[Review Film] Queen Inhyun’s Man

qim 1

Queen Inhyun’s Man adalah Drama Korea tahun 2012. Film ini bergenre fantasi, time travel, dan romansa. Jumlah serialnya ada 16 episode.

Film ini bercerita tentang Kim Boong Do (diperankan oleh Ji Hyun Woo), seorang sarjana dari jaman Joseon yang berjanji untuk melindungi Ratu di tahun 1694 hingga akhirnya bisa terlempar ke dunia 300 tahun kemudian. Di dunia masa depan ada seorang gadis bernama Choi Hee Jin (diperankan oleh Yoo In Na) yang berjuang mendapatkan peran sebagai Ratu. Choi Hee Jin bertemu dengan mantan kekasihnya, Han Dong Min (diperankan oleh Kim Jin Woo), yang membantunya untuk mendapatkan peran utama sebagai ratu.

Saat Hee Jin baru masuk ke lokasi syuting untuk pertama kalinya, ia bertemu dengan Kim Boong Do yang baru saja terlempar ke dunia masa depan karena nyaris dibunuh oleh anak buah Mentri Min Ahm (diperankan oleh Uhm Hyo Sup). Selanjutnya Hee Jin membantu Kim Boong Do untuk mencari tahu tentang sejarah. Di lain sisi, Han Dong Min berusaha merebut perhatian Hee Jin.

qim 2

Kim Boong Do bisa terlempar ke masa depan berkat jimat yang diberikan oleh seorang gisaeng, Yoon Wol (diperankan oleh Jin Ye Sol). Yoon Wol ternyata diam-diam menyukai Kim Boong Do. Dia mengatakan bahwa jika jimat yang diberikan itu disalahgunakan maka jimat itu akan menjadi kutukan. Jimat itu bereaksi ketika Kim Boong Do mengalami situasi antara hidup dan mati. Jika sesuatu akan membunuhnya, maka ia akan terlempar ke masa depan.

Jimat yang dipegang Kim Boong Do menyebabkan ia dapat mengetahui sejarah. Dikisahkan dalam film ini sejarah jadi berubah. Hal itu membuat kekacauan dalam kehidupan masa depan dan masa Joseon. Hingga akhirnya, Yoon Wol terbunuh dan jimat yang ia berikan ke Kim Boong Do tidak dapat bereaksi lagi.

qim 3

Di film ini ada kisah Hee Jin yang kehilangan beberapa bulan ingatannya karena jimat Kim Boong Do terpotong oleh pedang penjahat. Juga ada kisah Kim Boong Do dituduh sebagai pengkhianat karena ulah Menteri Min Ahm. Pada akhirnya mentri-mentri yang jahat dihukum mati. Namun, dengan berakhirnya semua tragedi di kerajaan, Kim Boong Do kehilangan segalanya -keluarganya, jabatannya, dan juga cintanya pada Hee Jin.

Akhir kisahnya, Kim Boong Do yang putus asa karena tidak dapat kembali ke masa depan mulai menulis surat untuk Hee Jin. Sedangkan jimat yang telah berubah warna menjadi hitam dan tak dapat digunakan lagi akhirnya ia bakar. Beberapa waktu kemudian, surat Kim Boong Do untuk Hee Jin ditemukan prajurit kerajaan yang akhirnya menangkapnya dan menjebloskannya ke penjara. Di penjara, Kim Boong Do memutuskan untuk bunuh diri menggunakan dasi yang diberikan oleh Hee Jin. Saat itu, Hee Jin di masa depan yang ingatannya sudah berbeda merasa ada sesuatu yang terjadi. Ia mendapatkan tawaran berperan dalam Queen Inhyun’s Man berdasarkan catatan sejarah yang ternyata adalah surat Kim Boong Do. Saat itulah akhirnya Hee Jin mengingat kembali semua peristiwa ia bertemu dengan Kim Boong Do.

qim 6

Apa yang bisa didapat dari film ini?

Menurut saya, apa yang bisa didapat dari film ini adalah jodoh harus diperjuangkan oleh dua orang. Seperti saat-saat terakhir Kim Boong Do akan bunuh diri, Hee Jin merasakan ada sesuatu yang tidak beres sehingga ia mencoba menelepon Kim Boong Do. Kim Boong Do yang tadinya mau bunuh diri akhirnya tidak jadi karena tiba-tiba ponselnya di masa Joseon bisa berbunyi. Coba kalau Kim Boong Do membiarkan saja ponselnya, pastilah ia tidak akan pernah bertemu lagi dengan Hee Jin. Lalu, di seri sebelumnya juga, Hee Jin mati-matian meluangkan waktunya untuk bertemu dengan Kim Boong Do. Bahkan, ia merelakan karirnya. Begitu juga dengan Kim Boong Do, ia merelakan segalanya untuk Hee Jin, termasuk hartanya yang paling berharga yaitu pedang warisan ayahnya yang ia jual demi bisa hidup di masa depan. Jadi, jodoh harus diperjuangkan oleh kedua belah pihak. Kalau hanya satu pihak, ya pasti tak akan berhasil.

qim 5

Selain itu, tentang mantan yang dulunya putus akibat ia berselingkuh dan karena sifatnya tidak baik (kasar dan jahat), seperti sifat Han Dong Min yang selalu marah-marah pada Hee Jin, sampai berapa tahun kemudian mereka putus, sifat tidak bagus Han Dong Min tetap ada. Intinya, karakter itu susah diubah. Jadi, pilihan kita mau bersama orang yang sifatnya tidak baik atau tidak merespon orang-orang seperti itu.

Lalu, jangan menyalahgunakan kebaikan hati orang. Contohnya di film ini, Kim Boong Do menyalahgunakan jimat pemberian Yoon Wol. Tadinya jimat itu dimaksudkan untuk melindungi Kim Boong Do. Tapi, Kim Boong Do menggunakan jimat itu untuk bertemu dengan Hee Jin dan ia juga mengubah sejarah. Karena ulahnya itu, akhirnya ia harus kehilangan segalanya – jabatannya, keluarganya, orang-orang yang sayang padanya, dan hampir saja kehilangan cintanya dan juga nyawanya.

qim 4

Kesimpulan Akhir:

Film ini sangat bagus. Layak tonton. Keren abis! Selain itu bikin orang (terutama cewek) jadi mikir, memang jaman sekarang ada cowok yang merelakan hartanya buat cewek yang dicintai? (Baca: rela menjual harta warisan demi membelikan sebuah mobil untuk cewek yang belum tentu di masa depan ia nikahi).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s