Yang Sebaiknya Diperhatikan Dalam Memberi Dana/Bantuan

Hari ini saya dan rekan kerja mengadakan survey ke Panti Asuhan, karena beberapa minggu lagi tempat kerja kami akan mengadakan kunjungan ke panti asuhan. Di Panti Asuhan itu, kami menanyakan jumlah anak-anak yang ada. Setelah itu, teman saya menanyakan barang apa saja yang dibutuhkan oleh panti asuhan itu. Di sinilah suatu pembelajaran saya dapatkan.

 

Sebelum hari ini, dari semua kegiatan kunjungan ke panti asuhan atau panti jompo yang saya ikuti, tak ada satupun yang bertanya barang apa yang dibutuhkan oleh panti yang akan dikunjungi. Biasanya, jika ada acara berkunjung ke tempat tersebut, barang yang diberi pasti sembako atau pakaian bekas. Jarang ada barang lain selain itu. Bisa dibayangkan jika dalam sebulan, dari beberapa orang yang berkunjung ke panti, semuanya memberikan sembako dan pakaian bekas. Wah, numpuk, dong, sembako dan pakaian bekasnya. Memang, sih, yang memberi itu ikhlas. Tapi, kasihan juga kan orang-orang di panti itu, padahal pasti ada barang lain yang benar-benar mereka butuhkan daripada sembako atau pakaian bekas.

 

Kalau dipikir, benar juga ide teman saya menanyakan barang apa yang dibutuhkan. Dan, memang begitulah sebaiknya dalam memberikan dana/bantuan. Dari kisah di atas, dapat disimpulkan apa saja yang sebaiknya diperhatikan dalam memberi dana/bantuan:

 

1.    Berilah pada tempatnya.

Sebaiknya memberi kepada orang yang benar-benar membutuhkan, bukan kepada orang yang jelas-jelas malas bekerja padahal ia mampu bekerja.

 

2.    Berikan barang yang dibutuhkan.

Supaya tidak mubazir, berikan barang yang memang benar-benar dibutuhkan, bukan ‘asal memberi’, atau ‘yang penting sudah memberi’.

 

3.    Berilah dengan ikhlas.

Ini adalah hal yang sangat penting, ikhlas. Dalam memberi sebaiknya bukan untuk ‘cari nama’ atau biar dapat pahala, tapi memang karena ada niat untuk membantu, atau ada niat untuk  mengurangi ‘penderitaan’ orang lain. Ingatlah lirik lagu Kasih Ibu, ‘hanya memberi, tak harap kembali.’

 

 

Semoga bermanfaat.

 

Catatan: Jika Anda ingin menambahkan, dipersilakan. Terima kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s