[Review Buku] All the Missing Girls

Sinopsis:
Nicolette Farrel adalah seorang perempuan berusia 28 tahun dan tinggal di Philadelphia. Suatu hari ia mendapatkan surat dari ayahnya yang mengatakan bahwa ayahnya melihat “gadis itu”. Ayah Nic yang tinggal di Cooley Ridge, kota kecil di North Carolina, menderita sakit pikun. Kadang-kadang ia tidak ingat apapun, namun ia bisa saja menjadi normal kembali. Nic dan Daniel, kakaknya, memasukkan ayah mereka di rumah sakit setahun yang lalu. Biaya rumah sakit cukup besar sehingga Daniel meminta Nic pulang untuk mengurus rumah ayah mereka dan bermaksud untuk menjualnya.

Nic sudah bertunangan dengan seorang pengacara bernama Everette. Ia sebenarnya enggan untuk pulang ke kota kelahirannya di Cooley Ridge. Sepuluh tahun yang lalu ada kejadian yang mencekam di sana. Sahabat Nic, Corinne, hilang. Tidak ada yang melihatnya, semua orang menyimpan rahasia.

Setelah Nic kembali ke kampung halamannya, seorang gadis hilang lagi. Tanpa jejak. Tanpa mayat. Sama seperti kejadian sepuluh tahun yang lalu. Gadis itu tinggal di belakang rumah Nic. Ada hutan di belakang rumah Nic, dan rumah gadis itu ada di seberang hutan.

Hutan di belakang itu menyeramkan. Ada cerita-cerita tentang monster. Ada juga gua tersembunyi di sana. Rumah lama Nic terasa aneh, pintu belakangnya tidak bisa dikunci. Nic merasa tertekan, bahkan ketika tunangannya tiba-tiba datang ke sana.

Polisi menanyai semua orang, termasuk ayah Nic yang sedang sakit pikirannya. Nic tidak menyukai tidakan polisi-polisi tersebut. Ia berusaha mencari tahu.

Komentar:
Cerita di buku ini alurnya kebanyakan alur mundur. Bab pertama adalah kisah sekarang. Bab berikutnya adalah kisah sehari sebelumnya, sehari sebelumnya, dan seterusnya. Lalu di akhir barulah kembali ke masa sekarang. Walaupun demikian, bacanya tidak membingungkan. Malah bikin penasaran. Sebenarnya apa yang terjadi? Ceritanya bikin geregetan!

Makin ke belakang, makin terbuka rahasia-rahasia kebenaran. Dan… ting tong! Tak terduga!

Sebenarnya pengen spoiler, tapi nanti yang baca jadi nggak seru lagi.

Rating:
8/10

Informasi Buku:
Judul Buku: All the Missing Girls
Pengarang: Megan Miranda
Penerbit: Penerbit Noura (PT Mizan Publika)
Genre: Thriller, mystery
Jumlah Halaman: 490 halaman
ISBN: 978-602-385-283-3

[Review Buku] Central Park

Sinopsis:
Alice Scafer adalah seorang kapten divisi kriminal kepolisian Paris. Suatu malam ia menghabiskan waktu dengan teman-temannya di Paris untuk minum-minum. Namun kemudian… suatu pagi ia terbangun di Central Park, New York. Tangannya terborgol dengan tangan seorang laki-laki. Ia mengaku bernama Gabriel Keyne, seorang pianis jazz yang tinggal di Los Angeles. Gabriel mengaku bahwa ia sebelumnya bermain musik dengan musisi lainnya di Dublin.

Kedua orang tersebut tidak mengetahui apa yang menyebabkan mereka terborgol satu sama lain di kota yang berbeda dari asal mereka. Mereka berdua mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Alice yang merupakan detektif menggunakan kepandaiannya dalam menganalisis. Ia tidak memiliki apapun, begitu pula dengan Gabriel. Jadi mereka menggunakan apa saja yang ada untuk mengungkapkan apa sebenarnya yang terjadi. Mereka dituntun kepada peristiwa pembunuhan dua tahun yang lalu.

Dua tahun yang lalu ada beberapa kasus pembunuhan di Paris. Divisi tempat Alice bekerja diminta untuk menyelesaikan kasus tersebut. Korban pembunuhan adalah wanita-wanita single atau wanita bercerai yang tinggal sendirian. Saat itu Alice menduga bahwa para korban adalah korban pembunuhan berantai.

Alice mengingat kejadian dua tahun lalu. Ia menduga bahwa terdamparnya ia dan Gabriel di Central Park berkaitan dengan kasus pembunuhan berantai dua tahun lalu. Petualangan dimulai. Banyak hal-hal tak terduga yang muncul saat Alice menyelidiki kasus yang dialaminya di New York.

Komentar:
Novel ini keren banget!! Sumpah dari awal hingga akhir isinya plot twist. Benar-benar nggak terduga. Awalnya aku menyangka si A orang jahat. Motifnya adalah X. Setelah baca-baca, ternyata salah. Aku menduga lagi pasti kejadiannya begini-begitu. Eh, salah lagi. Sampai akhir baru tahu ternyata ada hal besar lainnya yang menunggu.

Alur cerita di buku ini maju mundur. Trus sudut pandangnya juga berubah-ubah. Tapi bacanya tetap seru dan nggak bakal bikin bingung. Yang bikin bingung sebenarnya adalah penjelasan tentang kota-kota yang dikunjungi Alice. Beneran nggak nyambung karena nggak pernah tahu sama sekali. Misalnya, ada cerita tentang sebuah kota di Paris. Jalannya begini begitu, ada gedung ini dan gedung itu. Di New York, kota bagian anu jalannya begini begitu, gedungnya begini begitu, ada orang ini orang itu. Sungguh saya pusing karena sama sekali nggak dapet bayangannya.

Walaupun demikian ceritanya seru. Pembaca diajak seolah-olah mengalami apa yang dirasakan oleh tokoh cerita. Oh ya, pas baca buku ini aku juga nonton drakor berjudul Love is Annoying But I Hate Being Lonely. Ada bagian yang mirip dengan buku ini. Ada psikiater yang menyembuhkan pasien dengan metode psikoanalisis, yaitu dengan bermain peran. Jadi tambah pengetahuan setelah baca buku ini.

