Pembukaan Sarasehan dan Temu Karya 2013

Mojokerto – Pembukaan Sarasehan dan Temu Karya Nasional 2013 dilaksanakan pada tanggal 28 Desember 2013 pukul 9.40.
Acara dibuka oleh Tarian Bedoyo Pujisusanti, yaitu tarian yang diambil dari kerajaan Mojopohit untuk menyambut anggota sangha. Tarian ini bersumber pada cerita panji pada masa kejayaan Mojopahit yang ada di Trowulan. Tarian ini mengarah pada artefak candi-candi di Mojopahit, menyatunya harmoni semesta yang terkoneksi antara Tuhan Yang Maha Esa, gusti dan alam. Ilustrasi pada kitab Negarakertagama bercorak seni etnik india karena masyarakat pada saat itu menganut ajaran Syiwa Buddha. Tarian ini adalah tari tolak bala dan penyambutan tamu agung, serta pengobatan. Tarian tersebut ditarikan oleh 5 orang.

Acara pembukaan dihadiri oleh 13 anggota sangha, di antaranya adalah Y.A Mahatera Viryanadi, Y.A. Mahathera Nyana Suryanadi, Y.A. Mahastavira Aryamaitri, Sangha perwakilan Jawa Timur Y.A. Vijjananda. Hadir pula Ketua Umum MBI (Bapak Piandi), Ketua pengurus MBI daerah Jawa Timur (Bapak Sunartono), Sekjen PMVBI (Upa. Suryanto), Ketua Sekber Jawa Timur (Desandito Mulyo).

STKN ini merupakan wadah bagi pemuda-pemudi se-Indonesia untuk berkumpul dan berkarya bersama. Ada 11 lomba yang diperlombakan dalam acara ini, yaitu Dharmaduta Buddhist, Media Informasi dan Komunikasi, Buddhayana Idol, Cepat Tepat Dharma, Seni Baca Dhammapada, Tenis Meja, Catur, STKN Flash News, i-Blogz, Bercerita GABI, dan Futsal.

Setelah tarian pembuka, acara dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh Y.A. Nyanamaitri. Kemudian disusul dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mars Buddhayana, dan Mars Sekber PMVBI oleh seluruh peserta STKN.

Acara berikutnya adalah Laporan Ketua Pelaksana STKN 2013, Saudara Harley; sambutan dari Sekjen Sekber PMVBI, Saudara Suriyanto; sambutan dari Ketua Majelis Buddhayana Indonesia, Bapak Piandi; sambutan Ketua Umum Sangha Agung Indonesia, Y.A. Mahathera Suryanadi; dan sambutan dari bapak Didik Usnul mewakili gubernur Jawa Timur.

STKN kali ini dihadiri oleh kurang lebih 600 orang dari 23 propinsi. Jumlah kontingen terbanyak berasal dari Papua dengan jumlah kontingen sebanyak 36 orang.

Pembukaan acara ditandai dengan pemukulan gong oleh Y.A. Bhante Suryanadi. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan plakat kepada Bapak Didik dari Dinas Pemuda, Olahraga dan Kebudayaan Jawa Timur, yang diserahkan oleh Bhante Vijjananda. Lalu, ada sesi foto bersama.

Acara yang sangat menarik pada pembukaan ini adalah Parade de Ville dari seluruh kontingen. Pada saat parade, setiap propinsi diwakili oleh dua orang, masing-masing putra dan putri yang mengenakan pakaian adat dari daerah masing-masing. Setiap pasangan perwakilan propinsi tersebut akan berjalan dari belakang ruangan menuju ke panggung sambil melambaikan tangan.

Acara dilanjutkan dengan foto bersama anggota Sangha. Kemudian serah terima piala juara, diiringi lagu The Power is In You. Lagu tersebut dinyanyikan oleh Buddhist Idol 2013.

Foto bersama dengan umat Hindu dari Bali.

Untuk meresmikan pembukaan acara, maka dilaksanakan pemasangan tanda peserta kepada dua orang wakil peserta. Perwakilan peserta diwakili oleh tuan rumah sendiri, yaitu dari Jawa Timur, Metta dan William. Dan pembacaan janji peserta dipandu oleh Saudara Edi Jhonson.

Berikutnya adalah penyalaan api pembukaan oleh Ketua Sekber PMVBI.

Di akhir acara, setiap propinsi berfoto bersama.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s