Cinta Beda Usia, Sejak Kapan Jadi Masalah?

Kemarin saya membuat artikel Review Film Drama Korea berjudul Witch Romance. Film itu mengisahkan tentang sepasang kekasih yang usianya terpaut jauh – 14 tahun. Yang perempuannya lebih tua dari yang laki-laki. Namanya film, apapun bisa dibuat menjadi kisah yang menarik. Lalu, bagaimana di dunia nyata? Kalau cowok yang lebih tua dari cewek, sih, sudah biasa. Tapi, kalau ceweknya yang lebih tua dengan perbedaan yang sangat jauh?

Pernah saya baca berita di Yahoo tentang seorang pria berumur sekitar 30an yang jatuh cinta dengan seorang nenek berusia kalau nggak salah 60an atau 90an gitu, deh. Pokoknya bedanya jauh banget! Nah, lho, itu bisa terjadi, kan. Beberapa kasus yang pernah saya temui adalah pasangan yang bedanya 2 tahun, 4 tahun, dan 6 tahun. Pernikahan mereka masih langgeng sampai sekarang.

Memang, sih, tidak bisa dipungkiri kalau perbedaan fisik akan sangat terlihat jelas. Itu tidak bisa ditutupi. Bisa, sih, ditutupi misalnya dengan operasi plastik. Hehehe. Saya tidak menyarankan, cuma bercanda saja. Tapi kalau memang mau, ya silakan. Selain perbedaan fisik, cara pandang dan pemikiran juga berbeda jika usia terpaut jauh, kecuali sudah sama-sama dewasa. Karena ada juga orang yang usianya masih muda tapi pemikirannya lebih dewasa dari orang yang sudah tua. Begitupun sebaliknya.

Faktor lainnya yang perlu dipikirkan dalam menjalin cinta beda usia (cewek lebih tua dari cowok) adalah lingkungan. Bisa lingkungan keluarga dan juga teman. Beberapa orang ada yang tidak setuju jika perempuan lebih tua dari laki-laki. Untuk lingkungan pertemanan, masing-masing harus menyesuaikan diri dengan sahabat-sahabat pasangan. Beda usia beda pula gaya pertemanannya. Yang lebih tua harus menyesuaikan diri dengan teman-teman pasangannya yang masih muda. Yang lebih muda juga demikian.

Lalu, tak jarang ada ‘bisik-bisik’ dari orang-orang yang melihat pasangan beda usia ini jika sedang berjalan-jalan di mal atau tempat umum lainnya. Karena pasangan beda usia seperti ini jarang ditemui di masyarakat luas, maka wajar jika ada yang bisik-bisik seperti: “Eh, lihat, tuh, ceweknya lebih tua dari cowoknya!” atau “Ya ampun, kok cowok itu mau sih sama cewek yang lebih tua? Apa nggak ada lagi cewek yang lebih muda?” Dan tak jarang ada yang mencibir pasangan beda usia ini. Kalau memang cinta, ya tahan saja. Pura-pura tak mendengar dan enjoy saja.

Ya, namanya juga cinta. Kalau sudah cinta, ya harus kompromi dan saling menerima, saling percaya, berpikir dan bertindaklah yang bijaksana untuk kebahagiaan bersama. Jangan lupakan juga komunikasi karena komunikasi itu penting.

So, cinta beda usia? Asalkan bisa menjalaninya, ya nggak masalah. Bagaimana menurut Anda?

Advertisements

2 thoughts on “Cinta Beda Usia, Sejak Kapan Jadi Masalah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s