Quotes Favorit:
Ada saat-saat langka ketika pintu terbuka dan hidup menawarkan sebuah pertemuan yang tidak pernah lagi kau tunggu-tunggu. Pertemuan dengan seseorang yang melengkapimu, yang menerimamu apa adanya, sebagai pribadi secara keseluruhan, yang mengetahui dan menerima kontradiksimu, ketakutanmu, dendammu, amarahmu, hal-hal gelap yang mengalir dalam pikiranmu. Dan, yang menenangkan semuanya. Seseorang yang memberimu cermin dan kau tidak takut lagi melihat dirimu sendiri. ~hlm.83.

Monster itu nyata, hantu juga…. Mereka tinggal dalam diri kita, dan terkadang mereka menang. ~Stephen King. Hlm.160

Ada cobaan berat yang tidak pernah benar-benar bisa kita lupakan, tapi kita berhasil bertahan melewatinya, terlepas dari semuanya. ~hlm.244

Rating:
9/10

Informasi Buku:
Judul Buku: Central Park
Pengarang: Guillaume Musso
Penerbit: Penerbit Spring
Genre: thriller, mystery
Tahun Terbit: 2019
Jumlah Halaman: 328 halaman
ISBN: 978-602-6682-39-0

[Review Film Serial] The School Nurse Files

sumber gambar: asianwiki.com

Hai! Kalau kalian diminta memilih: nonton film dulu baru baca bukunya atau baca dulu bukunya baru nonton filmnya, mana yang akan kalian pilih? Kalau aku… baca dulu bukunya baru nonton filmnya. Biasanya yang di buku lebih mendetail daripada filmnya.

Oke, sekarang mari bahas tentang Drakor berjudul The School Nurse File. Film ini diadaptasi dari novel berjudul School Nurse Ahn Eun Young. Ceritanya tentang perawat sekolah bernama Ahn Eun Young yang dapat melihat makhluk halus. Dalam film ini, makhluk halus itu ada yang berwujud hantu, ada pula yang berwujud jeli. Jeli-jeli tersebut adalah bentuk-bentuk pikiran manusia, misalnya keinginan untuk mendapatkan pacar, kesedihan-kesedihan, ketakutan-ketakutan, atau hal lainnya. Guru Eun Young mempunyai dua jenis senjata untuk membasmi jeli-jeli dan hantu. Senjatanya adalah pedang plastik dan pistol mainan. Ia harus mengisi energi setiap hari dan menyalurkannya ke kedua senjata tersebut agar dapat digunakan untuk membasmi jeli. Eun Young mendapatkan energinya dari memegang benda-benda di tempat ibadah, benda-benda suci, atau benda-benda yang berisi permohonan doa dari seseorang seperti gembok cinta atau lilin.

Ahn Eun Young baru bekerja di sebuah SMA. Suatu hari ia mendapat pasien seorang siswa laki-laki. Siswa tersebut disengat sesuatu yang menyebabkannya demam. Eun Young berasumsi bahwa penyebab sengatan tersebut bukanlah serangga atau hewan, tetapi makhluk halus. Ia pun mencari keberadaan makhluk tersebut. Akhirnya ia menemukannya di ruang bawah tanah. Pintu ruang bawah tanah awalnya dikunci. Tetapi Eun Young berhasil membujuk satpam untuk membukanya. Saat itu, guru Hong In Pyo, seorang guru sastra klasik yang juga cucu pendiri sekolah mengetahui bahwa pintu ruang bawah tanah terbuka. Ia melihat guru Eun Young di sana sedang membawa pedang plastik.

Dari ruang bawah tanah itu muncul makhluk dari beberapa abad yang lalu. Makhluk tersebut membuat sebagian besar siswa sekolah menjadi hilang ingatan dan ingin terjun dari lantai paling atas sekolah. Eun Young berusaha mati-matian melawan makhluk tersebut. Namun kekuatannya tidak cukup. Di saat itulah, guru In Pyo datang. Eun Young melihat bahwa guru In Pyo diselimuti aura yang sangat kuat. Ia pun memegang tangan guru In Pyo untuk mengambil energi agar dapat melawan makhluk dari ruang bawah tanah.

Di film yang jumlah episodenya ada 6 ini ada beberapa kasus yang dihadapi guru Eun Young. Kesemuanya ada kaitannya dengan pendiri sekolah. Eun Young dan guru In Pyo bersama-sama memecahkan misteri yang ada di sekolah.

Komentar: Filmnya oke. Tapi bagi yang sudah membaca bukunya, nonton film ini jadinya bingung karena ada beberapa bagian yang nggak sama dengan buku. Lalu film ini terkesan mau cepat selesai. Ada banyak bagian yang nggak dimengerti, nggak jelas maksudnya apa. Walaupun demikian, sebagai hiburan okelah. Di sini ada aktris Jung Yu Mi dan Nam Joo Hyuk. Jadi, cukup terhibur. Rating: 6/10 Informasi Film: Judul Film: The School Nurse Files Genre: Fantasy Jumlah Episode: 6 Rilis: September 2020 Stasiun: Netflix Pemain: Jung Yu Mi sebagai Ahn Eun Young Nam Joo Hyuk sebagai Hong In Pyo Yoo Teo sebagai Mackenzie, guru Bahasa Inggris

[Review Film Serial] Life As a Girl

Moshi! Moshi! Hai, aku kembali untuk menceritakan tentang film Life As a Girl. Ini adalah drama dari Jepang. Aku nonton ini karena di Facebook ada seorang teman yang ‘mengiklankan’ pemeran utama film ini, yaitu Jun Shison. Beberapa waktu yang lalu aku pernah nonton filmnya Jun Shison. Judulnya Kimi Wa Petto, film tahun 2017. Aktingnya oke di sana. Jadi, aku memutuskan untuk menonton filmnya lagi, yang judulnya berbeda.

