Berhenti Mengeluh! Lakukan Sesuatu!

Saya sering membaca status teman-teman di Facebook, di Twitter, dan di Blackberry Messenger. Pada umumnya, orang-orang senang sekali menuliskan keluhan ataupun permasalahan dalam hidupnya. Dalam dunia nyata pun tak jarang kita jumpai orang-orang yang sering mengeluh, mulai dari gaji tidak sesuai, sering lembur, jalanan macet, cuaca panas, hujan, banjir, istri cerewet, suami egois, anak-anak malas, orangtua pengatur, dan sebagainya.

Masalahnya, apa dampak yang kita terima jika terlalu sering mendengar, membaca dan mendapat keluhan dari orang?

Ini yang saya alami sendiri beberapa waktu yang lalu.

Pada suatu waktu yang senggang, saat saya tidak ada pekerjaan yang harus dikerjakan, saya membuka Facebook dan Twitter. Di sana, saya melihat banyak sekali teman yang mengeluh tentang kehidupan mereka. Tak lama kemudian, seorang teman datang kepada saya mengeluhkan tentang pekerjaannya. Lalu, ketika saya pulang ke rumah, saya mendengar keluhan orang-orang di rumah tentang hal-hal yang sebenarnya sangat remeh. Dan yang terakhir, saya membaca koran dan membaca tentang keluhan bakal naiknya harga BBM. Semua keluhan dari pagi sampai malam itu cukup membuat saya stress! Dan akhirnya, hari itu saya sakit kepala!!

Anda lihat? Karena keluhan-keluhan itu merupakan kata-kata yang negatif, maka orang yang mendengarkannya akan menerima dampak negatif pula.

Bukannya kita tidak boleh mengeluh, tapi sebisa mungkin kita menguranginya. Saya pun belajar untuk mengurangi berkeluh-kesah.

Saya pikir, daripada berkeluh-kesah lebih baik kita melakukan sesuatu, mencari cara agar masalah yang kita keluhkan itu segera teratasi. Lalu, sebisa mungkin kita menggunakan kata-kata positif yang bisa memotivasi diri kita. Jika menggunakan kata-kata positif yang memotivasi maka dengan sendirinya hidup kita akan menjadi positif pula. Hidup menjadi lebih baik dan kita akan selalu merasa hepi.

So guys, let’s use positive words to make our life get better!
Sigh less, do something! Take action!

Tetap semangat!!

Leave a Reply

