[Review Film] I Hear Your Voice

ihyv 1

Judul film: I Hear Your Voice
Tahun: 2013
Genre: courtroom drama, romantic comedy
Jumlah episode: 18
Pemain:
Lee Bo Young as Jang Hye Sung
Lee Jong Suk as Park Soo Ha
Yoon Sang Hyun as Cha Gwan Woo
Lee Da Hee as Seo Do Yeon
Jung Woong In as Min Joon Gook
Yoon Joo Sang as Shin Sang Deo
Choi Sung Joon as Choi Yoo Chang

ihyv 6

Cerita:
Suatu ketika Park Soo Ha kecil sedang berada dalam mobil bersama ayahnya. Tiba-tiba sebuah truk menabrak mobil mereka. Sopir truk ketakutan karena ia telah menabrak mobil dan pengendaranya masih hidup. Sopir itu lalu memukul kepala ayah Soo Ha. Setelah kecelakaan itu, Soo Ha jadi punya kekuatan membaca pikiran orang.

Saat sopir truk sedang memukuli kepala ayah Soo Ha, datanglah Jang Hye Sung kecil dan temannya Seo Do Yeon. Jang Hye Sung adalah anak pembantu di rumah Seo Do Yeon yang sedang bermusuhan gara-gara Seo Do Yeon menuduh Hye Sung melukai matanya dengan kembang api sehingga membuat ayah Seo Do Yeon mengusir Hye Sung dan ibunya. Sopir truk yang bernama Min Joon Gook, dendam pada Jang Hye Sung karena ia mengungkapkan kejadian yang ia lakukan di pengadilan dan membuatnya harus masuk penjara. Jang Hye Sung ketakutan karena diancam oleh Min Joon Gook dan menyalahkan si kecil Park Soo Ha. Tapi, karena rasa terima kasihnya yang sangat dalam, Park Soo Ha kecil berjanji akan melindungi Jang Hye Sung.

ihyv 3

Sepuluh tahun berlalu. Park Soo Ha sudah menjadi murid SMA. Sedangkan Jang Hye Sung menjadi pengacara dan Seo Do Yeon menjadi jaksa. Selama 10 tahun itu, Park Soo Ha terus mencari Jang Hye Sung. Suatu kejadian di sekolah Park Soo Ha akhirnya membuatnya bisa bertemu dengan Jang Hye Sung.

Park Soo Ha dan Jang Hye Sung akhirnya berteman. Kemudian masalah muncul. Min Joon Gook keluar dari penjara dan mulai melaksanakan aksi balas dendamnya. Ia membunuh ibu Jang Hye Sung lalu memutar balik fakta dan membuat Park Soo Ha menjadi buronan.

Pada saat itu, ada seorang pengacara yang menyukai Jang Hye Sung, namanya Cha Gwan Woo. Cha Gwan Woo melakukan berbagai cara agar bisa merebut hati Jang Hye Sung. Akhirnya mereka jadian sesaat sebelum kematian ibu Jang Hye Sung. Namun, karena Cha Gwan Woo menjadi pengacara untuk Min Joon Gook dan bukti bahwa Min Joon Gook membunuh ibu Hye Sung tidak ada, maka Cha Gwan Woo membuat Min Joon Gook bebas dari tuduhan. Hal ini membuat Hye Sung kecewa. Lalu ia mulai menyadari bahwa sebenarnya yang ia sukai bukanlah Cha Gwan Woo, tapi Park Soo Ha.

Selanjutnya terjadilah pertarungan antara Jang Hye Sung dan Park Soo Ha dengan Min Joon Gook. Jang Hye Sung sempat mendapat masalah ketika Park Soo Ha menghilang dan ternyata hilang ingatan saat ia ditemukan. Ia menjadi buronan karena dianggap membunuh Min Joon Gook. Kisah film ini bertambah seru dengan adanya kasus Tangan Kiri.

Akhir kisahnya? Nggak akan saya beritahu. Soalnya filmnya terlalu seru, sih. Sayang banget kalau dibahas habis di sini. Nanti pembaca nggak penasaran lagi. 🙂

ihyv 2

Apa yang diajarkan oleh film ini?
Film ini mengajarkan bahwa dendam tak akan selesai jika dibalas dengan dendam. Terhadap orang yang dendam pada kita, seharusnya kita merasa kasihan pada orang itu. Karena, saat seseorang menyimpan dendam, ia sangatlah menderita. Jika ada orang yang menyakiti kita, lalu kita membalas menyakiti orang itu, apalah bedanya kita dengan orang itu? Sama seperti dalam film ini, Min Joon Gook membunuh ayah Park Soo Ha dan ibu Jang Hye Sung. Jika Park Soo Ha balas ingin membunuh Min Joon Gook, apakah bedanya ia dengan si pembunuh itu. Bukankah ia juga telah menjadi pembunuh?

