Bakti Itu Apa?

Bakti itu apa? Wajibkah kita berbakti pada orangtua, negara, agama, guru, atau yang lainnya? Bagaimana jika kita tidak atau tidak mau berbakti?

Bakti, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya tunduk dan hormat, perbuatan yang menyatakan setia (kasih, hormat, tunduk); memperhambakan diri, setia.

Sering sekali saya mendengar dan membaca kalimat: “Kita harus berbakti kepada orangtua”, “Jadilah anak yang berbakti”, atau “Jadilah warga negara yang berbakti.”

Bagaimana jika seorang anak mempunyai orangtua yang kejam? Anak tersebut sering disiksa orangtuanya. Ia kerap dipukuli dan dicaci-maki oleh ayahnya jika ayahnya sedang tertimpa musibah. Atau, seorang anak punya orangtua pemabuk/penjudi sehingga ia akan dipukuli atau dibentak-bentak oleh orangtuanya ketika mereka sedang mabuk/kalah judi, sebagai pelampiasan. Dan, lebih parah lagi orangtuanya itu sering mengambil uang anaknya. Mereka juga tak segan-segan meminta uang pada anaknya untuk membayarkan utang minuman keras atau utang kalah judinya. Pantaskah orangtua seperti itu diberi rasa bakti?

Bagaimana dengan orangtua yang menelantarkan anaknya? Anaknya dibiarkan diasuh oleh pengasuh sementara ia bekerja siang dan malam. Ibu dan ayah anak itu sama-sama bekerja dan berpikir bahwa anak akan bahagia jika semua kebutuhan materiilnya terpenuhi. Padahal yang dibutuhkan si anak adalah kasih sayang dari orangtua. Lalu, setelah anak tersebut dewasa dan orangtuanya telah renta, si anak mengirim orangtuanya ke panti jompo. Si anak itu sendiri sekarang tak punya waktu untuk mengurus orangtuanya karena ia sibuk bekerja. Pantaskah anak tersebut disebut sebagai anak tak berbakti?

Ada orangtua yang membuang anaknya ke panti asuhan. Ada pula yang hendak membunuh anaknya ketika anak masih dalam kandungan. Itu biasanya terjadi karena si anak adalah anak yang tak diinginkan atau anak hasil hubungan gelap atau karena sebab lainnya. Lalu, ada juga orangtua yang tega menjual anaknya. Ketika anak tersebut dewasa dan ia tak mengindahkan orangtuanya, pantaskah ia disebut anak durhaka dan tak berbakti?

Bicara tentang panti jompo, apakah semua anak yang memasukkan orangtuanya ke panti jompo adalah anak tak berbakti? Saya pernah membaca artikel tentang ini di Kompasiana. Seorang anak sibuk bekerja sehingga ia memasukkan orangtuanya ke panti jompo. Ia berpikir, daripada orangtuanya bengong di rumah, lebih baik orangtuanya berada di panti jompo. Di sana akan ada banyak teman, ada banyak kegiatan untuk manula, dan tentunya ada orang-orang yang mengurus para orangtua. Ada juga anak yang pada pagi hari menitip orangtuanya di panti jompo lalu ketika ia pulang kerja, ia akan menjemput orangtuanya itu. Alasannya, di panti jompo lebih aman daripada di rumah bersama pembantu. Ada juga anak yang sering disiksa oleh orangtuanya sehingga ia dendam pada mereka. Kemudian, ada anak yang berpikir karena ia dulu ditelantarkan oleh orangtuanya maka kini ia juga merasa punya hak untuk menelantarkan orangtuanya di panti jompo.

Sekarang mari beralih ke berita. Pernah ada berita di sebuah media tentang guru yang memperkosa muridnya. Ada juga berita tentang oknum sekolah yang mencabuli siswa. Ada berita tentang ibu yang menendang dan menyiksa anaknya. Lalu, ada berita ayah yang memperkosa anak. Masih banyak lagi berita-berita serupa tentang orangtua atau guru yang jahat terhadap anak. Apakah orang-orang tersebut pantas menerima bakti dari anak atau muridnya?

Mari tilik kembali arti kata bakti seperti yang dipaparkan oleh KBBI di atas, bakti adalah hormat, kasih, tunduk. Lalu, apakah orang yang perlu diberi bakti adalah orang yang patut dikasihi, ditunduki, dihormati? Silakan dijawab sendiri.

NL, 14 Mei 2014

———-
Catatan: Di sini saya sengaja tidak mengaitkan bakti dengan agama. Kalau bicara tentang agama, itu akan panjang ceritanya. Dan setiap agama pasti punya surat tersendiri yang mengajarkan tentang bakti.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s