Hanya Memberi

Salah satu tema yang selalu menarik untuk dibicarakan adalah tentang cinta. Kali ini yang saya bahas adalah tentang “Hanya Memberi”.

Jika seseorang jatuh cinta, pasti ia menginginkan orang yang disukai itu menjadi miliknya. Dan kata Motivator Super, Pak Mario Teguh, kalau cinta tak harus memiliki itu artinya bohong! Saya setuju dengan Pak Mario, cinta itu harus memiliki. Tapi masalahnya adalah bagaimana jika harapan untuk memiliki itu sangat jauh?

Saya sendiri merasa, jika mencintai seseorang, kita ingin agar orang itu membalas cinta kita. Apa yang kita lakukan terhadap orang itu, kita pasti mengharapkan orang itu melakukan hal yang sama terhadap kita. Jika dia tidak membalas perhatian kita, maka yang ada adalah perasaan kecewa, sedih, kesal, dan perasaan terabaikan. Lalu, akhirnya kita merasa tidak bahagia. Bagaimana supaya kita tidak merasa sedih jika perhatian kita tak dibalas? Bagaimana jika akhirnya cinta kita bertepuk sebelah tangan?

Anda semua pasti pernah mendengar lagu Kasih Ibu. Salah satu baitnya berbunyi seperti ini:

…hanya memberi, tak harap kembali. Bagai Sang Surya menyinari dunia…

Ya, begitulah seharusnya jika kita tidak ingin kecewa saat mencintai seseorang; apa yang kita berikan, tak perlu kita harapkan kembalinya. Dengan demikian, tidak ada lagi perasaan terabaikan, sedih, ataupun kecewa. Kita memberi pada orang yang kita cintai, entah itu perhatian ataupun memberi sesuatu, berikanlah tanpa mengharapkan imbalan. Kita memberi karena kita sayang, karena kita ingin agar orang tersebut bahagia. Dengan memberi tanpa mengharapkan apapun, maka hati kita pun akan bahagia. Hidup kita menjadi lebih bermakna.

So, selamat memberi!
Semoga berbahagia!
πŸ™‚

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s