratingmu untuk buku dan filmnya?
Rating untuk buku: 4,5 dari skala 5.
Rating untuk film: 4 dari skala 5.

Advertisements

9 thoughts on “[Review Buku] Carrie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s