Life As a Girl bercerita tentang Miki Ogawa yang bekerja di kota besar. Miki Ogawa bernama asli Michio Ogawa. Dari kecil sampai SMA dia tinggal di kota kecil. Saat SMA, Miki menyukai hal-hal yang berhubungan dengan perempuan. Ia memakai baju kaos berwarna pink dan ikat kepala yang biasa dipakai oleh perempuan. Tentu saja keluarganya tidak suka dengan kelakuan Miki yang aneh tersebut. Karena merasa tidak diterima oleh keluarganya, Miki pun pindah ke kota besar.

Di kota besar, Miki berhasil mendapat pekerjaan di bidang fashion. Bidang ini sangat disukainya karena dia bisa mengekspresikan dirinya. Miki memakai pakaian perempuan, berdandan, dan bertingkah layaknya perempuan. Tapi jangan salah… Miki tetap cowok tulen yang menyukai perempuan. Hanya dandanannya saja yang girly banget.

Suatu hari, datanglah teman lama Miki. Namanya Tadaomi Goto. Goto adalah teman SMA Miki. Ia menunggu Miki di depan pintu rumahnya Miki supaya bisa meminta tolong untuk tinggal di rumah tersebut. Awalnya Goto nggak mengenali Miki. Yang ia ingat, Michio, teman laki-laki semasa SMA. Tapi yang muncul adalah perempuan bermarga sama, Ogawa. Akhirnya Miki mengakui bahwa ia adalah Michio yang sekarang berganti nama menjadi Miki dan memakai pakaian perempuan.

Miki sebenarnya merasa sungkan untuk mengizinkan Goto tinggal di rumahnya. Tapi ia kemudian merasa kasihan dan membiarkan temannya itu tinggal sementara waktu di rumahnya. Apalagi Goto kemudian membantu membayar sewa rumah.

Setelah Goto tinggal di rumah Miki, kehidupan Miki agak berubah sedikit

Komentar:
Dari empat episode, ada 4 cerita pula. Boleh dibilang film ini tipe slice of life. Dari setiap episode itu ada hal yang menarik. Misalnya, saat ada teman Miki yang datang dari kampung dan mengejek penampilan Miki, Miki mengubah cara pandang temannya itu. Miki juga mengajarkan penonton untuk bersikap optimis dan mengejar cita-cita.

Jun Shison sukses memerankan karakter Miki, seorang laki-laki yang berpenampilan seperti perempuan. Duh, kalau di sini, laki-laki yang berpenampilan seperti Miki pasti jadi bahan omongan di sana-sini. Jujur awalnya aku merasa aneh karena Jun Shison cantik banget saat berdandan seperti perempuan. Gayanya fashionable. Bajunya keren-keren. Make up-nya pas, nggak menor. Kukunya juga dikuteks, pakai nail art yang ada pernak-pernik apalah gitu.

Oh, ya… di film ini Miki menjaga berat badan, lho! Nggak makan karbohidrat kalau sudah malam. Dia menahan diri, walaupun terkadang luluh juga karena ada ‘godaan’ dari Goto dan penjual makanan langganannya.

Goto temannya Miki tuh nyebelin. Dia seenaknya memutuskan sendiri sesuatu. Tapi dia adalah orang yang setia kawan. Goto membela Miki saat Miki diejek kakaknya. Ia juga rela jauh-jauh naik kereta pulang ke kampung karena Miki ada pekerjaan di sana. Trus, dia juga ingat tanggal lahir dan makanan kesukaan Miki. Tadinya aku pikir si Goto ini bakalan jadi pasangannya Miki. Ternyata dia memang setia kawan.

Rating:
9/10

Informasi Film:
Judul Film: Life As a Girl
Genre: comedy, slice of life
Jumlah Episode: 4
Rilis: Januari 2018
Stasiun: NHK
Pemain:
Jun Shison sebagai Miki Ogawa
Keita Machida sebagai Tadaomi Goto
Shiori Tamai sebagai Kaori, rekan kerja Miki
Hyunri sebagai Nakamura, rekan kerja Miki
Yuichi Haba sebagai Itakura, bosnya Miki

[Review Film Serial] Train

sumber gambar: asianwiki.com

Hello pemirsa! Apa kabarnya? Lama tak jumpa, ya. Kali ini aku akan bahas drama serial berjudul Train. Drakor berjudul Train ini tayang di OCN bulan Juli – Agustus 2020. Jumlah episodenya ada 12.

Train menceritakan tentang Seo Do Won yang bekerja sebagai polisi. Waktu ia masih remaja, ayahnya menjadi korban tabrak lari yang mengakibatkannya meninggal. Di saat yang sama ada seorang anak perempuan bernama Han Seo Kyung yang ayahnya meninggal dibunuh di rumahnya. Ayahnya Seo Do Won rupanya baru saja kembali dari rumah Han Seo Kyung sebelum ia ditrabrak.

Polisi menduga ayah Seo Do Won mencuri di rumah tersebut karena Seo Do Won menemukan sebuah kalung di saku baju peninggalan ayahnya. Di rumah duka, Seo Do Won remaja melihat Han Seo Kyung yang sedang bersedih. Ia memutuskan untuk menjaga Han Seo Kyung. Kepala Polisi bagian kriminal, Oh Mi Sook, pun menjadi ibu angkat bagi Seo Do Won dan Han Seo Kyung. Ia mengatakan tidak perlu melaporkan ayah Seo Do Won karena orangnya sudah meninggal.

Han Seo Kyung dewasa bekerja sebagai jaksa. Ia menyukai Seo Do Won dan sudah menyatakan perasaannya. Namun Seo Do Won menolak karena ia merasa bersalah. Fakta bahwa ayahnya adalah orang yang membunuh ayah Han Seo Kyung membuatnya menghindari Han Seo Kyung setelah gadis tersebut menyatakan perasaannya.

Suatu hari, saat Seo Do Won mengejar orang kaya yang dibebaskan bersyarat, ia dan si orang kaya tersebut menemukan tulang belulang di dekat rel kereta api. Rel kereta api dan stasiun yang ada di sana sudah lama tidak beroperasi. Tim forensik pun berdatangan untuk menyelidiki penemuan tersebut.