Niat membalas perbuatan orang yang tidak baik pada kita tidak akan habisnya. Niat untuk membalas perbuatan jahat orang terhadap kita akan membuat kita sengsara, membuat pikiran kita kacau dan hidup jadi tidak tenang. Tapi jika kita memaafkan orang itu, maka kita akan menjadi lebih tenang. Tidak mudah memang memaafkan orang yang telah bersalah pada kita, setidaknya jangan melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan orang itu terhadap kita. Untuk menghindari balas dendam itu, kita bisa menghindari orang yang jahat itu. Misalnya seperti Seo Do Yeon yang mengetahui bahwa ayah angkatnya ternyata salah menjatuhkan hukuman pada ayah kandungnya. Ia tidak membalas ayah angkatnya itu. Ia tidak dendam pada ayah angkatnya itu, hanya menghindari agar ia tidak menjadi seperti ayah angkatnya.

I Hear Your Voice - Park Soo Ha - Cast

Hal lain yang diajarkan oleh film ini adalah ‘tidak semua kebenaran harus diungkapkan’. Kadangkala, mendengar suatu kebenaran akan menyakitkan. Bagaimana jika setelah mengatakan kebenaran itu kita jadi menyakiti orang lain? Bagaimana jika kebenaran itu akan melukai orang lain? Jika orang yang ingin diberitahu tentang kebenaran itu bisa menerima, maka kita bisa memberitahukannya. Jika tidak, sebaiknya jangan. Ada saatnya unuk diam dan ada saatnya untuk bicara. Bukan berarti di sini kita membenarkan kebohongan. Tidak seperti itu. Bukan kebohongan yang harus dilakukan. Tapi, tidak mengatakan apa-apa. Dalam film ini contohnya kasus Park Soo Ha yang mengetahui bahwa ternyata ayahnyalah yang menyebabkan Min Joon Gook jadi gila. Ia tidak mengatakan kebenaran itu pada Jang Hye Sung karena tak ingin melukai hati pengacara tersebut. Tapi setelah dia merasa bahwa Jang Hye Sung bisa menerima, ia mengatakan semuanya.

ihyv 5

Bicara Cinta:
Bicara tentang film drama, apapun jenisnya itu, rasanya tidak lengkap tanpa membahas tentang cinta. Dalam film ini mengajarkan bahwa jodoh/cinta tak bisa dipaksakan. Seperti Goo Sung Bin, teman sekelas Park Soo Ha. Goo Sung Bin sangat menyukai Park Soo Ha. Segala cara dilakukan olehnya mulai dari menolong Park Soo Ha, berbuat baik, dan berusaha mendekati dengan segala cara. Tapi semua usahanya itu sia-sia. Begitu juga dengan pengacara Cha Gwan Woo. Berbagai cara dia lakukan untuk mendapatkan hati pengacara Jang Hye Sung, namun ushanya itu sia-sia. Jadi, tidak peduli sekeras apapun usaha dan seberapa lamanya itu, kalau memang nggak jodoh ya nggak bakal bersatu.

Selain itu, nggak semua orang yang baik sama kita itu berarti dia menaruh hati pada kita. Kadangkala, kita menanggapinya berbeda. Sehingga, ketika kita tahu kebenaran bahwa orang yang baik itu ternyata tidak menyukai kita, kita akan menganggapnya PHP (Pemberi Harapan Palsu). Padahal, kitalah yang terlalu berharap pada orang itu. Contohnya Goo Sung Bin yang salah sangka dengan kebaikan Park Soo Ha.

Berikutnya, kamu tidak akan pernah tahu siapa yang akan menjadi jodohmu kelak. Apakah ia orang kaya, teman sekelasmu, atau bahkan orang yang usianya beda jauh denganmu. Contohnya Jang Hye Sung dan Park Soo Ha. Awalnya mereka seperti kakak adik. Hye Sung menganggap Soo Ha sebagai seorang anak kecil karena usianya yang lebih muda. Sedangkan Soo Ha, dia tidak peduli dengan usia Hye Sung. Ia menganggap Hye Sung adalah seorang penyelamat dan ia ingin melindungi Hye Sung. Selama 10 tahun ia menunggu. Akhirnya cintanya berbalas. Hye Sung dan Soo Ha akhirnya bisa bersama.

ihyv 4

Kesimpulan tentang film ini:
Menurut saya, film ini sangat bagus. Kita bisa belajar tentang hukum. Bagaimana cara kerja pengadilan, bagaimana cara kerja pengacara, jaksa, dan proses hukum. Juga belajar tentang filosofi hidup. Pokoknya film ini T-O-P banget!! Wajib tonton dah! Oh, ya, jika Anda adalah orang yang berperasaan halus, jangan lupa siapin tisu saat nonton film ini. Soalnya banyak adegan yang membuat terharu. 🙂

Advertisements

3 thoughts on “[Review Film] I Hear Your Voice

  1. ah aku ingat banget kata2 si jaksa perempuan itu yg bikin jleb banget.
    bukan kebenaran yang menang di pengadilan. tetapi apa yang menang di pengadilan lah yang dianggap kebenaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s