Kuliner Lebaran Ala Kami

Idul Fitri telah tiba. Takbir berkumandang di mana-mana. Setiap daerah pasti punya tradisi masing-masing dalam merayakan hari yang fitri ini. Di dekat rumah saya Idul Fitri, atau yang dikenal sebagai Lebaran, dirayakan dengan bermain kembang api di malam takbiran. Pada hari H-nya, setelah sholat Ied, biasanya ada silaturahmi ke rumah kerabat dan sahabat.

Dalam merayakan Lebaran, biasanya akan disediakan hidangan khas Lebaran. Lain daerah, lain pula hidangannya. Walaupun saya bukan muslim, tapi hampir setiap tahun di rumah saya selalu disediakan kuliner khas Lebaran. Berikut ini adalah makanan-makanan yang biasanya ada di rumah saya saat Lebaran:

1. Ketupat

IMG-20130807-02052

Biasanya ibu saya membeli ketupat (daun yang sudah dibentuk ketupat) di pasar. Lalu, beliau akan membuat ketupatnya (diisi beras lalu dimasak) di rumah. Untuk memasak ketupat ini cukup lama, sekitar 6 jam.

2. Kuah Kuning

IMG-20130807-02072

Ini adalah kuah ketupat, dibuat dari santan dan bumbu kuah ketupat. Ibu saya membeli bumbu kuah ketupat di pasar, lalu di masak di rumah. Jaman sekarang tidak perlu repot-repot menumbuk bumbu sendiri, tinggal bilang ‘judul’ bumbunya pada pedagang di pasar, nanti di rumah bisa langsung masak.

3. Celimpungan

IMG-20130807-02057

Ini adalah makanan khas di daerah saya. Celimpungan terbuat dari daging ikan gabus yang sudah digiling lalu diberi air, garam, dan vetsin. Kemudian dicampur dengan sagu. Setelah adonannya kental, adonan tersebut dibentuk bulat-bulat dan direbus. Celimpungan ini dimasukkan ke dalam kuah kuning untuk dimakan dengan ketupat.

4. Sambal Buncis

IMG-20130807-02069

Seperti namanya yang mengandung kata buncis, makanan ini adalah sayur buncis yang ada kuah santannya. Rasanya agak pedas. Sayur ini bisa juga ditambah sedikit petai. Tapi, kalau tidak mau pakai petai, tidak mengubah rasanya.

5. Sambal Godok atau Lontong Sayur

IMG-20130807-02070Kalau di tempat saya, sayur ini namanya sambal godok. Makanan ini terdiri dari sayuran kacang panjang, kubis, dan terong, yang diberi kuah santan dan rasanya agak pedas. Biasanya di daerah lain disebut lontong sayur.

6. Rendang

IMG-20130807-02068 Rendang ini terbuat dari daging sapi yang dicampur bumbu rendang dan santan.

7. Ayam Goreng IMG-20130807-02071

Ayam goreng ini bukan ayam goreng biasa. Tapi, ia diberi bumbu kunyit supaya lebih mantap rasanya. Makannya lebih enak ketika baru digoreng. Rasanya krenyes-krenyes asyik.

8. Sambal Cengeh

IMG-20130807-02059 Sambal ini juga sambal khas di rumah saya. Bahan pembuatannya terdiri dari cabe besar yang ditumbuk halus lalu ditambah sedikit air asam, gula pasir, dan udang kering. Saat memasak sambal ini, tambahkan sedikit daun salam supaya rasanya lebih enak.

9. Kue Kering

IMG-20130807-02076 Kue kering nastar dan skipi biasanya selalu ada di rumah jika Lebaran tiba. Tahun ini, saya membuat Raisin Cheese Cookies sebagai tambahan kuliner untuk menyambut Lebaran.

Nah, teman-teman, semoga ulasan di atas bisa menambah wawasan tentang kuliner.

idul fitri 2013 Selamat merayakan Idul Fitri buat semua teman-teman yang merayakannya. Minal Aidin Wal Faidzin. Mohon maaf lahir dan batin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s