Seo Do Won menyelidiki penemuan tersebut. Ia dibantu oleh Lee Jung Min, sahabat masa kecilnya. Banyak hal yang janggal dari hasil penemuan beberapa tulang belulang tersebut. Saat mereka menyelidiki, ada lagi koper yang dibuang di dekat stasiun lama. Isinya mayat. Dan Seo Do Won mencurigai Lee Sung Wook, saudara tiri Han Seo Kyung karena pemuda tersebut sering ada di TKP. Tim forensik, termasuk Han Seo Kyung, menyelidiki penemuan mayat tersebut. Polisi menemukan perhiasan milik almarhun ibu Han Seo Kyung di setiap mayat yang ditemukan di rel kereta api. Semakin mereka menyelidiki, hal-hal janggal semakin banyak ditemukan.

Komentar:
((Sedikit mengandung spoiler ya)) Film ini ceritanya tentang dunia paralel. Jadi nanti ada dunia lain selain dunianya Seo Do Won, anggaplah itu adalah dunia A. Saat Seo Do Won berada di rel kereta api pada malam hari untuk menyelidiki kasus penemuan mayat-mayat dalam koper, ia melihat kereta api melintas di rel tersebut. Nah, nantinya Seo Do Won akan naik ke kereta api ‘hantu’ tersebut dan pindah ke dunia B. Di dunia B ini, ia mendapati orang-orang yang sama dengan dunianya namun profesi dan tabiatnya ada yang sedikit berbeda.

Nonton film ini seru banget. Setiap nonton satu episode bikin nagih dan pengen lanjut terus karena ceritanya bikin penasaran. Plot twistnya banyak banget. Penonton diajak ikut menebak-nebak siapa pembunuh mayat-mayat yang sebenarnya, apa motifnya, dan sebenarnya bagaimana kasus pembunuhan ayahnya Han Seo Kyung dan kejadian tabrak lari ayahnya Seo Do Won.

Akting pemainnya oke banget. Mereka bisa memerankan peran berbeda dalam 1 film. Seo Do Won di dunia A adalah sosok polisi yang menjadi panutan, baik, dan agak gila kerja. Ia akan melakukan apa saja untuk menangkap penjahat walaupun itu membahayakan dirinya sendiri. Walaupun terluka, ia akan tetap bekerja. Beda dengan Seo Do Won di dunia B. Seo Do Won di dunia B tidak disukai anak buah dalam timnya di kepolisian, orangnya kasar, dan pemakai narkoba. Pokoknya nggak banget, deh. Tapi Seo Do WOn yang di dunia B itu digambarkan lebih rapi dan necis penampilannya, nggak kayak Seo Do Won di dunia A yang lecek dan agak amburadul gayanya. Nah, Han Seo Kyung di dunia A dan B kebalikan dari Seo Do Won. Kalau di dunia A, Han Seo Kyung penampilannya rapi tapi yang di dunia B acak-acakan. Beberapa polisi dan Lee Jung Min juga digambarkan berbeda penampilannya

Rating:
Untuk film yang keren ini aku beri nilai 9/10

Informasi Film:
Judul Film: Train
Genre: Fantasy, mystery, thriller
Jumlah Episode: 12
Rilis: Juli – Agustus 2020
Stasiun TV: OCN
Pemain:
Yoon Si Yoon sebagai Seo Do Won
Kyung Soo Jin sebagai Han Seo Kyung
Shin So Yul sebagai Lee Jung Min
Lee Hang Na sebagai Oh Mi Sook

[Review Film Serial] Team Bulldog: Off-duty Investigation

sumber gambar: asianwiki.com

Halo semua, kali ini aku mau cerita tentang film drakor bergenre action yang baru saja aku nonton. Judulnya Team Bulldog: Off-duty Investigation. Film ini rilis bulan Mei – Juni 2020. Panjang banget ya judulnya. Tapi episodenya nggak panjang. Cuma 12 saja dan kalau sudah nonton, bikin pengen nonton terus sampai selesai.

Cerita film ini tentang detektif bernama Jin Kang Ho dan beberapa orang lainnya yang nantinya akan menjadi rekannya. Detektif Jin sering menemui kasus yang sulit. Suatu hari ada kasus pembunuh berantai. Pembunuh tersebut mengincar wanita-wanita yang membawa sendiri kendaraannya. Di satu sisi, ada seorang sutradara yang membawakan acara tentang investigasi berjudul Cek Fakta. Sutradara perempuan ini bernama Kang Moo Young. Ia tak segan-segan melakukan apa pun demi mendapat rating tinggi untuk acaranya.

Demi mendapatkan berita tentang pembunuh berantai, Sutradara Kang rela menjadi umpan dari kasus pembunuhan yang terbaru tersebut. Ia benar-benar ditangkap oleh orang jahat. Ternyata yang menjadi pembunuh berantai adalah komplotan penjahat, bukan hanya satu orang. Saat Sutradara Kang sedang bernegosiasi dengan penjahat, ada seorang rekannya mengikutinya. Ia diam-diam merekam aksi penyekapan Sutradara Kang. Namun aksi rekannya Sutradara Kang ketahuan oleh penjahat. Ia pun ikut ditangkap oleh penjahat. Pada saat itu, datanglah Detektif Jin. Detektif Jin tidak sendirian. Ia dibantu oleh temannya yang mantan gangster bernama Teddy Jeong. Teddy Jeong membawa dua anak buahnya. Akhirnya komplotan para penjahat dapat diringkus.

Polisi-polisi di tempat kerja Detektif Jin tidak mengetahui bahwa Detektif Jin dibantu oleh Teddy Jeong. Di sisi lain, Sutradara Kang dibantu oleh mantan detektif bernama Tak Won. Bosnya Sutradara Kang dan teman-teman di tempat kerjanya juga tidak tahu bahwa Sutradara Kang menyewa detektif swasta untuk merekam kejadian penyekapan. Walaupun sudah membawa rekaman penyekapan untuk ditayangkan di televisi, namun Sutradara Kang tidak mendapatkan rating tinggi di acaranya.

Dari kasus tersebut dimulailah petualangan Sutradara Kang dan Detektif Jin.

