Tegaslah!

Ada suatu pembelajaran hari ini, yaitu: TEGASLAH!

Dikatakan oleh my Mom, jadi orang, tuh, harus tegas. Kalau YA, bilang ya. Kalau TIDAK, bilang tidak. Kalau MAU bilang mau. Kalau TIDAK MAU bilang tidak mau. Kalau BISA bilang bisa. Kalau TIDAK BISA bilang tidak bisa.

Contohnya, ada orang memberikan pekerjaan. Dia bertanya, “Kamu bisa nggak mengerjakan pekerjaan ini?”
Seharusnya, jika bisa kerjakan, bilang YA. Jika tidak bisa kerjakan, bikang TIDAK. Jangan sampai ada perasaan tidak enak karena orang tersebut adalah saudara, padahal kerjaan sendiri begitu menumpuk. Kalau masih bisa kerjakan dan ada waktu, bilang ya nggak apa-apa. Tapi kalau tidak ada waktu dan menerima kerjaan, itu namanya menyusahkan diri sendiri.

Contoh lain misalnya, ada sepupu meminta ditemani pergi ke pasar besok pagi, padahal besok ada pekerjaan yang harus dikerjakan. Kadang ada perasaan ragu karena yang meminta adalah sepupu. Tapi juga jangan membuat sepupu bingung dengan mengatakan: “Nanti lihat besok ya.” Dengan mengatakan nanti lihat besok itu artinya pernyataan mengambang. Membuat orang bingung. Kasihan, kan, sepupu itu. Padahal, jika bilang tidak, dia bisa mengajak saudara yang lain. Kalau membuat pernyataan mengambang, bagaimana si sepupu ini, jadi pergi atau tidak dan siapa yang akan temani dia karena kita tak ada kepastian.

Kembali lagi pada ketegasan. Dalam mengambil suatu keputusan YA atau TIDAK, semua pasti ada resikonya. Tinggal diri sendiri yang menimbang-nimbang. Jika memang tidak dapat segera memutuskan, baiknya meminta waktu untuk berpikir. Tapi, jangan kelamaan, ya, karena orang menunggu-nunggu keputusan dari kita. Dan, menunggu itu (bagi sebagian besar orang) sangatlah tidak menyenangkan!

Jadi, mari belajar untuk TEGAS!

(ง’̀⌣’́)ง

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s