[Review Film] Gu Family Book

gfb 1

Gu Family Book adalah serial Drama Korea produksi tahun 2013. Film ini bergenre romasa, komedi, aksi fantasi. Cerita awalnya adalah tentang makhluk suci penjaga gunung, gumiho (nine-tail-fox), bernama Gu Wol Ryung (diperankan oleh Choi Jin Hyuk) yang melihat seorang gadis disiksa. Gadis itu bernama Yoon Seo Hwa (diperankan oleh Lee Yeon Hee). Ayah Yoon Seo Hwa difitnah oleh temannya sendiri, Jo Gwang Wong (diperankan oleh Lee Sung Jae), sehingga dia dijual untuk menjadi gisaeng (pelacur istana). Gu Wol Ryung menyelamatkan Yoon Seo Hwa. Mereka akhirnya menikah. Gu Wol Ryung pun bertekad untuk menjadi manusia supaya bisa hidup bersama dengan istrinya. Tapi, dia harus menemukan Gu Family Book terlebih dahulu.

gfb 2

Jo Gwan Wong rupanya tidak tinggal diam. Dia memerintahkan orang untuk mencari Yoon Seo Hwa. Setelah Yoon Seo Hwa dan Gu Wol Ryung ditemukan, Jo Gwang Wong menyuruh anak buahnya membunuh mereka. Rupanya anak buah Jo Gwang Wong tidak membunuh Yoon Seo Hwa, ia hanya membunuh Gu Wol Ryung karena mengetahui Yoon Seo Hwa sedang hamil.

Anak Yoon Seo Hwa dan Gu Wol Ryung dirawat oleh seorang pemilik Penginapan 100 Tahun. Anak itu diberi nama Choi Kang Chi (diperankan oleh Lee Seung Gi) karena dia dihanyutkan ibunya di sungai sebelum ibunya mati. Choi Kang Chi mempunyai dua saudara tiri yaitu Park Tae Seo (diperankan oleh Yoo Yeon Seok) dan Park Chung Jo (diperankan oleh Lee Yoo Bi). 20 tahun berlalu, dikisahkan Jo Gwan Wong mampir ke Penginapan tempat Choi Kang Chi dan keluarganya tinggal. Melihat penginapan yang maju tersebut Jo Gwan Wong ingin memilikinya. Ia mencari masalah di tempat itu lalu membunuh pemiliknya yang merupakan ayah dari Park Tae Seo dan Park Chung Jo. Saat  Choi Kang Chi melihat ayah tirinya mati dibunuh, keluarlah sifat lainnya yang merupakan turunan dari siluman rubah.

gfb 4

Kisah selanjutnya adalah tentang Choi Kang Chi yang ingin menjadi manusia seutuhnya. Ia harus menemukan Gu Family Book seperti ayahnya. Ia juga nantinya bertemu dengan ayahnya yang rupanya masih hidup. Juga ibunya yang juga ternyata masih hidup. Ayahnya berubah menjadi iblis 1000 tahun. Tapi akhirnya bisa menjadi baik lagi setelah bertemu dengan ibunya. Sementara itu, dalam perjalanan merebut kembali Penginapan 100 Tahun, Choi Kang Chi bertemu dengan Dam Yeo Wool (diperankan oleh Bae Suzy), yang ternyata adalah seseorang di masa lalu yang pernah ia selamatkan. Lalu dimulailah kisah cinta antara Choi Kang Chi dan Dam Yeo Wool.

Kisah akhirnya adalah Choi Kang Chi berhasil mengalahkan Jo Gwan Wong. Tapi dia tidak jadi menemukan Gu Family Book karena Dam Yeo Wool mati ditembak anak buah Jo Gwan Wong.

 

gfb 3

Apa yang bisa didapat dari film ini?

Dari film ini saya mengambil pelajaran bahwa hati seseorang bisa berubah. Contohnya Choi Kang Chi yang tadinya menyukai Park Chung Jo akhirnya pindah ke Dam Yeo Wool. Jodoh itu tak bisa dipaksakan. Park Chung Jo sangat menykai Choi Kang Chi, tapi ia akhirnya tidak dapat memaksa supaya bisa terus bersama dengan orang yang disukainya walau ia mati-matian tetap ingin bersama. Choi Kang Chi pun demikian, ia sudah berusaha melindungi Dam Yeo Wool, tapi karena Dam Yeo Wool terkena tembakan, mereka tidak dapat hidup bersama.  Lalu, kalau sudah karmanya berbuah, setiap orang harus siap menerimanya. Contohnya di film ini adalah saat Dam Yeo Wool terkena tembakan. padahal Choi Kang Chi sudah mati-matian menjaganya. Tapi, karmanya mengatakan bahwa Dam Yeo Wool harus mati, maka ia akhirnya mati. Untuk Jo Gwan Wong juga sama, sekuat tenaga ia mempertahankan kekuasaannya, tapi akhirnya ia jatuh juga dan ia menerima akibat perbuatan jahatnya. Selain itu, ada kehidupan sesudah kematian, yaitu reinkarnasi. Untuk beberapa umat, ada yang percaya dan ada yang tidak. Tapi, saya percaya bahwa ada kelahiran sesudah kematian. Dalam film ini ada contohnya. Choi Kang Chi yang akhirnya merantau bisa hidup sampai beberapa ratus tahun karena ia adalah makhluk setengah manusia setengah siluman. Dalam hidupnya, ia bertemu dengan orang-orang dari masa lalu yang lahir kembali di dunia modern dan membawa sifat yang sama seperti pada kehidupan sebelumnya.

 

Kesimpulan tentang film ini:

Pokoknya nonton saja, deh! Film ini sangat bagus menurut saya. Seru, menegangkan, romantis, apik, dan ada lucunya juga. Pokoknya nggak bakal nyesel, deh, nonton film ini.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s