[Review Film] My Girlfriend is A Gumiho

Judul film: My Girlfriend is A Gumiho

Jumlah Episode: 16

Tahun: 2010

Genre: Romance, Comedy, Fantasy

Pemeran Utama:

Lee Seung Ki as Cha Dae Woong
Shin Min Ah as Gumiho/Park Sun Ju
No Min Woo as Park Dong Joo
Park Soo Jin as Eun Hye In

Kisah:

Suatu hari Cha Dae Woong melarikan diri dari kakeknya. Lalu, ia tak sengaja melepaskan rubah berekor 9 yang dikurung dalam lukisan di sebuah kuil. Setelah itu, mereka menjadi sahabat dan akhirnya jauth cinta.

Dikisahkan dalam film, Cha Dae Woong ingin menjadi aktor laga sebuah film. Tapi karena kecelakaan yang dialaminya saat bertemu dengan Gumiho, menyebabkan ia terluka parah dan tidak bisa ikut casting film. Gumiho menyatakan ia bisa membantu Cha Dae Woong agar bisa segera sembuh dengan meminjamkan manik-manik rubahnya kepada Dae Woong. Tapi, ketika manik-manik itu berada dalam tubuh Dae Woong, ia tidak boleh berdekatan dengan wanita lain selain Gumiho. Dae Woong terpaksa berbohong pada pacarnya Eun Hye In karena ia benar-benar ingin ikut casting film sehingga pacarnya itu menjadi cemburu dengan Gumiho.

Sementara itu, ada seorang bernama Park Dong Ju yang kebetulan melihat Gumiho. Ia  ingin menangkapnya dan mengembalikannya ke kuil. Park Dong Ju rupanya mirip seperti Gumiho, tapi ia lebih hebat. Ia akhirnya menjadi guru Gumiho dan membantu Gumiho untuk menjadi manusia. Namun, syarat untuk menjadi manusia tidaklah mudah. Gumiho dan Dae Woong yang berbagi chi dari manik-manik harus bertahan bersama selama 100 hari. Dalam perjalanan selama 100 hari itu ada banyak kejadian yang menimpa Dae Woong maupun Gumiho.

Kesimpulan:

Menurut saya film ini tidak terlalu seru. Alurnya lambat dan agak membosankan. Tidak seperti film serial yang sebelumnya saya tonton (Rooftop Prince, Gu Family Book, dan Queen Inhyun’s Man). Ceritanya biasa-biasa saja. Ada sisi komedinya. Namun, menurut saya lucu-lucuannya terlalu berlebihan, agak lebay. Memang, sih, ada yang benar-benar lucu. Trus, endingnya nggak greget. Biasa aja. Kalau ingin hiburan di waktu yang benar-benar luang, bolehlah nonton film ini. Sebagai bocoran, film seru yang saya sebutkan di atas bisa saya tonton dalam 2 hari (dengan rata-rata banyak episodenya 20). Kalau film My Girlfriend is A Gumiho ini, saya habiskan hampir 1 minggu (6 hari).

 

Lain-lain:

Ada satu hal yang bikin saya ngotot nonton film ini sampai habis. Yak, dia adalah aktor cool plus imut No Min Woo yang berperan sebagai Guru Park Dong Ju di film ini. Gila banget deh nih cowok imut banget. Asli kayak cewek tapi cool dan keren. Doi juga keren dan ganteng. Coba kalau di dunia nyata ada dokter kayak dia ya. Hmmm. Oh, ya, kalau Googling nama aktor ini, akan muncul foto-fotonya yang berdandan ala cewek. Kabarnya, sih, doi ganteng karena operasi plastik. Whateverlah, yang penting aktor ini cool banget di film My Grilfriend is A Gumiho. Karena kehadiran doilah film ini jadi lebih ‘hidup’ dan lebih ‘segar’.

 

Apa yang didapat dari film ini?

Apalagi kalau bukan kesimpulan bahwa cinta sejati itu ada. Menurut film ini, cinta sejati itu bukan hanya untuk sepasang manusia saja. Tapi, cinta itu bisa tumbuh di antara dua makhluk yang berbeda: manusia dan gumiho. Namun, yang namanya cinta pasti butuh perjuangan untuk mendapatkannya. Nah, ayo kita bahas versi cinta menurut masing-masing tokoh dalam film ini.

Cha Dae Woong:

Awalnya doi nggak percaya cinta antara dua makhluk berbeda. Doi berkali-kali menepis perasaannya terhadap Gumiho. Ia juga berkali-kali mencoba meyakinkan dirinya sendiri bahwa ia tak mungkin bisa jatuh cinta pada Gumiho. Ia mengganggap Gumiho itu seperti anjing peliharaannya Dong Jaa. Tapi, lama-kelamaan ia tidak dapat membohongi dirinya sendiri bahwa ia sebenarnya punya perasaan suka dan cinta pada Gumiho. Bahkan, ia rela menelan kembali manik-manik rubah milik Gumiho agar Gumiho bisa selamat dan tidak mati.

