Liputan Perlombaan STKN 2013

Mojokerto – Sarasehan dan Temu Karya Nasional 2013 merupakan wadah pertemuan pemuda Buddhis se-Indonesia. Salah satu kegiatan dalam STKN ini adalah perlombaan. Ada berbagai lomba yang diadakan dalam STKN 2013, yaitu lomba cepat tepat Buddhis, lomba cerita GABI, lomba baca Dhammapada, lomba Media Informasi dan Komunikasi, lomba catur, lomba futsal, lomba tenis meja, lomba menyanyi (Buddhayana Idol), lomba flash news, dan lomba i-blog.

Pada hari Minggu, 29 Desember 2013 ada 2 perlombaan yang dilaksanakan, yaitu lomba cerita GABI dan lomba cepat tepat Buddhis babak penyisihan sesi 1.

Lomba cerita GABI diikuti oleh 16 peserta. Masing-masing peserta lomba menampilkn cerita yang dibuat sendiri. Peserta juga membawa berbagai alat bantu untuk mendukung dalam bercerita. Dengan adanya alat bantu ini diharapkan agar penonton yang mendengarkan cerita dapat lebih mengerti jalan cerita dan agar cerita yang dipaparkan menjadi semakin menarik.

Untuk lomba Cepat Tepat, ada 17 peserta yang ikut. Oleh karena itu, dipakai sistem bye untuk mendapatkan 4 regu peserta pada saat final. Regu yang masuk dalam regu bye adalah regu yang berasal dari Lampung, yang akan bertanding melawan Jawa Barat dan Sumatera Selatan. Pemenangnya akan bertanding melawan DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Jawa Tengah pada babak final yang akan diselenggarakan pada tanggal 31 Desember 2013.

Senin, 30 Desember 2013 diadakan lomba Media Informasi dan Komunikasi (lomba membuat mading), lomba baca Dhammapada, lomba tenis meja, lomba catur, lomba futsal, lomba Dhammaduta babak penyisihan, dan lomba Buddhayana Idol.

Lomba MIK atau membuat mading diikuti oleh 17 regu dan setiap regu terdiri dari dua orang. Dalam lomba ini, banyak karya peserta yang unik. Setiap peserta membuat karya dari bahan daur ulang atau barang bekas dan mading yang dibuat adalah mading 3 dimensi.

Lomba baca Dhammapada diikuti oleh 16 peserta. Lomba catur diikuti oleh 14 peserta. Namun satu peserta mengundurkan diri sehingga regu yang bertanding menjadi 13 peserta. Lomba tenis meja diikuti oleh 16 peserta, tapi karena satu peserta mengundurkan diri, maka sisanya tinggal 15 peserta.

Untuk lomba Dhammaduta, ada 17 peserta. Dan, peserta yang lolos seleksi untuk masuk ke babak final dipilih 5 peserta terbaik. Mereka adalah peserta yang berasal dari Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Riau. Babak final diadakan tanggal 31 Desember 2013.

Lomba Buddhayana Idol diikuti oleh 16 peserta. Pagi hari tanggal 30 Desember 2013, para peserta diaudisi terlebih dahulu. Mereka diminta menyanyikan lagu Mars Buddhayana dan Mars Sekber PMVBI. Setelah itu pada malam harinya mereka mengikuti babak penyisihan dengan menyanyikan sebuah lagu pilihan. Pada babak penyisihan ini, ada peserta yang menyanyi dengan diiringi musik dari CD. Ada pula peserta yang menyanyi dengan diiringi band. Pada akhir lomba, juri memilih 6 peserta terbaik yang akan masuk ke babak final. Mereka adalah peserta dari Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, dan Jawa Tengah.

Di hari terakhir, Selasa, 31 Desember 2013, diadakan final lomba Dhammaduta, final lomba Buddhayana Idol, final lomba tenis meja, babak penyisihan sesi 2 dan final lomba cepat tepat Buddhis, serta lomba catur manusia. Pada malam harinya, acara yang dihelat adalah penutupan STKN 2013.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s