Happy New Year! Happy Blogging!

Hi, guys! Happy New Year! Yuk bercerita tentang blogging!

Nggak terasa sekarang sudah tahun 2015. Itu artinya sudah sekitar 6 tahun saya ngeblog. Awalnya saya bikin blog di tahun 2008. Waktu itu lagi ngetrend-ngetrendnya ngeblog dapat duit, sebutannya “pay per click”. Para blogger harus daftar dulu di komunitas tertentu. Nanti komunitas itu akan memberikan link iklan. Kalau ada pengunjung blog yang mengklik iklan tersebut lalu melihat isi iklan selama beberapa detik, maka si blogger yang memasang iklan bisa dapat uang dari situ. Hitungannya nggak sesederhana itu, sih. Ada beberapa syarat lain yang saya sudah lupa.

Saya sempat join di beberapa komunitas yang menawarkan sistem “pay per click” ini. Tapi, karena pengunjung blog saya pada saat itu sangat sedikit, akhirnya saya keluar dari komunitas. Dulu domain blog saya di blogspot. Biasanya domain inilah yang banyak dipakai para blogger untuk memasang iklan “pay per click.” Soalnya memasang kode html-nya lebih mudah. Untuk pengaturan layout dan desain blog pun lebih mudah dengan menggunakan domain ini. Selain itu, domain tersebut juga menawarkan pemasangan iklan dari Google, namanya “Google adSense.”

Dari 2008 sampai 2014, ada sekitar satu tahun saya vakum menulis di blog, yaitu di tahun 2011. Tahun 2012, saya memutuskan untuk pindah domain. Blog saya yang isinya semua tulisan saya di Blogger (blogspot) saya tutup. Sebagian isinya saya hapus dan sebagian lainnya saya pindahkan ke domain baru di WordPress.

Saya pindah ke WordPress karena aplikasi blog ini bisa didownload di Blackberry dan hp android. Jadi, kalau tiba-tiba terlintas sebuah ide, saya bisa langsung menulisnya dan mempostingnya di blog. Selain itu, menggunakan aplikasi WordPress dari hp lebih mudah dan nggak ribet. Dari hp Android, saya bisa baca tulisan teman-teman yang saya follow blog WordPressnya. Saya juga bisa melihat statistik pengunjung blog dan mengubah tema tampilan blog dari hp.

Aplikasi domain blogspot (Blogger) ada juga, sih, di android. Tapi sangat susah menggunakannya. Atau… Mungkin saya yang gaptek, ya? Β (=_=”)

Saya juga pernah mencoba memasang aplikasi blog yang lainnya di hp. Misalnya Tumblr dan Thumbstory. Kalau aplikasi Tumblr itu lebih seperti media sosial Facebook atau Twitter. Menurut saya agak ribet juga. Dan membingungkan. Karena itu, saya menghapus aplikasi ini dari hp saya. Gara-gara gaptek lagi, nih! Hiks! πŸ˜₯

Kalau Thumbstory lain lagi. Aplikasi ini khusus untuk menulis cerita. Ada juga yang menulis puisi, non fiksi dan catatan harian. Tapi isinya hanya tulisan, tidak bisa memasukkan banyak gambar seperti di aplikasi blog lainnya. Bisa mengupload gambar tapi hanya untuk cover tulisan saja. Aplikasi ini sangat seru karena kita bisa baca cerpen dari berbagai genre, seperti romance, adventure, comedy, sci-fi, thriller, fan fiction, dan lain-lain. Yang paling seru menurut saya adalah genre fan fiction, soalnya di genre ini benar-benar mengkhayal banget! Genre ini khusus menceritakan tentang orang yang dikagumi. Rata-rata ceritanya tentang artis (artis Korea!).

Contoh cerita dari genre Fan Fiction:
Aku ngefans banget sama Lee Min Ho. Dia itu aktor idola banget. Trus, tanggal lahirnya sama kayak tanggal lahirku, lho! Aku pengen banget ketemu sama dia.

Suatu hari di malam Minggu saat aku lagi ngobrol sama tembok, tiba-tiba terdengar ada yang mengetuk pintu kamar kostku. Pas aku buka pintu… Jreng! Jreng! Lee Min Ho berdiri di depan pintu dan tersenyum padaku!! Dia datang membawakan bunga dan es krim untukku. Aduh senangnya…

Rupanya dia ditarik oleh UFO saat dia lagi syuting dan dia disuruh alien untuk mengunjungiku. Lee Min Ho setuju karena saat si alien nunjukin fotoku ke dia, dia bilang dia terpesona karena aku cantik! Memang sih Lee Min Ho nggak bisa lama-lama mengunjungiku karena dia sibuk. Tapi, kami sudah tukaran nomor hape dan pin BB. Jadi kami nanti bisa kontek-kontekan lagi. Pssstt… Dia juga janji nanti akan mengunjungi aku lagi, lho! Jangan iri, ya!

Itulah contoh cerita mini bergenre Fan Fiction karangan saya. Menarik nggak, sih? πŸ˜€

Nah, bicara soal Tahun Baru rasanya nggak seru kalau nggak membahas soal resolusi. Saya nggak mau banyak-banyak bikin resolusi. Cukup mengalir apa adanya saja. Nggak mau bercita-cita yang muluk-muluk. Hanya ada satu resolusi utama untuk tahun 2015 ini: “happy blogging!” Yup! Maunya bisa lebih bebas berekspresi dalam menulis. Semoga bisa terlaksana dan bisa menghasilkan tulisan-tulisan yang seru dan berkualitas.

Once again… Happy new year, friends! Happy blogging! Happy writing! πŸ™‚

Advertisements

11 thoughts on “Happy New Year! Happy Blogging!

  1. Wiiih, dah dari 8 tahun yang lalu ya Grant. Saluut. Gw juga kesusahaan banget pake blogger apps. Susah banget ngatur inainuininya. Jadilah lebih aktif di wordpress. Padahalan adsensenya berguna banget loh. Untungnya di wordpress dah ada wordads yang salah satu rekanannya adsense juga. Hihihi. Semangat ya!
    Btw gw juga lagi belajar bikin fiksi nih. πŸ˜€

  2. sama seperti saya, sempat di blogspot terus pindah ke platform lain. kalau di wordpress baru tahun 2012. kalau nggak salah. cuma tulisan di blog lama dipindah semua ke wordpress. jadinya banyak tulisan lama-lama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s