Komunikasi Itu Penting

Pilih mana: “Orang langsung bicara padamu atau Orang membicarakanmu dari belakang”?

Ini adalah suatu pembelajaran yang saya dapat hari ini, tepatnya dalam beberapa hari ini, yaitu betapa pentingnya komunikasi itu. Maksudnya di sini adalah komunikasi untuk memberitahukan apa yang mengganjal di hati. Misalnya, jika kita tidak suka dengan kelakuan teman.

Contoh sederhananya seperti ini, si A tidak suka dengan kelakuan si B yang malas. Daripada si A membicarakan tentang kelakuan si B pada orang lain, bukankah si A lebih baik memberitahu langsung pada si B bahwa ia tak senang dengan kemalasan itu? Jika membicarakan si B dari belakang, bukankah tidak membawa kemajuan bagi si B? Si B tetap malas, dan si A akan dongkol terus-menerus. Apalagi jika tidak membicarakannya, disimpan dalam hati maka akan makan hati. Jika menyindir dengan menulis status di FB, Twitter, atau status jejaring sosial lainnya, bukankah itu malah tidak baik kesannya? Jika langsung memberi tahu si B, itu bermanfaat bagi si B karena ia bisa tahu apa salahnya. Juga, bermanfaat bagi si A, karena dengan memberi tahu si B, ia sudah berbuat baik bagi si B, membawa kemajuan bagi B.

Dan, menurut yang saya dengar dari ceramah di vihara, Buddha mengajarkan bahwa ada cara berkomunikasi yang tepat untuk memberitahu kesalahan seseorang, yaitu dengan kesabaran dan cinta kasih, mencari waktu dan tempat yang tepat. Berbicara dengan sabar dan cinta kasih itu penting. Itu artinya kita tidak menghakimin tidak marah-marah, dan tidak kasar saat berbicara. Bukankah suara yang lembut dan penuh kesabaran lebih enak didengar daripada kata-kata makian dan bentakan? Waktu yang tepat misalnya saat sedang senggang atau saat masing-masing tidak ada kesibukan. Dan, tempat yang tepat yaitu tidak membicarakan di muka umum.

Nah, semoga ulasan ini bermanfaat bagi kita semua.
Semoga saya bisa berkomunikasi dengan penuh kesabaran, berkomunikasi dengan baik.
Semoga kita semua bisa belajar komunikasi yang baik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s