#KisahKasihFavoritku – Semangat Rela Berkorban

image

Bicara tentang buku favorit terbitan Bentang Pustaka, pikiran saya langsung melayang ke buku Filosofi Kopi karangan Dee. Di dalam buku ini ada 18 cerita. Yang paling berkesan dalam ingatan saya adalah cerpen yang terakhir. Judulnya Rico de Coro.

Cerpen Rico de Coro mengisahkan tentang seekor kecoa bernama Rico de Coro yang jatuh cinta dengan seorang manusia bernama Sarah. Rico de Coro menyadari bahwa ia tak mungkin bisa mendapatkan hati Sarah karena dunia mereka yang berbeda. Apalagi keluarga Sarah sangat membenci kecoa. Walaupun demikian, diam-diam Rico tetap mencintai Sarah, bahkan rela mengorbankan nyawanya demi melindungi gadis yang dicintainya itu.

Cerita cinta yang ada di cerpen ini bukan hanya kisah cinta antara Rico de Coro dan Sarah, bukan cerita cinta antara cowok dan cewek, tapi tentang cinta seorang sahabat. Rico mempunyai sahabat baru bernama Tuan Absurdo. Karena kecintaannya terhadap warga kecoa, ia mau membantu ayah Rico dan warga kecoa melawan keluarga Sarah yang suka membantai kecoa. Dan lagi-lagi, ini adalah kisah pengorbanan.

Di akhir cerita, Rico de Coro akhirnya tewas di tangan kakak Sarah, David. Arwah Rico de Coro yang masih melayang-layang lalu menemui Sarah dalam mimpinya. Akhirnya, cita-citanya untuk menyampaikan perasaannya pada Sarah tercapai.

Kisah cinta yang unik dalam cerpen ini bikin terharu. Saya suka bagian saat Rico de Coro menyadari siapa dirinya setelah melihat bayangan dirinya di tutup panci. Ia hitam, kecil, jelek, dan bau. Namun, itu tak menyurutkan rasa cintanya pada Sarah. Saya juga suka bagian akhir cerita saat Rico de Coro menyatakan bahwa ia rela melepaskan semua, termasuk tampuk Kerajaan Kecoa Dapur asalkan Sarah tidak disakiti. Aaah… Cinta sejati memang butuh pengorbanan – pengorbanan yang tiada henti walau harus mati.

————

Tulisan ini diikutkan dalam Event #KisahKasihFavoritku oleh Bentang Pustaka.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s