Tak Ada Masalah Tak ada Bahan Pembicaraan

Hidup siapa yang nggak ada masalahnya?
Nggak ada toh?

Semua orang pasti punya masalah, entah itu masalah besar atau masalah kecil. Lalu, mengapa orang-orang sering mengeluh jika tertimpa masalah? Bahkan ada yang sampai melebih-lebihkan atau membesar-besarkan masalah. Jawabnya hanya satu: “Supaya ada bahan pembicaraan.”

Anda nggak percaya? Mari saya beri contoh.
Coba ambil koran, lalu baca. Apa yang Anda baca, itulah masalahnya. Apa yang diberitakan di koran adalah masalah dalam kehidupan.
Lalu, nyalakan televisi. Apa yang diberitakan di sana, semuanya adalah masalah.

Kalau tak ada masalah, bagaimana wartawan bisa dapat duit, bagaimana kita bisa membaca koran, bagaimana kita bisa menonton televisi?? Apa jadinya hidup kita jika semuanya berjalan lurus, aman, tenteram, dan damai? Pasti membosankan sekali ya.

Memang, sih, nggak ada orang yang mau tertimpa masalah. Maunya hidup ini aman-aman dan damai-damai saja. Tapi, kalau memang lagi ada masalah, ya kita harus hadapi, dong. Selesaikan masalah tersebut, maka setelah itu selesai hidup kita akan kembali damai.

Jadi, jangan takut jika kita tertimpa suatu masalah. Bersyukurlah jika kita punya masalah, karena dengan demikian kita punya sesuatu untuk diceritakan kepada orang lain. Dengan adanya masalah, kita bisa bertumbuh menjadi pribadi yang lebih dewasa dan bijaksana. Yang penting, kita tidak berlarut-larut dalam masalah tersebut dan segera mencari jalan keluar dari masalah yang kita alami.

Tetap semangat!!

Advertisements

4 thoughts on “Tak Ada Masalah Tak ada Bahan Pembicaraan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s