#FF2in1 – Halley

Aku menatap kepergian Tobey. Dengan pandangan nanar kuikuti setiap langkah kakinya yang semakin lama semakin menjauh. Di ujung jalan sebuah mobil sedan berwarna silver telah menunggunya. Ia masuk ke dalam mobil itu dan mobil pun melaju dengan kencang. “Aku pergi dulu, ya. Baik-baiklah di sini, Halley,” kata Tobey sesaat sebelum kepergiannya. Aku hanya mengangguk-anggukkan kepalaku.

Satu minggu yang lalu, aku mendengar Tobey berbicara dengan orang-orang di rumahnya. Tentang ia dan keluarganya yang akan pergi ke suatu tempat. “Kita akan pergi sekitar dua bulan. Itu waktu yang lama. Pikirkan itu, Tobey! Dan, kau tidak bisa membawa Halley!” kata ibu Tobey. Aku yang saat itu sedang duduk di ruang tamu menegakkan telingaku begitu mendengar namaku disebut. ‘Tobey dan keluarganya akan berangkat? Dan, aku tidak boleh ikut?’ kataku dalam hati. ‘Oh, tidak! Selama ini, aku selalu ikut bersama mereka jika mereka bepergian ke suatu tempat. Tapi, kenapa kali ini….,’ aku tidak melanjutkan pertanyaanku dalam hati.

Sebelum percakapan tentang berangkat itu, aku sedang bercanda dengan Tobey di halaman belakang rumahnya, ayah Tobey memanggilnya masuk ke dalam rumah. Entah apa yang mereka bicarakan di dalam rumah. Lalu, tiba-tiba saja ayah Tobey keluar dari dalam rumah dan memaki-makiku. Dia melemparkan sebuah sandal ke arahku. Aku mengelak. Nyaris saja kena!

Dan, hari ini tepat tiga hari Tobey pergi meninggalkanku. Aku tak tahu apa yang sebenarnya terjadi. Mengapa ia pergi meninggalkanku? Tak ada penjelasan apapun darinya. Hanya perkataan agar aku baik-baik saja di sini. Air mataku rasanya sudah kering jika mengingat saat kepergiannya.

‘Ya, aku akan baik-baik saja, Tobey…. Dan, aku akan selalu menyayangimu, seperti sejak awal kita bertemu. Kau akan selalu di hatiku.’

Gelap. Aku tak tahan lagi.

* * *

“Hey! Hey! Ke mari! Lihat, di sini ada anjing yang mati!” teriak seseorang. Ia meneliti mayat anjing yang ditemukannya. Anjing itu memakai sebuah kalung yang bertuliskan namanya, “Halley.”

Leave a Reply

