Lingkunganmu Mempengaruhi Siapa Dirimu

Ngeladeni orang gila, kita bisa ikut gila.
Ngeladeni orang stress, kita ikut stress.
Ngeladeni orang pandai, kita dapat ilmu pengetahuan sehingga kita bisa ikut pandai.

Sama halnya dengan lingkungan. Jika lingkungan sekitar kita adalah orang-orang tukang gosip, setidaknya kita juga ikut-ikutan jadi tukang gosip. Jika lingkungan sekitar kita adalah orang-orang yang suka berbicara kasar, kita juga bisa terbawa-bawa jadi orang kasar. Jika lingkungan sekitar kita banyak orang jahatnya, nama kita jadi ikut-ikutan terbawa-bawa jadi orang jahat, walaupun sebenarnya kita bukan orang jahat.

Jika lingkungan kita adalah orang-orang baik maka kita bisa ikut-ikutan jadi orang baik. Jika lingkungan sekitar kita adalah orang-orang yang suka olahraga, kita bisa terbawa-bawa jadi suka olahraga juga.

Memang, semua itu tergantung bagaimana kita membawa diri; apakah mau mengikuti arus atau tetap menjadi diri sendiri. Tetapi, bagaimanapun juga, dan percaya nggak percaya, tetap saja lingkungan kita mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap kita. Dan perlu diingat bahwa, menarik orang dari atas ke bawah itu lebih mudah daripada menarik orang yang di bawah untuk ke atas. Nggak percaya? Buktikan sendiri! 😀 Artinya, untuk terpengaruh oleh hal-hal buruk itu lebih mudah daripada mempengaruhi orang-orang yang sudah buruk sifatnya untuk menjadi baik.

Di sini, saya mengutip sedikit sabda Buddha dari Manggala Sutta:
“Tak bergaul dengan mereka yang tak bijaksana, dan memilih bergaul dengan mereka yang bijaksana… Itulah Berkah Termulia.”

Jadi, jika lingkungan Anda adalah orang-orang baik dan bijaksana, pertahankanlah itu. Dan, jika lingkungan Anda adalah orang-orang yang sifatnya buruk, sebisa mungkin hindarilah terlalu sering bergaul dengan mereka. Pilihan ada di tangan Anda: ingin jadi orang baik atau jadi orang yang tidak baik atau jadi orang baik tetapi mendapat cap buruk gara-gara lingkungan Anda. Anda yang menentukan pilihannya.

Semoga bermanfaat.
(_/|_)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s