Gumiho:

Sejak awal bertemu dengan Cha Dae Woong, Gumiho jatuh cinta. Ia mati-matian ingin selalu membantu Dae Woong. Ia rela memberikan manik-manik rubahnya untuk Dae Woong agar Dae Woong sembuh dari kecelakaan dan lulus casting film action. Padahal, ia tahu kalau ia menyerahkan manik-maniknya maka kekuatannya akan berangsur-angsur hilang dan bisa menyebabkan ia kehilangan nyawanya. Gumiho tetap yakin pada dirinya bahwa Dae Woong kelak akan jatuh cinta padanya walaupun gurunya, Park Dong Ju, selalu memaksanya meninggalkan Dae Woong karena menurutnya cinta antara dua makhluk berbeda tidak akan bertahan lama. Keteguhan hati Gumiho akhirnya membuahkan hasil. Ia dan Dae Woong akhirnya bisa bersama.

Park Dong Ju:

Menurut doi, cinta antara dua mahkluk berbeda itu tidak mungkin berhasil. Doi tidak percaya sama cinta sejati yang dikatakan oleh Gumiho. Hal ini disebabkan karena kisah cinta di masa lalunya berakhir tragis. Di masa lalunya, doi mencintai makhluk goblin yang wajahnya mirip dengan Gumiho. Namanya Kil Dal. Tapi, rupanya Kil Dal mencintai seorang manusia. Demi membantu Kil Dal berubah menjadi manusia, Park Dong Ju juga melakukan segalanya. Tapi, apa mau dikata ternyata laki-laki yang dicintai Kil Dal itu berkhianat sehingga menyebabkan Kil Dal harus mati. Park Dong Ju tidak ingin hal itu terjadi pada Gumiho. Ia mati-matian mengatakan pada Gumiho bahwa Dae Woong tak akan jatuh cinta padanya. Seiring dengan berjalannya waktu, perkiraan Park Dong Ju ternyata tidak tepat. Dae Woong jatuh cinta pada Gumiho. Akhirnya Park Dong Ju percaya bahwa cinta sejati itu benar-benar ada.

Eun Hye In:

Hye In adalah pacar Dae Woong. Ia mencoba segala cara untuk menjauhkan Dae Woong dari Gumiho. Ia menjalankan cara-cara yang licik untuk mendapatkan kembali hati Dae Woong. Padahal Dae Woong sudah memutuskan hubungan mereka. Ia bahkan sengaja mencium Dae Woong di dekat Gumiho agar Gumiho mendapat celaka. Nah, yang namanya mengejar cinta dengan cara yang salah seperti Hae In ini, tentu saja akhirnya ia tidak bisa mendapatkan Dae Woong kembali. Gumiho sempat memberi nasehat kepadanya untuk mendapatkan cinta. Di akhir episode, akhirnya Hae In bertemu dengan seseorang yang membuatnya jatuh cinta dan ia mencoba mempraktekkan apa yang diajarkan oleh Gumiho.

Byung So dan Nyeon Seo

 

Byung So adalah sahabat laki-laku Dae Woong. Doi diam-diam suka dengan Nyeon Seo (sahabat perempuan Dae Woong). Tapi, Nyeon Seo menyukai Dae Woong. Akhirnya Byung So memilih untuk mejadi sahabat Nyeon Seo. Nyeon Seo tidak menyadari bahwa sahabatnya Byung So menyukainya. Di akhir episode, kedua orang ini akhirnya jadian. Intinya, cinta bisa tumbuh dari persahabatan dan kebersamaan.

Direktur Pan dan Min Seo

Direktur Pan adalah sutradara film yang diperankan oleh Dae Woong. Sedangkan Min Seo adalah bibinya Dae Woong. Awal pertemuan mereka sangat tidak mengenakkan. Saat itu, Min Seo sedang sakit perut dan tidak sengaja buang angin di dalam lift. Direktur Pan menyelamatkannya dengan mengatakan pada orang-orang di lift bahwa dia yang sedang tidak enak perut. Akhirnya keduanya jatuh cinta. Walau sudah berumur, akhirnya Min Seo dan Direktur Pan bisa menikah dan hidup bahagia. Film ini mengajarkan bahwa cinta tidak memandang usia. Jika memang sudah jodoh, ia akan menghampiri tak peduli Anda berada di usia berapa, seperti di antara Direktur Pan dan Min Seo. Sama juga seperti Gumiho yang baru bisa bertemu dengan jodohnya di usianya yang lebih dari 500 tahun. Yang penting sabar dan berusaha.

 

* * *

Akhir kata, film ini cocok banget buat Anda penggemar berat serial romansa yang mendayu-dayu. Tapi, tidak cocok buat Anda yang tidak suka kisah cinta yang bertele-tele. Kalau penasaran, silakan tonton filmya dan rasakan sensasinya! Karena soal rasa, tergantung dari selesa masing-masing. 🙂

Advertisements

3 thoughts on “[Review Film] My Girlfriend is A Gumiho

    1. Gua suka banget film ini ,apalagi pas endingnya itu bikin greget . Yang gabisa lupain film ini tu kecantikkannya Shin min ah (gumiho)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s