Mulutmu Harimaumu!

Berbahagialah Anda yang bisa berbicara. Dengan berbicara, Anda bisa berkomunikasi dan bercerita dengan keluarga, teman, bahkan dengan orang yang tidak Anda kenal. Hendaknya kita semua bersyukur karena bisa berbicara. Coba bayangkan jika Anda tidak bisa bicara alias bisu. Anda tentu akan sulit berkomunikasi dengan orang lain bukan.

Hendaknya kita menggunakan mulut untuk berbicara yang baik-baik dan tidak menyinggung perasaan orang lain. Tapi, bagaimana jika mulut tersebut tidak digunakan sebagaimana mestinya? Misalnya, digunakan untuk mengucapkan kata-kata kasar, berbohong, mengolok-olok teman, berkata yang dapat menyinggung perasaan orang lain atau memfitnah orang. Wah, tentunya tidak ada orang yang suka berteman dengan orang tersebut.

Memang, mengendalikan mulut adalah hal yang sangat sangat sulit. Kadang kala, jika kita sedang emosi dengan seseorang, kita pasti tidak bisa sabar sehingga kita mengeluarkan kata-kata makian. Apalagi jika kita sangat membenci orang tersebut, bahkan penghuni kebun binatang pun ikut-ikutan disebut. Akibatnya orang yang dimakipun akan benci dengan kita, bahkan hal tersebut bisa mengakibatkan perkelahian. Dalam pergaulan sehari-hari pun kadangkala secara sadar atau tidak kita suka mengolok-olok atau memberi julukan pada teman kita, misalnya teman yang gemuk dikatakan Doraemon, atau teman yang pendek dikatakan Si Mini, dan sebagainya. Memangnya bentuk fisik yang seperti itu adalah keinginan mereka? Mungkin mereka tidak marah karena menganggap julukan tersebut hanya lelucon. Tapi, tetap saja hal itu membuat mereka sedikit minder atau tidak percaya diri. Jika Anda berada di posisi teman tersebut, diolok-olok dan diberi julukan yang jelek, Anda mau? Tentu tidak kan.. Selain itu, mungkin Anda pernah membaca berita di koran tentang pembunuhan yang diakibatkan oleh kata-kata. Lihatlah, satu kata makian dapat menghilangkan nyawa manusia. Tragis bukan? Tak heran jika ada pepatah “mulutmu harimaumu!” Maksudnya adalah jagalah ucapanmu.

Dari beberapa contoh di atas, kita sudah melihat betapa hebatnya ucapan yang keluar dari sebuah mulut! Jika kita sudah tahu apa yang dapat diakibatkan oleh ucapan yang keluar dari mulut kita, hendaknya kita selalu menjaga ucapan kita. Saya pun juga sedang berlatih menjaga ucapan. Mari kita bersama-sama berlatih dan ingatlah, MULUTMU HARIMAUMU!!

Semoga bermanfaat!
(^_^)v

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s