Komentar:
Ada beberapa tokoh utama dalam film ini. Yang pertama adalah Detektif Jin. Ia adalah detektif yang kaya. Ia membayar mahal Teddy Jeong dan 2 anak buahnya yang membantunya membereskan para penjahat. Ia juga sering mentraktir teman-teman sekantornya. Nggak kayak polisi yang kita tahu, kan ya… Prinsipnya adalah menegakkan keadilan untuk masyarakat. Ia akan mencari bukti apapun untuk meringkus penjahat dan memasukkan orang jahat ke penjara. Terkadang sikapnya ini tidak disukai bosnya. Detektif Jin akan menjadi keras kepala jika ia merasa ia benar dan akan benar-benar melakukan apapun untuk menangkap penjahat. Orang-orang banyak menyebutnya bodoh namun sebenarnya ia banyak akal. Satu hal lagi tentang Detektif Jin: ia suka banget makan. Di film ini kalian akan menemukan ia selalu mengunyah sesuatu.

Tokoh kedua adalah Kang Moo Young. Sutradara Kang menjadi terkenal setelah menangkap adiknya sendiri yang menjual produk makanan yang telah berjamur. Dari kasus tersebut, Sutradara Kang harus menanggung akibat perbuatannya. Adiknya selalu datang mencarinya untuk minta uang karena usahanya bangkrut. Sutradara Kang juga sering bokek karena ia menggunakan uangnya untuk mencari tahu tentang kasus-kasus yang akan digunakan dalam acara Cek Fakta. Oh ya, dia ini lucu banget karena bisa berteriak dengan suara kuda. Tapi tingkahnya kadang nyebelin dan nggak mau kalah dari Detektif Jin.

Tokoh ketiga adalah Tak Won. Dia ini adalah mantan detektif. Ia bekerja sebagai profiler dan selalu berhasil menguraikan sebuah kasus. Tapi ia akhirnya berhenti dan menjadi detektif swasta. Tak Won juga menjadi anggota MLM yang menjual produk kesehatan. Ia memanfaatkan orang-orang yang menggunakan jasa detektifnya untuk menjual produk-produk MLMnya. Detektif ini suka sekali jika direkam dan masuk acara TV yang diadakan oleh Sutradara Kang.

Tokoh keempat adalah Teddy Jeong. Teddy Jeong ini mantan gangster yang terkenal. Ia sudah tobat dan akhirnya membuka bar bernama Red Zone. Ia mempunyai dua anak buah yang selalu membantunya baik di bar maupun saat diminta Detektif Jin untuk bersama-sama meringkus komplotan penjahat. Aksi laganya keren banget walaupun ia selalu menghisap obat asma sebelum mulai bertarung.

Tokoh kelima adalah Lee Ban Seok. Dokter Lee tadinya bekerja di Badan Forensik Nasional. Namun karena sesuatu ia berhenti dan membuka usaha jasa pemakaman. Awalnya ia ditemui oleh Tak Won dan Sutradara Kang ketika ada sebuah kasus. Setelah itu, ia sering diajak ikut bekerja sama dalam menuntaskan kasus-kasus kejahatan.

Film ini lucu dan seru. Banyak kasus yang harus dipecahkan oleh Detektif Jin dan Sutradara Kang. Terkadang mereka saling mendahului untuk memecahkan kasus, tetapi kemudian bersama-sama menemukan titik akhir. Memang sih film ini tidak seperti film lainnya yang para pemainnya cakep dan cantik. Para pemainnya wajahnya biasa aja, tapi ceritanya keren dan bikin nagih. Karena filmnya keren, aku berharap nantinya akan ada session 2.

Rating:
9/10

Informasi Film:
Judul Film: Team Bulldog: Off-duty Investigation / Further Investigation
Genre: Action, Crime
Jumlah Episode: 12
Rilis: Mei – Juni 2020
Stasiun TV: OCN
Pemain:
Cha Tae Hyun sebagai detektif Jin Kang Ho
Lee Sun Bin sebagai sutradara Kang Moo Young
Ji Seung Hyun sebagai Tak Won
Yoon Kyung Ho sebagai Teddy Jeong
Jung Sang Hoon sebagai dokter Lee Ban Seok
Park Jung Woo sebagai detektif Min Dae Jin, juniornya detektif Jin
Jang Jin Hee sebagai Yeonjang, anak buah Teddy Jeong
Park Tae San sebagai Maenson, anak buah Teddy Jeong

[Review Film Serial] Chip In

sumber gambar: asianwiki.com

Hai semua! Apa kabarnya? Semoga sehat, ya. Ingat untuk selalu memakai masker, jaga jarak aman, dan sering mencuci tangan pakai sabun.

Kali ini saya baru saja selesai menonton drakor berjudul Chip In. Filmnya tayang bulan Juli-Agustus yang lalu. Jumlah episodenya hanya 8. Nggak butuh waktu lama kalau mau nonton secara maraton. Filmnya juga seru dan bikin penasaran.

Chip In menceritakan tentang perebutan harta warisan. Jadi ada pelukis kaya raya yang bernama Yoo In Ho. Beliau punya seorang asisten bernama Moon Jung Wook. Pak Moon ini adalah temannya pelukis Yoo sejak mereka kuliah. Ia diajak tinggal di rumah pelukis Yoo agar lebih mudah bekerja sama.

Di rumah besarnya pak Yoo ada seorang ART. Ia adalah Mrs. Park. Semua urusan mulai dari memasak sampai bersih-bersih dilakukan oleh Mrs. Park. Mrs. Park ini sudah lama sekali bekerja di rumahnya Pak Yoo. Karena itu ia sudah menganggap Pak Yoo sebagai keluarganya walaupun ia sering kena marah. Pak Yoo kalau marah kebangetan banget sehingga membuat banyak orang benci padanya. Tapi Mrs. Park tetap bertahan bekerja karena dijanjikan akan mendapat warisan dari Pak Yoo.

Pak Yoo mempunyai adik bernama Yoo In Chul. Mr. Chul ini adalah seorang penipu. Ia sering keluar masuk penjara. Mr. Chul mempunyai seorang putri bernama Sun. Sun tinggal di rumanya Pak Yoo.

