Anda Percaya Ramalan?

Tukang ramal itu banyak jenisnya. Yang saya tahu, ada tukang ramal garis tangan, tukang ramal bentuk rupa orang, tukang ramal yang katanya dapat bisikan dari dewa, tukang cotang (biasanya ada di kelenteng, dia bisa dirasuki makhluk halus dan bicara dengan lain suara), tukang ramal yang meramal dengan cara lihat buku, tukang kuamia (biasanya ada di kelenteng), tukang ramal pakai kartu (misal kartu tarot), tukang ramal zodiak, tukang ramal fengshui, dan tukang ramal yang dari sononya bisa meramal karena berlatih meditasi. Itu yang saya tahu saja, lho. Mungkin masih banyak jenis lainnya.

Yang ingin saya bahas di sini adalah: “Apa yang terjadi jika semua umat manusia percaya pada tukang ramal?”

Jika semua umat manusia percaya pada tukang ramal:

1. Tempat ibadah bakal tutup.
Karena tukang ramal tahu setan-setan atau orang jahat apa yang akan mengganggu kamu. Dia bisa kasih kamu solusi untuk mengatasi bencana itu. Kalau begitu, masih perlu minta tolong sama yang di atas?

2. Semua manusia bakalan berhura-hura-ria dan makin banyak tempat hiburan.
Karena tukang ramal tahu kapan kamu akan mati dan apa penyebab kematiannya. Jadi, mumpung masih bisa hura-hura, ya hura-hura dan senang-senang. Nanti begitu waktu kematian sudah dekat, tinggal siap-siap saja. #Eh, hebat benar ya si tukang ramal ini. Sejak kapan Tuhan punya asisten buat kasih tahu kita kapan kita akan mati??

3. Notaris bakal kebanjiran order buat surat wasiat.
Karena tukang ramal sudah kasih tahu kamu kapan kamu mati. Jadi kamu bisa siap-siap warisanmu akan diberi kepada siapa. Hati-hati, pilih orang yang bener ya! 😀

4. Tanah kuburan, peti mati, dan rumah duka semuanya bakalan full booked.
Karena itu tadi, sudah dikasih tahu oleh tukang ramal. Jadi dari sekarang kamu bisa booking tanah dulu, pesan peti yang bagus, kalau perlu bisa request ke sanak-keluarga nanti mau dibacakan doa apa kalau kamu mati.

5. Rumah sakit, apotik, dan dokter bakal nggak laku.
Karena tukang ramal juga tahu penyakitmu. Nanti dia kasih kamu kertas yang dibakar, kamu minum, dan… Tadaaa!! Sembuh, deh! Jadi, nggak perlu ke dokter, cek darah, rontgen, dan pergi ke apotik, plus bayar biayanya yang harganya selangit!

6. Polisi bakalan jadi pengangguran.
Karena tukang ramal bisa kasih tahu kamu di mana barang kamu yang hilang dicuri orang. Dia juga bisa kasih tahu kamu di mana orang yang hilang. Bahkan dia bisa komunikasi sama arwah, seandainya orang yang kamu cari itu sudah ‘nggak ada’!! Kamu nggak perlu cari polisi lagi, deh!

7. Orang jahat bakal tambah banyak.
Karena tukang ramal bisa kasih kamu solusi untuk bayar ‘hutang’ alias buang sial. Jadi, kalau hari ini kamu mencuri (itu kan artinya kamu ‘berhutang’), kamu tinggal pergi ke tukang ramal. Nanti dia bisa suruh kamu bayar (katakanlah minyak), dan setelah itu ‘hutang’mu lunas. Habis perkara. Enak banget, deh!

8. Pabrik farmasi bakalan tutup.
Karena tukang ramal bisa kasih kamu obat dari kertas yang dibakar lalu kamu minum. Jadi, obat-obat tablet, sirup, dan lain-lain itu nggak perlu lagi.

9. Pohon-pohon dijamin bakalan semakin habis.
Karena tukang ramal perlu kertas yang sangat banyak buat ngobatin pasien-pasien yang datang berobat. Otomatis akan banyak pohon yang ditebang untuk dibuat jadi kertas obat. #Waduh! Mana, nih, aktivis Go-Green?? Di masa depan nulis di atas angin aja, kali yah. Karena kertasnya dipakai untuk obat. 😀

Nah, enak, kan, kalau percaya tukang ramal?? #Nyindir

Tapi, kenyataannya…

“HIDUP INI TIDAK SEMUDAH COCOTNYA TUKANG RAMAL!!”

Bukankah dalam hidup ini ada hukum yang sudah pasti:

“Apa yang kamu dapat hari ini adalah hasil dari perbuatanmu pada masa lampau. Dan, apa yang kamu lakukan hari ini akan menentukan apa yang akan kamu dapat pada masa yang akan datang.”

Lalu, kenapa harus percaya pada tukang ramal yang jelas-jelas omongannya itu tidak bisa 100 persen dipercaya. Masa, sih, dengan bayar sesuatu (katakanlah minyak) maka sial bisa dibuang? Apakah jika sudah bayar barang tersebut maka hidup kita akan 100 persen hepi terus? Apakah dengan minum kertas yang dibakar maka penyakit kita 100 persen lenyap? Apakah tukang ramal itu adalah utusan Tuhan sehingga bisa tahu berapa umur manusia?

Yang menjalankan hidup ini, kan, kita sendiri. Kita sendiri yang bertanggung-jawab atas hidup kita. Kalau ingin kehidupan jadi lebih baik, ya sekarang harus banyak-banyak berbuat baik. Jadi, kita harus percaya diri, dong! Yakinlah pada diri sendiri!!

So, masih percaya sama tukang ramal??

Itu terserah Anda, karena pilihan ada di tangan Anda. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s