Motivasi Diri Sendiri

Eh, sekarang lagi hangat-hangatnya pembicaraan film Merry Riana di bioskop, ya. Beberapa teman memasang poster film Merry Riana di profil BB mereka. Ada juga yang beriklan di media sosial mereka. Merry Riana adalah salah satu motivator ternama dari Indonesia. Beliau terkenal dengan bukunya yang berjudul Mimpi Sejuta Dolar.

Bicara soal motivasi, ada beberapa motivator yang pernah saya ikuti acaranya atau postingannya di media sosial. Sebut saja Andrie Wongso. Dulu saya sering baca motivasinya di majalah, Twitter, dan FB. Lalu, Mario Teguh. Dulu setiap Minggu selalu lihat acaranya di TV, FanPagenya di FB dan Twitter juga saya ikuti. Merry Riana juga, dulu saya selalu mantengin timeline Twitter dan FB beliau. Selanjutnya, Ponijan Liauw. Saya juga follow beliau baik di Twitter maupun di FB. Motivator dari luar seperti Zig Ziglar pun saya ikuti update statusnya di FB. Selain itu ada beberapa motivator lain yang saya ikuti di media sosial.

Lain dulu lain sekarang. Sekarang saya lebih sering absen menyimak apa yang dishare oleh para motivator tersebut. Kenapa? Itu dia yang akan dibahas di bawah ini. 😀

Mengutip kata-katanya Om Zig Ziglar, “Membaca/mendengarkan kata-kata motivasi itu penting! Itu sama pentingnya seperti mandi. Setiap hari kita harus mandi supaya bersih. Membaca/mendengarkan kata-kata motivasi setiap hari juga penting supaya bisa semangat terus, supaya berpikir positif, dan agar menjadi pribadi yang lebih baik.”

Itu kata-katanya Om Zig Ziglar, lho! Kalau menurut saya, yang lebih penting itu dari dalam diri sendiri apakah mau memotovasi diri sendiri. Percuma saja mendengar/membaca kata-kata motivasi tapi hanya dibaca/didengar tanpa dipraktekkan. Biasanya kalau ikut seminar motivasi, semangat yang berkobar akan bertahan hanya sekitar dua minggu. Setelah itu? Kembali ke awal: 5L (Lesu, Letih, Lelah, Lemes, Loyo) alias semangatnya turun lagi. Ya kecuali kalau bisa terus memotivasi diri sendiri supaya tetap semangat.

Jadi intinya diri sendirilah yang bisa memotivasi untuk maju atau untuk bersemangat. Faktor dari dalam diri sendirilah yang memainkan peran utama. Para motivator adalah faktor dari luar. Istilahnya mereka itu cheerleadernya atau penonton yang memberi semangat saat pertandingan dengan berteriak, “Ayo! Ayo! Ayo! Kamu bisa! Kamu pasti sukses! Semangat!” So… Mau maju? Mau semangat? Diri sendiri, dong, yang harus memacunya!

* silakan komentar kalau ada masukan atau ide lain tentang motivasi. 🙂

10 thoughts on “Motivasi Diri Sendiri

  1. setuju Grant, gw dulu juga rajiiin banget bahkan sampe langganan SMS, tapi kalo dari gwnya 5L gak guna juga. Ternyata tinggal kita temukan motivasi untuk diri kita sendiri saja 😀

  2. The greatest motivator in life is YOU!! That is the truth.

    Semangat! Saya sendiri juga banyak baca tapi kemudian? Datanglah penyakit itu. Semua berawal dari diri sendiri.

Leave a Reply