Pak Yoo juga mempunyai seorang keponakan bernama Yoo Hae Joon. Hae Joon ini adalah anak dari saudaranya Pak Yoo yang menghilang entah ke mana. Hae Joon tinggal dengan Pak Yoo sejak ayahnya hilang. Pak Yoo membiayai semua keperluan Hae Joon dan membayarkan biaya kuliahnya.

Selain itu ada mantan istri Pak Yoo yang tinggal di rumah besarnya. Dia adalah Ji Sul Yong, seorang penulis. Ji Sul Yong dulu menikah dengan pak Yoo. Namun tiba-tiba diceraikan karena adanya orang ketiga. Pak Yoo selingkuh dengan wanita lain yang jauh lebih muda dari Bu Sul Yong. Namun kemudian wanita tersebut pindah dari rumah Pak Yoo dan Bu Sul Yong dipanggil lagi untuk tinggal bersama Pak Yoo.

Wanita selingkuhan Pak Yoo adalah Kim Ji Hye. Kim Ji Hye melahirkan seorang putri bernama Yoo Bit Na. Ji Hye ini sering minta uang pada Pak Yoo. Dia ini matrek.

Yoo Bit Na sering dimanfaatkan ibunya untuk meminta uang pada Pak Yoo. Bit Na tidak suka berhubungan dengan ayahnya karena ia merasa tidak enak ibunya terus-terusan meminta uang pada Pak Yoo. Yoo Bit Na dan ibunya tidak tinggal di rumah besar tetapi saat ia masih kecil, ibunya yang sering bepergian sering menitipkannya di rumah besar tersebut.

Pada suatu hari, beberapa hari menjelang hari ulang tahun Pak Yoo, semua orang dipanggil untuk tinggal di rumah besar. Yoo Bit Na dan ibunya serta Mr. Chul datang ke rumah tersebut, sementara yang lainnya memang sudah tinggal di sana. Bit Na merasa tidak nyaman tinggal di sana. Ia tidak akrab dengan sepupunya, Sun, maupun dengan Hae Joon. Hanya Mrs. Park yang baik padanya.

Orng-orang dipanggil ke rumah besar tersebut karena Pak Yoo menderita sakit kanker dan umurnya sudah tidak lama lagi. Ia berencana akan mengumumkan wasiat tentang pembagian warisan kepada semua orang yang diundangnya. Pengumuman itu akan dilaksanakan sehari sesudah hari ulang tahunnya. Orang-orang yang ada di rumah tersebut berharap mereka mendapat bagian yang besar. Namun sayangnya, sebelum Pak Yoo mengumumkan tentang wasiatnya, ia ditemukan tewas di kamar tidurnya.

Polisi pun dipanggil untuk menyelidiki kasus tewasnya Pak Yoo.

Komentar:
Ada banyak karakter di film ini. Awalnya bikin bingung. Konsep filmnya juga dibuat seperti seseorang sedang mewawancara setiap tokoh. Jadi nontonnya kayak cerita dalam cerita. Tapi hanya di episode awal-awal saja. Setelah itu, makin ke akhir ceritanya makin seru.

Dari film ini dapat dilihat bahwa harta dapat membutakan orang. Orang-orang rela melakukan apa saja demi mendapatkan harta. Namun ceritanya tidak hanya tentang perebutan harta saja. Ada tentang keluarga dan kerja sama juga. Orang-orang yang tadinya saling tidak menganggap akhirnya bekerja sama untuk memecahkan kasus. Walaupun begitu, penonton tetap dibuat ikut-ikutan menebak penjahatnya kira-kira siapa. Apa alasan orang melakukan kejahatan dan bagaimana caranya.

Dan… jreng! Rupanya ada beberapa plot twist. Yang tadinya mengira begini, eh, nggak tahunya begitu. Pokoknya benar-benar bikin penasaran!

Rating:
9/10

Informasi Film:
Judul Film: Chip In / United Effort to Accomplish One Thing
Genre: Thriller, mystery
Jumlah Episode: 8
Rilis: Juli – Agustus 2020
Stasiun TV: MBC
Pemain:
Kim Hye Jun sebagai Yoo Bit Na
Oh Na Ra sebagai Kim Ji Hye
Kim Jung Young sebagai Ji Sul Yong
Nam Moon Chul sebagai Yoo In Ho
Han Soo Hyun sebagai Mr. Chul
Choi Kyu Jin sebagai Yoo Hae Joon
Kim Si Eun sebagai Sun
Lee Yoon Hee sebagai Moon Jung Wook
Nam Mi Jung sebagai Mrs. Park

[Review Buku] Switched Dating

Blurb:
Putri kedua Grup GK yang tidak diakui, Kwon Ae Jin, terpaksa menggantikan kakak tirinya yang kelebihan berat badan untuk bertemu Cha Hyuk Jin, calon suaminya. Ae Jin bertekad membuktikan rumor sifat buruk Cha Hyuk Jin saat mabuk.

Putra pertama Grup Taesung, Cha Do Jin, tidak mengerti mengapa Grup GK memilih Hyuk Jin, adiknya sebagai calon suami. Padahal, anak pertamalah yang seharusnya menikah dulu! Do Jin pun akhirnya mengaku sebagai Hyuk Jin untuk menyelidikinya.

Saat kedua pengganti ini bertemu dan malah saling jatuh cinta, bagaimana caranya memberitahu kebenaran?

Komentar:
Saat baca blurb di belakang buku, yang melintas di pikiranku adalah ini drakor versi buku. Ada dua grup perusahaan besar yang masing-masing-masing pemiliknya mempunyai anak yang masih jomblo. Di perusahaan Taesung ada Cha Do Jin dan adiknya Cha Hyuk Jin. Cha Do Jin adalah laki-laki yang giat bekerja dan membawa nama baik perusahaan. Adiknya, Cha Hyuk Jin juga bekerja di perusahaan tetapi lebih sering pergi bersenang-senang. Sedangkan di grup GK ada Kwon Anna dan adik tirinya Kwon Ae Jin. Ae Jin adalah anak tiri Presdir Kwon. Ibunya seorang pekerja bar yang bertemu dengan direktur tersebut namun selama membesarkan Ae Jin, ia tidak memberitahukannya pada direktur. Barulah saat sebelum meninggal, ibu Ae Jin mendatangi presdir Kwon dan meminta tes DNA. Ae Jin benar-benar anak presdir Kwon. Tapi presdir tidak mau mengakuinya. Ia memberikan sebuah tempat tinggal untuk Ae Jin. Kwon Anna, kakak tiri Ae Jin, sering memanfaatkan adiknya untuk melakukan banyak hal.

