Matematika: Apa Gunanya?

A mendekati B yang tampaknya sedang serius mengerjakan sesuatu di mejanya. Buku, pena, pensil, penggaris, dan penghapus tampak berhamburan di hadapan B. Saat A mendekati B, B tidak bergeming.

“Eh, kamu kok serius banget, sih? Lagi ngerjain apa?”

“Biasa… Lagi ngerjain pe-er matematika…”

“Wah, matematika? Kok kamu sepertinya suka sekali sama pelajaran itu? Setiap hari aku lihat kamu berkutat dengan buku-buku matematika.”

“Ya, suka aja… Matematika itu mengasyikkan, lho! Mengerjakan soal-soal hitungan seperti ini membuat otak jadi berpikir mencari solusi dari soal. Dan, mengutak-atik angka itu sangat menyenangkan.”

“Oh, begitu… Kalau aku, sih, nggak suka sama matematika. Membingungkan! Nggak terpakai dalam kehidupan juga, sih…”

“Eh, jangan salah… Justru matematika itu selalu dipakai dalam kehidupan sehari-hari, lho! Memang, tidak semua bab pelajaran matematika kita pakai dalam keseharian. Tapi, matematika itu penting!”

“Contohnya??”

“Dalam keseharian, pasti ada menghitung, kan? Tambah, kurang, kali, bagi… Bukankah itu matematika? Lalu, kalau kita pergi ke toko dan membeli barang yang ada diskonnya, bukankah kita harus menghitung juga harga diskonnya? Dan masih banyak lagi bidang-bidang yang menggunakan matematika, seperti menghitung luas tanah, laba-rugi, pajak, dan lain-lain.”

“Hmmm… Betul juga. Kirain matematika nggak ada gunanya…”

———
Matematika kadang bikin galau… (_ _”)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s