Di awal buku diceritakan bahwa Do Jin baru putus dari pacarnya yang seorang artis. Jadi, aku mengira saat Do Jin dan Ae Jin jatuh cinta, si mantan pacar ini akan datang menghalangi hubungan mereka. Lalu, di awal cerita ada juga direktur perusahaan kecil yang sering berkunjung ke Buffet tempat Ae Jin bekerja. Direktur itu menyukai Ae Jin. Aku juga mengira bahwa ia akan mengganggu hubungan Ae Jin dan Do Jin. Eh, ternyata semua dugaan itu salah.

Kisah Ae Jin dan Do Jin di buku ini benar-benar sweet. Ya memang sih ada kisah tarik ulur ala-ala drakor. Tapi tetap seru dibaca. Aku suka tokoh Hee Soo, sahabat Ae Jin yang bekerja di tempat yang sama dengan Ae Jin. Ia orang yang bisa diajak kerja sama dan mendukung Ae Jin dan Do Jin. Buku setebal 336 halaman ini nggak butuh waktu lama buat menyelesaikannya. Cuma 4 hari saja.

Quotes:
Jangan menilai hanya dengan melihat satu hal. ~hlm.13

Orang yang merindukan haruslah menelepon terlebih dahulu. ~hlm.54

Banyak orang yang tetap bertahan hidup dengan menerima takdirnya, walaupun itu tak sesuai dengan keinginannya. ~hlm.135

Rating:
8/10

Informasi Buku:
Judul Buku: Switched Dating
Pengarang: Kang Young Joo
Genre: Romance
Penerbit: Penerbit Haru
Tahun Terbit: 2018
Jumlah Halaman: 336 halaman
ISBN: 978-602-51860-7-3

[Review Film Serial] She Knows Everything

Sumber gambar: asianwiki.com

Apa yang kalian lakukan jika tetangga kalian ditemukan tewas di daerah tempat tinggal kalian?

Film yang jumlah episodenya cuma 8 ini bercerita tentang Miss Lee, seorang pegawai real estate di sebuah kawasan di Korea. Suatu pagi ia menemukan tetangganya, Yang Soo Jin, tewas di halaman apartemen tempat mereka tinggal. Polisi pun datang untuk menyelidiki kasus tersebut. Mereka memperkirakan Yang Soo Jin jatuh dari lantai atas dan dibunuh.

Karena ada kasus tewasnya perempuan yang bekerja sebagai guru tersebut, ibu-ibu yang tinggal di apartemen mulai bergosip. Biasalah ya, emak-emak nggak ada kerjaan suka banget bergosip. Miss Lee yang pertama kali menemukan mayat tentu saja ditemui oleh detektif berkali-kali, apalagi ia juga dekat dengan korban. Detektif juga menanyakan banyak hal pada tetangga korban di lantai atas dan di lantai bawah rumah korban. Dan pada saat detektif menyelidiki rumah korban, ada ibu korban yang sedang sakit keras dan tidak bisa bangun dari tempat tidur.

Tak lama dari ditemukannya mayat tersebut, ibu korban tiba-tiba didapati jatuh dari tempat tidur. Miss Lee lalu menemani si ibu ke rumah sakit. Miss Lee juga berusaha menyelidiki kasus kematian Yang Soo Jin karena ia merasa ada yang aneh.

Komentar:
Filmnya benar-benar tak tertebak. Banyak plot twistnya. Setelah ada bukti satu, eh, ternyata kasusnya itu. Tapi ternyata ada hal lain di balik kasus yang ditemukan. Sampai-sampai ikut-ikutan menebak sebenarnya siapa yang membunuh dan apa motifnya. Lalu, dari kasus tewasnya Yang Soo Jin ini, ada kasus-kasus lainnya yang ikut terkuak karena penyelidikan.

Tokoh dalam film ini ada banyak. Ada Seo Tae Hwa, anak dari bosnya Miss Lee. Selain mengurus pekerjaan di kantor, Miss Lee juga mengurus anak ini. Karena itu, orang-orang bergosip bahwa Miss Lee adalah simpanan bapaknya Tae Hwa. Tae Hwa adalah atlet renang sekaligus muridnya Yang Soo Jin. Ia sangat dekat dengan Yang Soo Jin. Jadi ia ikut menjadi tersangka pembunuhan.

Tokoh lainnya adalah Lee Myung Won. Ia tinggal di apartemen di atas apartemennya Yang Soo Jin. Saat detektif datang ke rumahnya untuk menyelidiki, gerak-geriknya aneh. Seo Tae Hwa pun tidak suka padanya karena Yang Soo Jin menyukai Lee Myung Won yang sudah beristri. Lee Myung Won ini punya istri orang kaya. Istrinya sedang dalam masa memperebutkan harta warisan. Lee Myung Won juga menjadi tersangka pembunuhan karena Seo Tae Hwa mengatakan Yang Soo Jin dekat dengannya.

Selain itu ada pasangan kakek nenek: Bong Man Rae dan Nam Ki Soon, istrinya yang pikun. Kakek Bong ini tadinya adalah ketua perkumpulan penghuni apartemen. Apartemen yang mereka tinggali akan dijual dan direkonstruksi. Banyak yang tidak setuju. Lalu ada yang menggosipkan bahwa si kakek ini mencuri uang perkumpulan. Si kakek juga punya anak yang sering minta uang dengannya. Kakek dan nenek ini pun pernah berhubungan dengan Yang Soo Jin. Orang-orang mulai bergosip. Akibatnya, mereka juga menjadi target penyelidikan atas tewasnya Yang Soo Jin.

Mau tahu yang mana pembunuhnya? Lalu, apa sebenarnya yang terjadi di apartemen tersebut? Nonton aja filmnya. Seru banget, lho!

Rating:
8/10

Informasi Film:
Judul Film: She Knows Everything (Miss Lee Knows)
Genre: Crime, Thriller, Mystery
Jumlah Episode: 8 (setiap episode 35 menit)
Rilis: Juli 2020
Stasiun TV: MBC
Pemain:
Kang Sung Yeon sebagai Miss Lee (Lee Goong Bok)
Jo Han Sun sebagai Detektif In Cheol Ho
Park Shin Ah sebagai Yang Soo Jin
Kim Do Wan sebagai Seo Tae Hwa
Lee Ki Hyuk sebagai Lee Myung Won
Moon Chang Kil sebagai Bong Man Rae

[Review Film Serial] You’re My Pet

image source: asianwiki.com

Moshi! Moshi! Hai, apa kabar semua? Semoga sehat selalu ya. Kali ini aku mau cerita tentang film yang baru selesai aku nonton. Judulnya Kimi wa Petto atau You’re My Pet.

Film ini ceritanya tentang Sumire Iwaya, seorang reporter di Koran Gosip, yang baru saja diputuskan pacarnya. Ia mengira pacarnya akan melamarnya. Tapi kenyataannya pacarnya malah memutuskannya dan mengatakan bahwa ia mencintai wanita lain dan wanita lain itu sedang hamil!! Dunianya Sumire seakan runtuh. Ia pulang sambil menangis. Saat ia berada di depan gedung apartemennya ia melihat sesuatu yang mirip dengan anjingnya yang sudah mati. Sumire memanggil sesuatu itu dengan nama anjingnya, Momo. Padahal yang dipanggilnya adalah seorang anak muda yang menumpang tidur di dalam kardus sampah di depan apartemen tersebut. Karena Sumire terus-terusan mengigau dan memanggil anak muda itu dengan sebutan Momo, maka si anak muda akhirnya menggendong Sumire dan mengantarnya sampai ke rumahnya.

Keesokan harinya Sumire terkejut mendapati ada seorang anak muda tidur di rumahnya. Awalnya Sumire mau mengusir anak muda itu. Tapi ia melihat anak muda itu sepertinya baik, terlebih lagi anak itu tidak punya tempat tinggal. Sumire lalu mengatakan si anak muda boleh tinggal di rumahnya asalkan ia mau menjadi peliharaan Sumire, menggantikan anjingnya yang telah mati. Anak muda tersebut setuju. Ia pun bersedia dipanggil Momo, walaupun nama aslinya adalah Takeshi Goda.

Sumire menjalani hari-harinya yang melelahkan di tempat kerja. Ia diturunkan pangkatnya dan dipindahkan ke divisi artikel hiburan gara-gara ia meninju bosnya yang menggodanya saat mabuk. Di tempat yang baru, Sumire kesulitan beradaptasi. Namun dengan adanya Momo, ia merasa tenang. Momo selalu menghiburnya dan mendengarkan semua keluh kesahnya. Momo pun sangat senang dengan masakan Sumire. Sumire benar-benar memperlakukan Momo seperti peliharaannya.

Suatu hari, di kantor Sumire kedatangan reporter senior. Reporter tersebut rupanya adalah Hasumi-senpai, kakak tingkat Sumire waktu kuliah sekaligus cinta pertama Sumire. Sumire merasa senang bisa bertemu lagi dengan cinta pertamanya. Namun ia merasa ragu karena dulu Hasumi-senpai telah mempunyai tunangan. Ia pun menahan diri.

Seiring berjalannya waktu, Sumire mengetahui bahwa Hasumi tidak jadi menikah. Ia pun mengetahui bahwa Hasumi sebenarnya menyukainya. Sumire dan Hasumi pun akhirnya jadian. Namun, ada masalah. Seorang karyawan bagian resepsionis juga jatuh cinta pada Hasumi. Nona Fukushima selalu berusaha mendekati Hasumi. Sumire bercerita pada sahabatnya, Yuri. Yuri bersama anak perempuannya selalu bersedia mendengarkan cerita Sumire.

Di sisi lain, Momo, lama-kelamaan menyukai Sumire. Ia merasa sedih jika Sumire sedih. Ia ikut merasakan apa yang dirasakan Sumire. Namun ia tidak berani mengatakan perasaannya. Momo ini ternyata adalah penari terkenal seantero Jepang.

Komentar:
Filmnya oke. Namun pada bagian pertengahan terasa membosankan karena Sumire terkesan tarik ulur dengan Hasumi. Ia ragu-ragu dengan perasaannya. Di satu sisi ia ingin bekerja tapi di sisi lain, ia juga tidak mau mengecewakan Hasumi yang berusaha mengajaknya menikah. Sumire juga takut bagaimana hidupnya nanti setelah menikah. Ini bagian yang sangat nyebelin. Sumire ini sebenarnya bagaimana, sih? Kok mukanya datar-datar aja ketika bersama Hasumi? Sebatas kagum saja atau apa? Trus bagaimana dengan Momo? Pokoknya nyebelin banget di sini. Tapi setelah episode agak akhir semuanya menjadi lebih seru.

Film ini diadaptasi dari manga. Lumayanlah ditonton kalau lagi nggak ada kerjaan. Ceritanya agak mengkhayal, sih. Masa ada orang yang mau dijadikan hewan peliharaan? Trus jarak umur antara Sumire dan Momo tuh 10 tahun, lho! Memangnya ada cowok yang suka sama cewek yang umurnya jauh lebih tua kayak gitu dengan tulus? Ah, ya, namanya juga film. Cowok yang tulus dan nggak modus kan cuma ada di cerita novel, komik, atau drama. Kalau dalam kehidupan, ada juga sih. Hehe.

Rating:
8/10

Informasi Film:
Judul Film: You’re My Pet (Kimi wa Petto)
Genre: comedy, romance
Jumlah Episode: 16
Rilis: Februari 2017
Stasiun TV: Fuji TV
Pemain:
Noriko Iriyama sebagai Sumire Iwaya
Jun Shison sebagai Takeshi Goda (Momo)
Terunosuke Takezai sebagai Shigehitu Hasumi
Yurina Yanagi sebagai Shiori Fukushima
Kayo Noro sebagai Yuri Shirotae